baby

Axel 11 months

Toddler in (less than) 1 month! Aku tak rela rasanyaaaa… apalagi sekarang lagi manis-manis nya dan lucu-lucunya.. walau uda mulai bisa ngambek-ngambek tapi belom sampe tantrum.. ahh waktu cepat sekalii..

Berat : (kurang lebih) 9 kg

Tinggi : 72cm

IMG-20170601-WA0017
Look like toddler already

Diduga kena virus roseola

Beberapa hari sebelum masuk umur 11 bulan Axel demam. Sempet ga ngeh karena anaknya ga rewel, ga batuk pilek juga, tapi kok badannya anget. Pas dicek beneran ternyata demam, sampe 39 lebih. Langsung buru-buru dikasih tempra. Abis itu turun sih, tapi abis itu demam lagi. Setelah sekitar 2 hari saya bawa ke dokter. Karena beberapa hari lagi kita mau liburan ke Bali, masa mau liburan sakit huhu. Btw ini kedua kalinya axel sakit menjelang liburan. Cerita sakit yang pertama bisa dibaca disini.

Kata dokter mungkin virua roseola, karena tenggorokan axel baik-baik aja (bukan radang), dan ga batuk pilek. Virus roseola itu symptom nya demam (tinggi) sekitar 3 hari lalu dilanjutkan keluar merah-merah sekitar 3 hari dan kemudian sembuh. Dan sama dokterpun dikasih obat antivirus sama penurun panas aja. Kalau sampe hari ke-4 masih demam disuru cek darah.

Lalu di hari ke-3, Axel masih naik turun demamnya. Saat itu saya lagi kerja, Axel sama omanya dirumah. Siang menuju sore dapet laporan kalo Axel rewel ga mau makan dan demamnya ga turun walo uda dikasih tempra. Nyokap pun mengusulkan ke dokter lagi. Karena kebetulan ada utin dirumah jadi dia telp saya untuk bawa ke dokter. Trus pikir-pikir sekalian cobain mau ke YPK deh, kan dari dulu mau coba ke YPK tp belom kesampean

Jadi sore itu kita bawa Axel ke YPK. Berhubung mendadak dan uda sore, uda ga bisa pilih dokter. Itu masih keburu diperiksa aja uda untung. Pas dapetnya dokter Darlan, dokter senior. Kata pak dokter, Axel gapapa, gausah khawatir. Obat antivirus diterusin sama dikasih puyer untuk flu.

Puji Tuhan besokannya Axel uda ga demam. Entah karena puyer nya dokter Darlan, entah karena masa inkubasi virusnya udah lewat. Anyhow, kita lega banget Axel uda ga demam lagi, liburan pun bisa lebih tenang haha.

Anyway, soal review dokter Darlan, saya pribadi kurang nyambung sama beliau. Dia baik si, keliatan concern, tapi kalau saya tanya jawabannya kurang nyambung (buat saya). Tapi kalo Utin lumayan suka. Dan secara rumah sakit emang beda ya RSIA sama RSU. Di RSIA keliatan lebih care sama anak. Jadi mungkin kita akan balik ke YPK lagi terutama untuk berobat, walau secara harga lebih mahal YPK daripada Mitra.

wp-image-54291146
Siang happy malemnya demam

GTM

Ini challenge yang lumayan menguras kesabaran. Uda dimasakin cape-cape tapi kalo dikasih makanan melengos dan ga mau buka mulut. Kadang disuru cobain aja ga mau sama sekali. Awalnya dikirain ada hubungan sama sakitnya dia, jadi mungkin badan ga enak jadi ga nafsu makan. Tapi setelah ga demam pun GTM berlanjut. Oh well.. sabar ya *pukpuk diri sendiri.

GTM nya lumayan bikin keki, karena disodorin makanan yang dulunya dia suka dan pasti buka mulut pun sekarang tetep mingkem. Jadi ampir frustasi karena dia ga mau makan. Untungnya masih mau minum susu.

Dan akhirnya life saver saya adalah Peachy dan Heinz, dan juga makanan restoran. Ternyata Axel mau kalau 2 merk tersebut dan mau kalau makan bareng kita di restoran. Jadi babay deh prinsip no gargul sampe setaun. Axel uda makan table food dari 11 bulan haha. Untungnya so far pencernaannya kuat. Nanti detailnya saya ceritain di postingan Bali Trip ya, sekalian review baby food juga.

Btw kalo ada yang punya tips buat ngatasin GTM mau donk. Saya jadi ga semangat masak sekarang. Padahal masakan buat axel uda saya tambahin garem sedikit supaya ga hambar, dan kalau saya cobain juga uda enak kok. Tapi ya pasti kalah lah ya sama makanan restoran. Help gimana ya biar dia mau makan lagi? Huhu.

wp-image-1638884446
Sukanya ngemil yummy bites

Sleep habit

Di postingan sebelumnya saya uda cerita tentang usaha sleep training yang akhirnya bubar jalan. Sekarang Axel tidurnya semi co sleeping. Awalnya tidur di crib, nanti kalo tengah malem bangun baru dipindahin ke kasur. So far sayanya juga lebih berasa well rested karena minimal ga usah bangun gara-gara suara tangisan meraung-raung, dan ga usah bangun untuk bolak balik ke crib. Tapi sebenernya ya tidur saya juga ga bisa dibilang bener-bener tidur karena sekarang axel kebiasaan tidur harus sambil ngempeng nenen dan masih suka kebangun-bangun beberapa kali. Kebangunnya juga gara-gara ngeguling trus nabrak saya ato utin trus jadi kebangun. Well sementara biarin dulu deh. Saya terus terang masih bingung harus ngapain soal sleep habit yang ini. Semi co sleeping nya ga masalah, hanya kebiasaan dia masih bangun cari nenen dan ngempeng sepanjang malem aja yang bikin keki.

wp-image-2122158156
Cheeky baby

Minum pake sedotan

Nah ini suatu ‘milestone’ yang saya ga duga-duga. Waktu di Bali, berhubung ni bayi masih GTM, saya pesenin dia fresh juice di restoran, dengan pesan tanpa gula tentunya. Pas pesen juga ga yakin gimana kasihnya karena sebelumnya dia belom bisa minum pake sedotan. Eh pas juice nya dateng dan dikasih ke Axel pake sedotan, langsung bisa aja loh, lancar lagi nyedotnya. Pinter! Lumayan deh sejak bisa pake sedotan minum air putih juga bisa lebih banyak.

Ambil barang pake jari

Kalau yang ini sepertinya uda mulai dari bulan sebelumnya. Kalau dulu ngambil sesuatu pake kelima jari, dan cuma bisa ambil benda gede, sekarang dia uda mulai bisa ambil benda kecil pake telunjuk sama jempol (kaya “pinch” gitu). Terus uda bisa masukin mulut benda kecilnya walo masih suka jatoh.

Ini mungkin skill yang berhubungan sama makan ya. Jadi sekarang dia uda mulai BLW (baby led weaning), alias makan sendiri. Bisa ambil dan makan sendiri biskiuit gerber graduates puff yang kecil-kecil itu, atau makaroni rebus. Mungkin ini juga faktor penyebab axel GTM , karena uda mulai bisa makan sendiri jadi ga mau disuapin.

Naik tangga & turun dari sofa

Kalau bulan lalu baru bisa manjat 1 step, sekarang uda jago naik tangganya. Manjat dan naik turun juga uda semakin jago. Uda bisa figure out kalo turun dari sofa atau darimanapun itu harus kaki dulu (sebelumnya dia kalo turun masih pake tangan duluan). Uda mulai suka naik turun tempat tidur dan sofa atau benda-benda lain yang bisa dipanjat dan turun lagi.

wp-image-388647847
Si bayi ga bisa diem

Tepuk tangan, salaman, tos

Uda bisa diajarin untuk bye bye, salam, tos sama tepuk tangan. Tapi masih mood-mood an sih. Kalau lagi mau ya mau, tapi kalo lagi ga mau ya cuek aja haha.

Lambai-lambai tangan

Suka lambai-lambai tangan juga kalo denger lagu, ada angin (kipas angin), atau mau bilang ‘bye bye’. Agak random emang, tapi selalu lucu liat dia lambai-lambai buat hal yang menurut dia exciting hehe. Kalau lagi sekolah minggu juga dia bisa duduk ngeliatin temen-temennya nyanyi sambil lambai-lambai tangan dan babbling. So cute. #mamabias

wp-image-865619760
Selfie baby

Babbling

Selain uda bisa ngomong papa dan mama, sekarang axel uda lebih sering babbling dengan bahasa bayinya. Sering juga dia liatin orang sambil babbling, kaya lagi mau cerita atau ajak ngomong. Terus kalo diajak ngomong ato kalo lagi diomelin juga bisa respon balik atau protes dengan bahasa bayinya. Seneng liatnya, jadi uda berasa ada interaksi.

Kenal orang / benda

Saya merasa kalau sekarang axel uda ngerti kalau diajak ngomong. Kalau ditanya, “papa/mama/oma mana?” Dia bakal nengok atau nyamperin orang yang dimaksud kemudian tepuk-tepuk badan orang tersebut. Uda tau juga yang mana jam dinding, bola, mobil (mobilan), (boneka) meong, jepitan rambut mama, botol. Kadang bisa juga dimintain tolong ambil sesuatu (tapi yang masih dalam jangkauan tangan, belum bisa disuru ambil barang yang jauh). Tapi herannya dia belom bisa tepok dirinya sendiri kalo ditanya “Axel mana?”, dia kaya masih bingung gitu. Padahal harusnya dia uda tau namanya sendiri, karena kalau dipanggil nengok.

wp-image-328645681
Lagi happy

Tunjuk-tunjuk benda pake jari

Di usia ini juga Axel suka nunjuk-nunjuk pake jari telunjuk. Bukan nunjuk benda yang jauh ya, tapi nunjuk benda yang didepan mata. Jadi kaya ditoel toel pake telunjuk gitu. Lucu liatnya.

Mainan favorite

Axel juga uda bisa ngerangkak kejar-kejar mainannya. Uda bisa ngejar bola juga. Sejauh ini mainan yang sepertinya dia suka adalah bola (bisa main oper-operan bola), mobil-mobilan (seneng liatin dan mainin rodanya, sama dimaju mundurin), boneka binatang (uda bisa pindah-pindahin boneka-boneka kucingnya dari satu tempat ke tempat lain).

Axel juga bisa masukin dan keluarin benda dari wadah. Dia bisa taro bebek-bebek kecil di atas bebek besar (itu loh mainan bebek yang buat mandi). Dan paling demen kalo ngegeratak haha.

wp-image-1457479206
Nemu Mainan baru
wp-image-334039192
Demen mainin roda
wp-image-1057010979
Ketua geng meong

Lempar lempar barang

Ini juga lumayan bikin elus dada, terutama kalau lagi makan. Jadi kalau uda bosen atau ga mau sesuatu, Axel suka buang-buang ato lempar-lempar. Kalo lagi makan, barang-barang yang ada didepannya bisa ditarik terus dibuang, kemudian diliatin dan kalo uda diambilin kemudian dibuang lagi. On repeat 100x. Lelah. Kalo ga diambilin juga protes, tapi kalo diambil ga sampe sedetik dibuang lagi. Sigh.

***

Selamat ulang bulan baby Axel. Nanti sebulan lagi uda bukan baby lagi dehh (hix). But you will forever be my baby boy *kiss.

wp-image-1439962361
Tambah ganteng pake topi, sayang ga betah
25 thoughts on “Axel 11 months

  1. Emang GTM bikin kekiiii. Gw sih ngaku emg gw lemah iman dalam menghadapi GTM ini, ujung2nya gw kasih Heinz cheesy pasta hahahaha. Klo omanya mah sabarr bgttt, makan sampe bisa sejam, padahal katanya ga boleh kan. Tapi yasudahlah yaa. Miles juga uda kena gulgar dee.. 😝 Memang kita tak sesempurna mamak2 instagram hahahaha

    Ditunggu bali trip postnya!

    1. Hahahaha iyaaa tantri gw juga. Parahan gw, makanan restoran jg gw kasih asal anaknya mau. Soalnya kmrn sempet ga mau jg babyfood instan gt. Nah iya gw jg ga sabar nyuapin. Drpd sama2 bete kan ya haha. Tp emang ktnya si makan maks 30menit

  2. tips GTM gua amat sangat tidak idealis, yaitu membiarkan anak makan sambil nonton hahahaha… karena itu berhasil di jayden hahahaha… soalnya kalo dibiarinin ga makan, gua yakin jayden akan lebih nyari nenen ketimbang makan kalo laper, jadi gua tetep usahain gimana caranya biar makan… untungnya jayden cuma GTM di tahap susah buka mulut, ga ampe diemut… kalo diemut gua lebih pusing deh… lebih susah nyuruh anak ngunyah nelen daripada nyuruh anak buka mulut hahahaha… semangat de, nanti juga berlalu GTMnya hehehehe…

  3. Ngatasin GTM ya.. Duh, gw ga patut di contoh De. Kalo L ga mau makan gw ga paksa, gw genjot susu aja. Cuma seringnya bbrp jam berikut dia laper, itu lgsg rela disuapin. Atau. Kalau pas gw sama Ai makan kan L suka celamitan, gw suap2in aja nasinya XD

    1. Hehe iya py gw juga gitu. Kl celamitan gw kasih aja apa yg kira2 msh boleh dia makan. Iya si sbnrnya kan masih mpasi, makanan statusnya masih pendamping..jd asal msh susu ya gpp ya

  4. axel so cute, masyaalloh. emg anak cowok tuh andelan kita dandani dia ya pake topi. sayang anakku jg ga betah dipakein topi 😀 btw dokter Darlan jg DSA yg sempet aku datangi waktu di YPK (I/m a big fan of that hospital!). trs ga sreg aja krn aku ga bs denger jelas beliaunya ngomong apa. akhirnya aku ke dokter Erlin dan satunya lagi, ehmmm lupa siapa…. Maria Martha klo ga salah. both are also at YPK. cocok bgt ama mereka berdua. krn masih muda kan, jd ga sungkan mo tanya2. klo ditanyain pun mereka menjawab dgn jelas (baik konten maupun suaranya ga nggremeng gitu). klo dokter senior kayaknya ditanyain apa2 jawabannya: “Oh gak papaaa ituuu…..”

  5. Axel kamu ganteng bangeeettt. De, totally feel you soal bobo co sleeping itu ga bener2 bobo haha. Soalnya meskipun nenenin sambil tiduran, tapi tetep aja ga bener2 tidur blesss gitu. Lah gimana wong si bayi ngempengin yaaa hahaha. Nenen beneran sekian menit, ngempengnya bisa sejam (ini Reia lol)

  6. Gw kalo GTM pilihannya 2 kasih susu aja atau tetep kekeh kasih makan yg mana abisnya bisa 1 jam lebih. *Jangan dicontoh* wkwkwkw. Tapi katanya sih BLW bisa ngurangin GTM.

  7. Ehhhh udah mau ulang tahun aja nih si Axel. Lu udah baca kasus gue soal GTM kan? Apparently semuanya soal psikologi sih. Terus kejadiannya gue dulu juga pas abis balik dari Bali! Entah ada apa dengan aura Bali hihihi. Cuma kalau secara psikologi, gue bisa paham. Di Bali dia bener-bener berasa “nyaman” selalu dengan ortunya, sementara pas balik lagi ke Jakarta, harus mulai dipegang sama orang lain. Anak kecil itu bisa ngerasa. So, coba bener-bener lu dan Utin yang handle, lalu bawa ke taman-taman gitu serasa di Bali hehe. Buat Abby sih ngaruh.

  8. Coba aja BLW utk makanan utamanya, siapa tau Axel lagi sok gede dan mau makan sendiri. Kalo soal makan permakanan gue juga pusing lah secara in general Madeline gak suka makan pas bayi dan balita. Sekarang aja udah mending.

    Kalo ngempeng tengah malem, pas dia nyari nenen malem-malem dikasih air aja. Lama-lama dia akan keki karena cuma dapet air, dan akhirnya sleep through the night.

  9. Happy 11 months Axel.. GTM emang nyebelin! Aku jg pake jurus nonton sih, tp abis itu muncul masalah baru, ngemut, dooh lingkaran setan. Ayo2 ditulis cerita ttg Bali, baru mau ke Bali libur lebaran ini niihhh..

  10. Dea… im witchuuu, i feel uuuu, i wanna hug uuuuuu (apaa ini apaaa??)
    maap yaaa kebawa suasana iniii, bukan bantu kasih ide buat GTM malah heri… heboh sendiri sist??
    so far si kembar yang first born plek ketiplek sama Axel, dari overall sifat and sikapnya.. yang melengos kalo ada sendok depan muka, yang lempar barang, yang ga selalu tarik beanie (pdhal di luar weather lagi 12-13 degree). stres amat sih jadi emak-emaaaaaaak. gw selalu gusar tiada tara gini 24/7!!!! blom lagi yang sakit2nya. huu..

    kalo kata bunda dorce versi rumah gw, gw harus bersyukur cuman 1 yang tingkahnya kaya gini, si second born easy-nya minta ampun, makan semua masuk, kaga gampang sakit, sifatnya nunut – diem woles gitu… duuh kalo gw di jkt gw maksa buat playdate deh si kembar and Axel, si kembar minggu depan setahun nih, kayanya first born gw bakal sohiban sama axel (dan mereka bakal berbagi tips buat sama-sama nyusahin nyokapnya)… TIDAAAAAAKKKK….

    1. Ohyaaaaa….. mari berpelukan hahaha. *apasih. Kok bisa ya karakternya mirip gitu. Hahaha kalo ke jkt playdate ya..eh bener nanti mereka saling konspirasi lagi jadi tambah banyak akalnya wkwkwkwkwkw. Sabar ya jeng.. untung second born nya bisa kalem yaa.. kalo sama sifatnya bisa tambah sakit kepala hahaha

Leave a Reply

