baby

Axel 9 months

Berat : 9 kg

Tinggi : 70cm

Gigi : 4 (2 atas, 2 bawah)

Kalo liat Axel sekarang berasa uda kaya toddler, apalagi sejak uda nongol giginya. Not a toothless baby anymore. Tiba-tiba pengen stop waktu rasanya, supaya dia ga cepet-cepet gede, trus uda bisa tantrum, trus uda bisa nanya macem-macem, oh no! saya belum siap

Berhubung waktu ga bisa di stop, marilah kita banyak-banyak foto untuk mengenang masa kini. Tapi masalahnya, si Axel ini makin susah difoto. Ini anak bener-bener ga bisa diem, kamera HP saya kalah cepet sama dia, jadilah fotonya dia blur semua. Dari 10x jepret, sukur-sukur ada yang bagus 1 ato 2, sisanya blur semua. Kesel. Apa ganti iphone aja ya? #eh

Ngincer milestone card

Terus makin kesini saya rasanya makin lost track Axel uda bisa ini dari kapan. Uda dimodalin milestone card dari Dina pun seringnya kelupaan, atau lihat paragraf sebelumnya. Jadilah pas mau nulis postingan bulanan Axel saya seringkali mikir dulu, ini kapan ya? haha.

Jadi mari kita tulis yang saya ingat aja ya.

Berdiri dengan tumpuan

Kalo ini sih dari bulan lalu uda bisa, tapi masuk bulan ke-9 makin jago. Hampir semua benda yang bisa diraih dijadiin pegangan untuk berdiri. Mulai dari sofa, meja, bangku meja makan, sampe bouncer dan bak mandi. Crib juga uda saya turunin sampe level paling bawah, dan Axel masih berhasil berdiri dengan meraih pegangan atas walau (awalnya) dengan susah payah.

Duduk dari posisi berdiri juga tentunya udah bisa, tapi biasanya dia menghempaskan diri ke bawah aja.  Kadang kalo lagi mood dia bisa ke posisi duduk pelan-pelan. Kalo di kasur sih dia langsung jatohin badan ke posisi duduk. Tapi kalo lagi pegangan sofa di lantai, dia suka ga berani ke posisi duduk. Mungkin kalo jatohin pantat gitu sakit kali ya. Karena anaknya hati-hati, mau duduk juga dia suka mikir-mikir. Jadi seringkali kalo lagi berdiri pegangan sofa / meja, terus liat saya agak jauh dan dia mau merangkak ke saya, dia ngerengek nangis dulu minta dipegangin supaya bisa duduk.

Ini foto waktu crib belom diturunin

Jalan merambat
Karena berdiri uda makin stabil, Axel juga uda mulai merambat (jalan sambil pegangan). Masih pelan si, mungkin masih takut-takut, tapi sebenernya dia bisa. Kalo lagi manja, dan dia pengen berpindah ke sisi lain sofa, dia bakal nangis ngerengek sambil liatin saya minta dipegangin.

Merangkak

Hore! Saya seneng banget tiba-tiba Axel bisa merangkak sendiri. Merangkak ya, bukan merayap. Soalnya tadinya saya pikir dia bakal skip merangkak, karena uda kesenengan berdiri dan merambat. Eh tiba-tiba di suatu hari yang cerah (haha), dia tiba-tiba bisa aja gitu merangkak sendiri dengan benar. Mungkin karena beberapa hari sebelumnya dicontohin Utin merangkak, tapi mungkin juga emang uda waktunya aja. Yeay! Merangkaknya sih masih ga terlalu cepet, dan dia belum berani terlalu eksplor ruangan, dia cuma berani ke daerah-daerah yang ada orangnya aja dan dia cukup familiar. Jadi so far cukup aman, dia ga deket-deket dapur, kamar mandi, tangga, dsb.

Akhirnya merangkak!

MPASI

saya juga uda lost track apa aja menu baru yang Axel cobain. Pada dasarnya sih saya belum nambah bahan apa-apa. Kata dsa nya, telur dan seafood baru boleh setelah 9 bulan. Tapi uda ampir lewat 2 minggu saya belom coba-coba seafood sama telurnya.

Soal nafsu makan, Axel tergolong gampang-gampang susah makannya. Sebenernya dia mau-mau aja makannya, asal sambil diajak main dan ada sesuatu yang bisa dia pegang dan mainin. Jadi kalo suapin dia, saya harus siap macem-macem benda buat dikasih ke dia untuk dia eksplor. Kadang juga makanannya yang jadi ‘mainan’.

Oh ada satu menu yang dia ga suka : kentang. Saya pernah kukus kentang sebagai pengganti nasi, kemudian dicampur daging dan sayuran seperti biasa. Eh dia ga mau makan loh. Dari 3x makan bener-bener ga mau dimakan, kalopun mau sedikit banget masuknya. Trus besok-besoknya saya coba lagi kentangnya saya campur ke bubur, dia juga ga gitu doyan. Jadilah saya berkesimpulan dia ga doyan kentang. Mungkin nanti-nanti saya coba lagi.

Saya juga punya feeling dia ga gitu doyan ikan (salmon). Ini masih asumsi, karena ada masa-masa dia makan-makan aja, ada masa-masa dia hoek-hoek dan ga mau makan. Saya ga bisa ngomong juga karena saya ga doyan salmon mateng. Jadi kalo saya cobain buburnya ya pasti saya ga doyan hahaha.

Sembelit

Well, entah sejak kapan, Axel susah lagi pup nya. Sempet beberapa hari ga pup, padahal uda saya kasih buah pir (yang biasanya mempan buat lancarin BAB). Udah coba kasih sagu juga (ilmu dari Dina, si Kirana sukses lancar BAB sejak dicampurin sagu di makanannya), tapi ga berhasil. Uda kasih lemak, baik butter ataupun EVOO/ ELOO, tapi tetep ga sukses bikin pup lancar. Sekalinya pup ngeden sampe keringetan dan nangis, itupun keluar nya sedikit dan keras.

Tadinya mau saya kasih Opilak, obat yang waktu itu dikasih untuk sembelit, tapi pas konsul sama dsa, disuru coba Lacto B dulu 2×1, plus extra pepaya dan air putih. Setelah minum lacto B, sukses bisa pup, malah bisa sampe 3x sehari, walo teksturnya padat (tapi ga sampe keras kaya batu), tapi Axel nya ga ngeden sampe nangis. Saya coba kasih lacto B selama 3 hari, tapi setelah itu BAB nya ga lancar lagi. Trus pas konsul lagi, dicurigain gara-gara air putih nya susah. Axel ini emang susah minum air putih, disendokin, dipakein gelas, cobain sippy cup, pasti disembur-sembur atau dimainin, jadi air putih yang masuk emang ga banyak. Kata dsa kalo bisa ditarget tiap makan itu minum air putih minimal 50ml, supaya tekstur pup nya bagus. Well, sekarang masih saya coba, walo banyak yang disembur, tapi paling ga dicoba dulu deh.

Sleep Training

On progress. Seperti yang saya tulis di postingan sebelumnya kalau saya lagi berusaha sleep training Axel sekaligus sapih nyusu tengah malemnya, dengan harapan tidurnya bisa lebih panjang. So far masih naik turun banget ni progressnya, dan masih belum berhasil sleep through the night (hiks). detailnya nanti ya saya tulis terpisah.

Nap Time

Berhubung lagi sleep training, saya berusaha menghilangkan nap Axel yang sore. Diusahkan setelah jam 5 ga ada nap lagi, biar jadwal tidur malem ga berantakan. Kalo saya dirumah biasanya ga ada masalah, karena Axel biasanya nap 2x aja dengan durasi 1-2 jam. Biasa jam 10 pagi dan jam 2 atau 3 sore. Tapi kalau saya kerja, biasa dia uda keburu ngantuk tunggu saya pulang, jadi suka disuru tidur sama omanya, dan jadilah jadwal tidur malem berantakan haha. Tapi ya kalo ga dikasih tidur juga kasian, uda cranky gitu.

Tapi tentunya ini ga berlaku kalo wiken, dimana dia banyakan di jalan atau di luar, dengan tidur ga teratur ya.

Waktu gigi atas belom nongol

Model ala-ala

Kemaren ini Axel, Ben, Kirana sempet jadi model ala-ala untuk majalah SBH (Sang Buah Hati). Ternyata susah ya jadi model bayi itu. Nunggu mood bagus 1 bayi aja susah, gimana 3 bayi sekaligus. Yang 2 mood bagus, yang 1 rewel. Yang 1 uda seger, yang laen nya ngantuk haha. Tapi ya lumayan lah dapet pengalaman ya (plus dapet baju & diapers endorse haha)

Trio bayi jadi model

Sifat & kebiasaan

Gara-gara sleep training, saya menyadari kalau Axel cukup stubborn. Stubborn inilah yang bikin di awal-awal sleep training (dan sebelumnya) dia bisa ketiduran dalam posisi duduk, karena ga mau tidur.

Axel juga uda bisa protes kalo ga dikasih sesuatu yang dia pengen. Atau kalau lagi pegang sesuatu terus diambil. Dia bisa nangis jelek gitu. Gawat nih haha.

Axel suka kalau diajak jalan-jalan. Kalau uda di mal atau lagi jalan-jalan biasanya lupa kalau ngantuk, bisa 4 jam ga tidur-tidur. Sampe digendong pake Boba (carrier), langsung deh pules.

Tangannya cepet nyamber ini itu. Musti ati-ati sekarang

Iseng. Uda bisa ajak main atau becanda, dan dia seneng teriak-teriak sekarang. Trus kalo lagi iseng mukanya mirip papanya banget hahaha.

Axel juga suka ngupil. Suka masukin telunjuknya ke hidung. Trus masuk mulut. Trus masuk kuping. Err..

Ngupil with style

 Selain iseng, Axel ini juga ‘seneng’ kalo diisengin papanya. Entah beneran seneng entah belom ngerti ya hehe.

Happy diisengin

Happy 9 months A! Please dont grow up too fast. And please stay still while mama take a picture of you 

Salah satu foto yang ‘mendingan’
Advertisements

8 thoughts on “Axel 9 months

  1. coba pake sedotan de? dulu jayden umur 9 atau 10 bulan susah banget minum asip… trus uda ga mau lagi minum pake dot, akhirnya dikasih sedotan eh langsung bisa… siapa tau axel mau minum air putih kalo pake sedotan… btw…makin kesini axel makin ganteng deh *gemes*

  2. Lu masih rajin banget De, tiap sebulan sekali nulis perkembangan anak. Hebat deh masih rajin. Soal air, itu sih mmg hrs agak “dipaksain” ya, soalnya mmg penting banget. Abby jg sama gak suka mashed potato. But wait sampe nanti dia ketemu fries hihiihi…

    1. hahaha iya abis nyokap gw bisa bikinin catetan perkembangan waktu gw kecil sampe sekitar umur 5 thn ya. makanya gw juga mau niatin, paling ga 1 thn pertama deh. biar gw juga inget, kalo ga gw lupaan parah hahaha. iyaa bener, tunggu sampe ketemu fries! pasti nagih hahaha

  3. Emang bayi itu cepet gedenya ya. Aku ngerasa sejak masuk 6 bulan waktu jalannya kayak roket, cepet banget!
    Wis kok kebalik sama anakku. Si Josh malah doyan banget mashed potato, bubur nasi malah nggak doyan. Kalo dikasih bubur malah kayak males-malesan makannya. Curiga anak bule ini nggak doyan nasi hahaha

  4. Happy 9 months Axel! Sehat terus yaaaaaaa anak gemes! btw, de, udah pernah coba kasih buah naga yang merah? itu bagus banget buat bab lancar tapi jangan shock kalo liat pupnya warna merah juga. Terus gw mau komen apa lagi ya .. lupa … oh! telor sama seafood ini harus extra hati2 dan biasanya disaranin kalo udah mau setaonan soalnya protein mereka tinggi kan especially telor. Gide pernah gw kasih langsung bereaksi bengkak2 satu badan dan muka .. ya gitu aja sih .. peluk peluk axel ganteng!

    1. iyaa uda pernah kasih buah naga, trus pertama2 shock liat pup merah semua. kirain dia pup darah hahaha. oh gitu ya, walo uda boleh dikasih 9 bulan tapi mending nanti2 aja kali ya telor sama seafood? thank you onti gill!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s