baby · MPASI

Axel : one year old

Axel is turning big one! Officially a toddler, not a baby anymore *happy sobs. Di postingan ini saya cerita development nya dulu ya. Untuk perayaan ultah Axel plus review vendor nanti saya tulis di post terpisah.

Look at him now compares to his newborn photo

Berat : 9 kg

Tinggi : 73 cm

GTM & Baby Led Weaning

Bulan lalu saya cerita kalau Axel GTM. Puji Tuhan bulan ini Axel uda mau makan lagi walau ga banyak, thanks to baby led weaning method. Thanks juga beberapa temen blogger yang uda kasih tau tips ini di komen postingan sebelumnya. Rupanya Axel maunya makan sendiri. Dia mau makan finger food, tapi nolak kalo disuapin (kecuali dia suka banget sama makanannya).

Jadi saya siapin finger food buat dia makan (wortel kukus, labu kukus, makaroni rebus, buah-buahan, atau apapun yang bisa dia makan), saya taro di depannya supaya dia bisa makan sendiri, setelah dia asik makan, saya taro piring makan saya di sampingnya. Trus (pura-puranya) saya makan, trus saya bagi dia untuk icip-icip (padahal mah emang makanan dia). Kadang nyuapin nya juga pake tangan ataupun sendok yang saya pake. Puji Tuhan dengan cara ini lumayan berhasil bikin Axel makan, walo tetep ga banyak (buktinya beratnya ga naik-naik haha).

Kalau di restoran biasanya ga masalah, karena biasa dia selalu mau kalo saya suapin bubur, nasi tim, nasi hainam atau apapun yang kita pesan. Lebih lahap malah makannya, bisa minta terus. Mungkin efek micin haha. Nah karena sekarang Axel uda setaun, saya uda ga merasa bersalah-bersalah amat kalo kasih dia makan makanan restoran hehe.

Peachy, heinz masih doyan (banget). Bubur instan rasa kacang hijau (merk sun) atau beras merah organik (milna) juga dia rupanya masih doyan. Kemaren saya cobain kasih dia lagi masih mau. (Dulu sempet ga mau). Untuk bubur instan rasa macem-macem saya baru coba lagi sekali dan mau, walo ga terlalu lahap.

Trus kalo sebelum-sebelumnya saya suka emosi kalo Axel ga mau makan, karena saya lapar, belom bisa makan karena harus suapin Axel makan dulu (nasib ibu-ibu – tanpa nanny- ya hehe), jadinya pas Axel ga mau makan tingkat kesabaran sangat tipis dan jadinya emosi jiwa haha. Kalo sekarang saya coba makan dulu ataupun ngemil sesuatu dulu, biar ga kelaparan. Kalo ga laper kan mood lebih bagus ya hehe.

Trik lain, dulu saya langsung ajak axel makan begitu dia bangun bobo. Mungkin karena itu dia belom bener-bener sadar juga jadi belom nafsu makan. Sekarang saya ajak dia main-main dulu sekitar 30-60 menit baru makan. Makan paginya ga boleh kepagian, kalo kepagian kayanya masih kenyang (karena abis minum susu).

Sekarang Axel uda makan nasi pake kuah. Atau kalau nasinya agak lembek juga dia bisa makan nasi putih sama lauk aja. Uda ga perlu repot bikin bubur ato nasi tim pake slow cooker. Yeay. Tapi ya sekarang mikir mau masak apa yang axel doyan haha.

Axel juga uda bisa masukin garpu dan sendok berisi makanan ke mulut, walo masih berantakan dan kalo sendok juga sering jatoh. Tapi dia excited buat belajar, setiap kali berhasil masukin makanan dari sendok ke mulut dia taro sendoknya terus tepuk tangan sambil ketawa-ketawa hehe.

Moga-moga abis ini ga pake GTM-GTM lagi ya. *fingercrossed

wp-image-668235696
Baby led weaning

Minum pake sedotan

Sejak liburan ke Bali, Axel uda bisa minum pake sedotan. Horee. Sangat memudahkan. Jadi kemana-mana tinggal bawa botol air yang ada sedotan, atau kalo ketinggalan ya tinggal beli air mineral trus kasih sedotan aja, tinggal minum deh.

Sejak bisa pake sedotan juga minumnya jadi lebih banyak. Jadi BAB lebih lancar dan uda ga sembelit. Mungkin efek karena BLW jadi banyak makan sayur buah juga

Motorik kasar

Naik tangga udah jago, manjat juga jago, bisa turun dari ranjang tinggi (walo masih dipegangin, abis ranjangnya juga lebih tinggi dari dia haha), merangkaknya uda ngebut, apalagi kalau liat ada yang buka kulkas, langsung buru-buru nyamperin.

Berdiri masih belum stabil, bisa berdiri tanpa pegangan tapi hanya 1-2 detik. Bisa jalan pake walker atau dorong walker, bisa jalan sambil pegangan, tapi belum terlali bisa jalan kalau hanya dipegangin 1 tangan.

Sukanya main di tangga

Motorik halus & skill

Bisa memasukkan dan mengeluarkan barang dari wadah. Bisa numpuk barang. Bisa nunjuk beberapa benda ( jam, kancing, jepi rambut, kipas angin). Bisa kenalin diri sendiri (tepuk-tepuk dada), tepuk-tepuk papa, mama, oma.

Bisa berdecak, melet-melet lidah (kaya ngeledek), berdoa (lipat tangan), tepuk tangan, salaman (kalo lagi mau).

wp-image-1976380270
Suka melet-melet lidahnya

Kalau dikasih sisir suka mau nyisir sendiri,(kadang) bisa pegang botol minum dan minum sendiri.

Bisa main cilukba dan ngajak main cilukba

Makin bawel dan seperti mau ngomong dengan bahasa bayinya.

Cilukba!

Uda punya preferensi, dan uda mulai bisa minta. Jadi dia ini suka banget sama Gerber graduates puff. Baru liat tempatnya aja udah heboh teriak-teriak minta. Suatu hari pas lagi ke baby shop ada tu biskuit di etalase. Axel langsung heboh teriak-teriak sambil tangannya menggapai-gapai. Untung harganya lebih murah dari yang biasa beli, jadi boleh dibeliin deh.

IMG-20170701-WA0076
Ekspresi kalo lagi minta sesuatu

Sifat

Makin gede keliatan Axel ini iseng, sukanya becanda. Dia ini banyak ekspesi iseng, cengar cengir sama ketawa-ketawa. Mungkin turunan haha.

Kalau dilarang malah suka sengaja dilakuin sambil ketawa-tawa ato cengar cengir. Misalnya, dia tau ga boleh masukin mulut sesuatu, dia akan main-mainin bendanya deket mulut (tapi ga dimasukin), atau sengaja masukin mulut tapi pelan-pelan sambil liatin reaksi kita.

wp-image-949504807
Happy baby

Uda gitu sekarang Axel uda agak ‘kebal’ kalo diomelin ato dilarang sesuatu. Tetep aja pura-pura ga denger dan tetep dilakuin. Kalau suara ditinggiin dan lebih ditegasin baru stop, itupun stop nya karena mewek.

Di sisi lain, Axel ga cengeng (menurut saya). Dalam arti, kalo kejeduk ato kepentok dia ga nangis. Paling diem bentar terus lanjut main. Tapi tentu aja kalo jatoh ato kepentok kenceng ya nangis ya hehe. Itupun paling digendong bentar terus diem. Tapi ya kalo lagi ngantuk tetep aja kadang cengeng juga, kena dikit aja bisa mewek.

wp-image-974980150
Captured by @augustprawira

Pola Tidur

Urusan tidur masih belom ada kemajuan dari bulan lalu. Malah bisa dibilang kemunduran. Karena tidur malemnya sekarang lebih sering bangun. Kalo dulu tidur jam 8 jam 9 baru bangun lagi kam 11.30 ato 12. Sekarang jam 10 uda kebangun (walo abis dipegangin tangannya tidur lagi), trus bisa kebangun lagi 11.30. Jadi lebih pendek-pendek waktu tidurnya. Haduh saya gatau gimana solusinya. Mau sleep training lagi tapi belom siap haha.

Untungnya kalau siang relatif teratur tidurnya. Kecuali kalo lagi jalan-jalan, kadang kalo lagi jalan-jalan terlalu semangat terus ga mau tidur, jadi cranky deh.

***

Happy first birthday Axel! We love you!

20170702_154336
Officially a toddler
Advertisements

16 thoughts on “Axel : one year old

  1. Happy birthday Axel! Sehat selalu yaa, makin pinter, makin ganteng dan terus jadi kebanggaan papa mama. God bless you, little one!
    Congrats juga buat papa mamanya Axel, setahun sudah jadi ortu, ya. Hihi.

  2. Biar uda ucapin di ig, ucapin lg di blog biar afdol hihihihi “happy birthday ya Axel”
    Perkembangannya bagus loh Axel, kategori cepat dan lancar hehehehehe nanti pasti gtm jg akan berlalu.
    Memang anak gtm bikin pusing kepala ya, gw jg uring2an kenapa tau2 gtm hahahahaha.
    Semangattttt ๐Ÿ™‚ toss sesama mama tanpa nanny.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s