life

Persiapan Toilet Training Axel

Jikalau mami-mami lain giat toilet training anaknya dari usia 2 th (atau bahkan sebelumnya), sampai sekarang Axel di umur 2,5 th belom toilet training.

Tepatnya, baru akan mulai toilet training nih sekitar seminggu lagi. Dan 1-1 nya alesan yang bikin saya niat adalah karena nanti kalo uda sekolah ga boleh pake diapers HAHA. Kalo ga diwajibin gitu si mungkin akan saya undur lagi sampe dia bener-bener siap.

Kalo masalah sounding-sounding sih uda dari dulu, uda pernah ajak pipis di closet, pup di closet, tapi belum berhasil. Anaknya lebih milih pup di pojokan daripada diajak duduk di closet. Uda coba dibujuk juga ga mau, jadi saya ga lanjutin. Hanya berkesimpulan kalau dia belum siap.

Udah sering diajak liat papanya kalo pipis, bahkan kalo pup juga diajak, supaya dia bisa liat kalo pup dan pipis itu di closet. Udah di – brainwash- juga, kalo dia uda gede, ga boleh pake diapers lagi, diapers untuk baby, sedangkan dia uda gede, uda mau jadi koko. Buku tentang toilet training uda dibacain dari sebelum usia 2 th, cuma ya begitu deh, anaknya belom mau. Mungkin karena mamanya belom bener-bener niat juga haha.

Tapi karena sekolah mewajibkan muridnya lepas diapers, mau ga mau saya harus toilet training axel sebelum dia sekolah. Alesan lainnya, karena Axel mau punya dede. Jadi sebelum saya repot dengan 2 anak, dan sebelum perut tambah gede yang bikin susah ngapa-ngapain, mendingan segera di toilet training.

Tadinya, saya mau toilet training setelah pulang dari Bandung. Tapi karena ada acara ret-ret SK (sekolah alkitab axel) di awal Maret, jadi saya undur aja setelah itu beres. Sambil nunggu seprei waterproof pesenan saya sampe juga.

Nah, minggu depan udah waktunya nih. Siap ga siap harus siap. Kalau tanya orang-orang sih, yang paling penting harus banyak stok sabar. Justru itu yang susah hahaha. Di luar persiapan mental, rasa-rasanya persiapan lain uda beres.

Anak kecil yang bentar lagi potty trained

Yang disiapin untuk toilet training :

  • Sprei waterproof

Ga cuma sprei waterproof untuk kasur Axel, tapi untuk kasur saya juga. Karena Axel tidur di sebelah kasur saya, dan suka naik-naik ke kasur saya kalo bobo, jadi kasur saya tentu aja harus dikasih sprei waterproof. Bisa bau kalo ga haha. Ditambah lagi kalo siang si axel tidur di kamar bawah, yang hanya ada tempat tidur gede, jadi ya harus dipakein sprei waterproof juga.

Untuk seprei waterproof saya beli di (IG) Kaneens, atas rekomendasi Dina. Tadinya mau beli random di shopee, tapi takut bahannya panas dan ga enak dipake. Jadi setelah liat bahan seprei yang dina pake dan oke, saya beli disitu juga. Agak mahal si, tapi ga semahal javan bed.

Jadi, mengikuti saran dina, sprei waterproof dulu baru sprei biasa, biar kalau kena ompol tinggal ganti sprei kain aja, dan sprei waterproof tinggal di lap.

  • Perlak meteran

Walau uda ada sprei waterproof, saya tetep males juga kalo harus ganti sprei terus, jadinya saya mutusin tetap pake perlak lagi di atasnya, jadilah saya beli perlak meteran. Perlak ini bakal jadi alas tidur axel nantinya, yang ditaro di atas sprei kain. Double protection ceritanya hehe. Perlak ini saya beli random di shopee, belom sampe barangnya jadi belom bisa review.

  • Celana dalam gambar mobil

Di buku toilet training yang dibeli di Bendikids, ceritanya si anak gede pake celana dalam gambar mobil-mobilan. Jadi saya bilang ke axel, nanti saya beliin celana dalam gambar mobil kaya yang dipake di kakak di buku. Biar dia berasa kaya anak gede.

Kenyataannya, celana dalam mobil yang gambarnya bagus dan budgetnya masuk ga banyak. Atau ada, tapi stok nya ga ada.

Akhirnya saya cuma bisa beli seadanya aja, yang sebenernya ga sesuai selera. Tapi ya daripada ga ada kan. Moga-moga anaknya suka.

  • Child Toilet seat

Kalo ini saya ga usah beli, karena uda dapet dari kado axel setaun (atau kado lahiran ya?). Dan kebetulan emang gambarnya mobil. Tapi axel belom mau nih duduk disini, dia ga suka kayanya berasa agak “jeblos” gitu, tapi ntar dicoba lagi deh.

  • Clodi / training pants

Kalo ini juga uda beli dari sebelum axel lahir, karena cita-citanya mau pakein clodi sebagai alternatif diapers. Tapi apa daya saya terlalu malas. Jadinya clodi dipake sebagai training pants aja deh, terutama untuk tidur siang (lagi-lagi tips dari dina).

  • Stickers mobil yang banyak untuk “poin”

Jadi nanti rencananya mau pake sistem reward untuk setiap keberhasilan pee & poo di closet. Suru kumpulin sticker, kalo uda sejumlah sekian sticker nya dikasih reward (tapi belom kepikiran apa rewardnya).

Udah sih persiapannya itu aja, ada yang perlu ditambahkan barangkali?

Strategi & Metode

Nah, soal strategi saya ga punya banyak nih. Rencananya mau ikutin metode 3 days without pants, jadi going comando selama 3 hari. Cuma, anaknya sepertinya risih, jadi mungkin akan tetep dipakein celana dalem dan kaos aja.

Selama 3 hari itu akan diajak ke closet untuk pipis setiap 15 menit. Beratnya adalah ga boleh diomelin kalo terjadi kecelakaan (yang mana pasti akan terjadi). Jadi ga boleh make a big fuss over it. Moga-moga stok sabar saya cukup.

Lalu, rencananya saya akan bertahap aja, jadi akan dimulai dari siang dulu (bangun tidur – sebelum tidur malam), termasuk tidur siang. Tapi kalo pergi dan tidur malem masih tetep pake diapers. Setelah sukses akan dinaikin step nya pelan-pelan.

Lalu mau pake metode reward juga rencananya. Jadi saya akan bikin tabel, setiap kali berhasil pipis & pup di closet dia boleh tempel sticker. Kayanya mau pake sticker bulet biasa aja sih. Lalu kalo uda 10 sticker bulet, dia bakal dapet sticker mobil 1. Nanti kalo sticker mobilnya uda sekian, baru dapet reward. To be honest saya belom bener-bener mikirin sistem reward ini, PR nih haha.

Intinya big plan nya adalah dia bakal dapet reward kalo uda lulus toilet training. Utin uda bilang, kalo dia uda bisa lepas diapers dia bakal diajak naik mainan mobil-mobilan yang di mall. Cuma realisasinya gimana belum dipikirkan lebih jauh haha. Tapi anaknya sih uda sering bilang sendiri, “kalo Axel uda ga pake diapers nanti mau diajak papa main mobil-mobilan yang di mall” haha.

So far itu aja sih persiapan dan strateginya. Kalau ada yang mau kasih tips boleh banget yaa. Wish me luck!

4 thoughts on “Persiapan Toilet Training Axel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s