baby · motherhood · MPASI · review · staycation

(Update) Axel 10 months

Berat : 9.1 kg

Tinggi : 70cm

Gigi : 6 (4 atas 2 bawah)

wp-image-654790378
Lupa foto pas 10 bulan. Akhirnya foto pas lagi bobo aja

Sleep Training

Ngomongin sleep training pengen bikin hela nafas deh. Lumayan sih ada progress, tapi kok ya masih belom berhasil-berhasil banget. Dan masih berubah-ubah tiap malem. Kalau saya lagi ‘beruntung’, Axel tidur beberapa jam dan bangun langsung jam 3 lewat, disusuin dan langsung tidur lagi. Kalau ‘kurang beruntung’, Axel bangun tengah malem sebelum jam 3, trus nangis-nangis (bisa sejam) baru tidur lagi, nanti setelah jam 3 baru saya susuin, tapi bisa jadi dia abis itu seger ngajak main. Yah gitu deh. Saya jadi pasrah aja. Tiap malem kerjaannya berdoa supaya malem ini bisa tidur cukup haha.

wp-image-2104933597
Giginya uda banyak

Semi GTM

Axel sempat agak GTM di jalan bulan ke-9. Bukan GTM gimana si, masih mau makan, tapi dikiit. Biasa kalo disodorin sendok mau dan lahap makannya, kecuali lagi bad mood. Kalo sekarang seringnya dikasih sendok, belom dicobain uda palingin muka duluan. Sedih liatnya, uda masak cape-cape tapi anaknya ga mau makan hiks.

Karena kalo GTM ga boleh dipaksa, jadilah saya juga ga maksa. Kalo ga mau makan ya udah, kalo harus bujuk-bujuk dll saya suka ga sabaran. Biasanya saya coba dulu ganti tempat makan dan sendok dia ke piring/mangkok yang saya biasa pake dan sendok dewasa, kemudian saya ikutan makan, dan saya suapin dia seolah-olah itu makanan saya yang saya bagi ke dia. Biasanya dia lumayan mau makan lagi kalo udah kaya gini.

Pernah juga saya kasih icip-icip tofu dari miso soup pas makan di restoran, sebagai selingan bubur nya dia. Eh dia doyan donk, tapi saking doyan nya, pas saya kasih bubur nya lagi langsung protes, maunya tofu dari miso soup doank. Kezel.

Makanan instan juga doyan, dia doyan Promina 8+, kalo kasih itu dia makannya lahap, ga pake palingin muka. Tapi ya ga mungkin donk ya makan itu tiap hari.

Kalau diamati, sepertinya dia suka makanan yang agak lembek dan kuah. Terakhir saya cobain tips dari Dina, bikinin sop tofu + sayur + bubur nasi. Makannya dipisah bubur dan sup nya, itu dia doyan banget. Jadi kalo lagi ga ada ide yauda bikin itu aja deh, daripada bikin yang lain-lain terus ga mau makan.

Potong rambut

Ini kedua kalinya Axel potong rambut. Pertama kali potong rambut dibotakin waktu umur 2 bulan di Kaizen. Nah sekarang berhubung udah gondrong dan udah gedean, kita cobain potong di Kiddy Cut, dengan harapan anaknya hepi main mobil terus anteng dipotong.

Ternyata bener, begitu ditaro di mobil-mobilan, Axel girang banget. Langsung tuh dipegangin stir dan persnelingnya. TV di depan mata mah dicuekin haha. Potong rambutnya cukup smooth, walo tetep ga bisa diem, kalo kepala dipegang pasti nengok-nengok terus sama tepis-tepis tangan yang pegang kepalanya.

Setelah selesai si Axel juga hepi banget, girang seharian. Mungkin gara-gara berasa tambah ganteng haha.

wp-image-2124593690
Before
wp-image-1945649595
After
wp-image-161543995
Aku tambah ganteng ga?

Berenang

Long weekend di akhir April kemaren kita staycation di Ibis Styles Bogor lagi. (Kalau ada yang mau baca review nya bisa liat disini ya). Kali ini saya bawa perlengkapan renang buat Axel, niat mau cobain berenang di kolam renang hotel – yang emang sebenernya kids pool. Ini percobaan pertama berenang di kolam biasa, dulu kan cobain berenang di baby spa ga mau, di bathub hotel juga ga mau. Ya siapa tau kali ini mau.

Dan ternyata berhasil! Hore! Jadi Axel digendong Utin, pertama duduk di pinggir kolam, kemudian lama-lama masuk kolam. Awalnya emang takut-takut walo ga sampe nangis, tapi lama-lama seneng. Mungkin karena banyak anak kecil juga di kolam itu, jadi banyak yang dia liatin. Dan mungkin juga karena dia digendong, bukan dipakein ban terus disuru berenang sendiri. Kalau sebelumnya pas baby spa kan dipakein ban, mungkin dia takut langsung dilepas gitu.

Apapun alesannya, saya happy. Moga-moga lain kali Axel mau diajak berenang lagi ya!

wp-image-1698503635

wp-image-62771233
Awalnya tegang tapi lama-lama hepi

Mandi di washtafel hotel

Ini juga hal yang bikin saya worry bawa axel pergi ke luar kota. Saya takut dia ga mau mandi haha. Sebelumnya, Axel ga mau diajak mandi di bathub, masuk kamar mandi aja uda nangis-nangis. Terakhir waktu ke Ibis Bogor juga saya pinjem tempat mandi bebek nya Dina, waktu itu berhasil mandiin. Tapi karena saya ga punya pompanya, kali ini saya ga bawa itu bebek. Untungnya berhasil mandiin Axel di washtafel hotel, dan ukuran washtafel nya pas banget jadi mini bathub. Axel kegirangan bisa sekalian mainin kran air, dibuka tutup sesuka-sukanya. Andai semua hotel punya washtafel segede itu ya hehe.

wp-image-326624266

Habit & personality

Makin kesini makin keliatan kalo Axel itu social baby. Seneng ikut sekolah minggu (karena banyak anak-anak), kalo ada kumpul-kumpul banyak yang ajak dia main, bisa girang banget sampe ga tidur-tidur.

Jadi mikir-mikir apa karena itu juga jadi dia ga mau tidur sendiri ya? Maunya ditemenin terus, sama dipegangin tangannya. Di car seat pun dia seneng pegangin tangan saya. Kadang kalo lagi cranky, asal dipegangin tangannya dia diem lagi. Hmmmm..

Axel ini juga seneng banget minta makanan orang dewasa. Kalo liat orang lagi makan (apalagi orang yang dikenal kaya mama papa atau oma) dia pasti minta. Dan kalo ga dikasih bisa nangis. Haduh haduh.

wp-image-1082253947
Happy abis ketemu banyak orang
wp-image-1553905628
Sekolah minggu

Milestone

Belum ada tambahan milestone si bulan ini. Paling sekarang ngerangkaknya uda lebih cepet dan lebih stabil. Uda bisa ‘ngebut’ ngikutin orang lagi jalan. Trus uda bisa manjat juga, tapi untungnya belom bisa merangkak naik tangga. Kalo manjat 1 step uda bisa, yang agak tinggi juga uda bisa. Sama sekarang uda suka ngegeratak macem-macem.

“Mama” Finally

Walau first word nya axel adalah ‘papa’, sekarang axel uda bisa panggil ‘mama’ juga. Horee! Biasanya ngomong ‘papa’ kalo lagi hepi-hepi, trus ngomong ‘mama’ kalo lagi ngerengek minta sesuatu ato lagi ngantuk haha. Trus kosakatanya juga nambah ‘nya nya nya’ kalo lagi minta atau protes.

Happy 10 months, happy baby! Sebentar lagi 1 tahun!! Oh no! Saya belom relaa

***

Tambahan foto – foto selama staycation di ibis styles bogor. Thanks uncle @augustprawira for the pictures.

wp-image-816096930wp-image-925494472wp-image-673879934wp-image-1986264410wp-image-325136106wp-image-2060511641wp-image-662326274

wp-image-241909691
Axel tukang ngupil
Advertisements

7 thoughts on “(Update) Axel 10 months

  1. axel ganteng banget… mukanya jadi mirip lu de hehehehe…

    jayden juga dulu mulai GTM pas 9 bulan… dan puncaknya pas 11 bulan bener2 susah banget ampe akhirnya gua kasih nonton TV hahahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s