baby

sleep training. yay or nay?

postingan tentang 9 bulan nya Axel dipending dulu ya. Ada yang lebih urgent buat di post haha. (Urgent buat saya, buat yang lain sih kaga ada urgent-urgent nya)

Saya udah mulai sleep training Axel dari 1 Februari. Tepat ketika Axel 7 bulan. Metode yang saya ambil adalah cry it out method, tapi tetap disusuin tiap 4-5 jam sekali. Yang ini saya contek metodenya Dina. Intinya, saya pengen Axel belajar tidur sendiri, dan hanya nyusu setiap 4 jam. Jadi Axel hanya boleh nyusu jam 12-1 dan setelah jam 5. Di luar itu, saya diemin aja kalo nangis.

The first two nights was horrible. Axel nangis sekitar 1,5 jam (kalo ga salah – karena sekarang saya uda lupa).  Dan tengah malem juga sama, bisa nangis sejaman – which was very painful (dont forget embarrassing) to hear in the middle of the night. But on the 3rd day, things get easier.  Sekitar hari ke-4 atau 5, Axel bisa bobo sendiri setelah ditaro di crib nya hanya dalam waktu 5-10 menit. Bahkan kadang tanpa nangis sama sekali. Rasanya seneng banget waktu itu. Setelah dia tidur saya jadi punya waktu buat ngurusin yang lain-lain, termasuk quality time sama Utin.

Walaupun tidurnya gampang, tapi Axel masih bangun-bangun kalo malem. Tapi karena bangunnya hanya 2x, di luar itu paling nangis-nangis bentar trus tidur sendiri, saya ga komplen. Toh abis disusuin juga langsung tidur lagi. Kalo dulu kan sering banget uda ditaro ga lama bangun lagi. Berkat sleep training, setelah ditaro di crib dia tidur lagi dengan pules.

Tapi dasar manusia ga pernah puas, saya mulai berpikir, apa mulai night weaning yang jam 12- 1 ya, biar tidurnya bisa lebih lama? Katanya kan lama-lama bisa berkurang sendiri juga nyusu malemnya sampe akhirnya bener-bener bisa sleep through the night. Eh boro-boro mau night weaning, yang ada malah sleep regression yang bikin sleep training kacau balau.

Saya lupa sejak kapan, tapi Axel mulai bangun-bangun lebih sering kalo malem. Kalau awalnya bisa tidur 4 jam straight, pelan-pelan berkurang jadi 3 jam, kemudian 2 jam. Saya kira mungkin teething, jadilah saya coba kasih paracetamol. Tapi ga efek. Kemudian Axel bisa berdiri, yang bikin dia setiap kali bangun maunya langsung berdiri. Jadi Axel itu tidur sekamar sama saya, hanya dia tidur di crib di kaki ranjang saya. Jadi kalau dia bangun saya bisa liat, dan dia bisa liat saya. Percayalah, itu pemandangan yang ‘mengerikan’, ngeliat anak berdiri di crib sambil nangis meraung-raung di tengah malam buta sambil memandang dengan sedih ke arah kita.

Karena saya ga tau musti ngapain, dan keliatannya Axel ga bisa tidur lagi kalo didiemin terus (plus ga tahan liat dia berdiri sambil ngeliatin kita), akhirnya saya bawa dia ke ranjang, disusuin (walau belum waktunya), kemudian dibalikin ke crib setelah tidur. Karena berulang-ulang, akhirnya saya cape banget dan susuin sambil tidur aja biar saya bisa tidur juga. Jadi dia end up tidur hampir semaleman di ranjang kita. Yang sebenarnya gapapa kalau bisa tidur tenang dan pules, tapi Axel juga ga bisa tidur kalo co sleeping, karena dia ga bisa bergerak bebas. Kalo guling-guling kepentok kita, yang ada juga kebangun lagi. Plus dia maunya ngenyot terus sambil bobo, kalo dilepas langsung nangis. Alhasil saya tetap ga bisa tidur, plus ga sehat juga karena ‘buka atas’ terus semaleman.

Jadilah saya coba lagi buat sleep training Axel. Karena udah sleep training kedua kalinya, ato karena uda makin gede, sekarang malah Axel ga mau bobo sendiri. Setelah bed time routine dia malah nangis plus berdiri begitu ditaro di crib. Saya diemin, dia nangis meraung-raung sejaman sambil berdiri – duduk – berdiri – duduk – repeat. Sampe akhirnya dia ketiduran, tapi bukan dalam posisi tidur, tapi dalam posisi duduk! Jadi dia duduk sambil oleng-oleng karena ketiduran. Tapi begitu mau jatoh ke kasur dia kebangun trus duduk lagi. Kepentok ranjang terus kebangun, tapi trus tidur lagi dalam posisi duduk. Saya ga tau dia stubborn atau hanya ga tau gimana caranya tiduran. I guess he is just stubborn. Karena harusnya dia ga ada masalah pindah ke posisi tidur dari posisi duduk.

Setelah dia ketiduran gitu, saya samperin trus tidurin dia. Begitu saya samperin dia langsung kebangun trus nangis lagi. Tapi begitu saya tidurin plus pegangin tangan + badannya, dia langsung tidur lagi.  Hal ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut. Saya diemin dia nangis sambil berdiri, dan dia berakhir dengan ketiduran di posisi duduk. Setelah saya samperin untuk tidurin dia, kadang dia ga langsung tidur tapi hanya bengong liatin saya. Ga nangis juga, cuma diem-diem aja liatin saya, trus baru lama-lama tidur. Ngeliat ini saya jadi dapet inspirasi untuk coba cara baru.

Oya selama sleep training ke-2 ini saya ga gitu dapet restu dari Utin untuk sleep training, karena menurut Utin Axel lagi ga enak badan (memang dia agak flu), so just go easy on him. Makanya saya juga ragu-ragu biarinin dia nangis gitu. Apalagi kalo malemnya kan saya ampir selalu angkat dia kalo nangis, because if i wont, utin will. So it will end up the same. Dan saya ragu-ragu sleep training karena ga konsisten. Saya tau inti dari sleep training adalah konsistensi, dan harus satu suara dengan pasangan. Kalo kaya gini saya uda ampir yakin sleep trainingnya bakal gagal.

Makanya di hari ke-4 saya coba ide baru. Saya temenin Axel tidur. Jadi setelah bedtime routine, saya taro Axel di crib, saya akan duduk di samping crib nya sambil pegangin tangannya / badannya sampe dia ketiduran. It worked with no tears, but at middle of the night when he woke up, it became a disaster for me. Gara-gara kebiasaan baru (sleep crutch) yang saya ciptain sendiri, Axel ga mau tidur kalo saya ga di samping dia dan pegangin tangannya. Kalo dia kebangun tengah malem, dia bakal duduk (untungya sekarang uda ga berdiri) sambil nangis sampe saya dateng dan pegangin tangannya. Kalau saya di samping dia, walau dia ga tidur juga dia ga nangis. Tapi kalo saya tinggal pasti langsung nangis. Dan entah kenapa kalo lewat tengah malem itu Axel makin susah tidur sendiri. Udah tidur pun kalo saya tinggal pasti ga lama kebangun lagi. Akhirnya saya jadi sakit gara-gara hampir sepanjang malem duduk di ubin di samping crib, sambil kena AC. Ini lebih parah dari sebelum sleep training. So it has to stop.

Jadi, hari ini saya membulatkan tekad untuk mulai sleep training lagi. Kali ini dengan metode yang benar : no holding hands, no physical touch. Just let him learn to sleep on his own. I will be sitting right on my bed, where he could see me. But I wont sit next to his crib anymore. And this time I will also give up midnight nursing. I will feed him in the morning, after 5am. Hopefully this time he will learn to sleep better.

There will be more challenge because he always sit up whenever he wake up. So I will need just to lay him down again – and again – and again. I dont know for how long or how many. But hopefully he will understand soon.

Dan kali ini saya uda dapet restu dari utin, jadi moga-moga kali ini lebih lancar sleep training nya. To be honest I begin dreading night times. I begin to imagine the sleepless night, and dreading the crying that I will hear for sure. Just wish me luck. Hope I can survive this as a winner. Because I cant stand the sleep deprived anymore, I couldnt work well and think straight at daytime, while I need to work so many things. And also sleep deprived make my patience thinner and thinner. I am afraid I will scold Axel for no reason If I dont get enough sleep soon. It’s not healthy for me, and I believe it’s not healthy for Axel too. Because he needs a proper sleep to help his brain grow well.

So, please wish me luck. I will need much support, and also if you have tips please do let me know. Thank you!
  

 

 

 

29 thoughts on “sleep training. yay or nay?

  1. SLEEP TRAINING IS YAY! Stay strong Momma! I know your patience sdh makin tipis and tipis but you can already see the light at the end of the tunnel. You wont regret this decision n yg penting kan udah 1 suara sama Suami. Masalah baby’s sleeping behavior ini juga sangat jd concern aku krn aku jg sumbu pendek klo kurg tidur. So yes, I wish you tons of luck!

      1. Hehehe blm sampe ke tahap CIO sih krn aku masih tinggal sama ortu n nenek. Kebayang kan aku bakalan diuleg ntah jadi apa klo berani mraktekkin CIO, wkwkwk….

  2. semangat mamake! aku mendoakan dari sini! yang penting itu restu dari utin hehehe .. axel yang pinter ya biar bisa bobo sendiri hehehe . ntar ajarin Gide ya 🙂 Gide masih harus dikelonin baru dipindain hehehe 🙂

  3. Semangaaatttt deeeee.. gua so far gak bisa ngasih tips.. karena memang clay dari 2 bulan udah tidur dari jam 7/8 malem bangun jam 6 pagi. bangun 2 kali malem untuk nyusu, tapi gua gak masalah, karena abis nyusu dia pasti tidur dan gak bangun.

    tapi memang yang gua tau awalnya susah, cuma nanti belakangnya pasti enak buat elo dan utin. terus semangaatttttt

  4. De, gue bantu kasi bola2 semangat aja ya 🙂 gue belum sleep training B dgn bener, huhuhuhu, baru belakangan ini aja c tp itu juga masih plintat plintut jadwalnya en emank iya susah bgt ya 😦 biasanya kalo B uda tidur palingan ada 2x ngak ngek ngok minta susu uda gitu balik tidur (begitu dot dimulut)

    1. Thanks dewi! Iya sebenrnya asal bobo lagi masih acceptable lah. Kl yg pengen ngempeng spanjang malem itu yang bikin sakit kepala haha. Jd skrg lagi coba sleep training ya? Kukirimkan juga bola2 semangat hahaha

  5. good luck ya… 🙂

    sorry no tips from me karena gua gak meng-sleep training anak2 kita waktu bayi… pernah nyoba ke emma tapi gak sampe ati jadi gagal dan gak jadi. hahaha.

    1. Thanks man! Kirain lo tinggal di Us bakal menganut sistem bule. Mereka kan kebanyakan sleep training. Tp emang si balik ke anaknya jg. Ada aja yg emang naturally good sleeper jd gausah pake training segala hehe

      1. iya orang2 bule kebanyakan sleep training. unfortunately anak2 kita kagak ada yang good sleeper. hahaha. tapi setelah mencoba sleep training akhirnya gua decided untuk enggak men sleep training. buat gua sih nanti ada waktunya mereka bisa tidur sendiri. while mereka masih mau tidurnya digendong/ditemenin/minum susu ya gua ikutin aja… 😀 tapi ya emang tiap orang beda2 sih ya aturannya hehehe

  6. Gua ga sleep training jg si karena ga ada kamar extra buat joel.. tp dlu pas gua mulai nyapih joel si dia mulai sleep thru the night.. karena dlu yg gua brentiin pertama x itu yg nyusu tengah malemnya.. pelan2 dia bobo sampe pagi d.. skrg suka bgn2 lg karena mo pipis (karena udh potty trained) tp untungnya si abis pipis tidur lg.. hehe

    1. Iya ya sepertinya yg bikin ga sleep thru the night itu yg nyusu tengah malem. Begitu jda disapih tidurnya membaik. Thanks buat sharingnya sofie! Joel pinter ya uda potty trained..

      1. Iya.. kalo axel makannya lancar ga masalah mestinya dia jg bs si pelan2 lu sapih nen malem nya.. yg ptg lu siapin air putih aja.. nti malem2 kalo dia bgn lu kasi air putih.. lama2 dia bs mikir ‘ah ga worthed it d bgn buat air putih doank’ dan jadinya bs tidur trs d.. hehehe ini teori gua sendiri si.. hahaha semangat ya!

  7. Hai ci, sorry juga no tips from me. Aku yang tadinya on and off soal sleep training akhirnya nggak deh, milih manut sama anak aja maunya gimana. Alasan lain, karena tinggal sama the in-law juga, dan kami sendiri nggak tegaan hahaha.
    Semangat mommy and Axel!

  8. Good luck De! Don’t have any tips because I wasn’t successful in sleep training Madeline. Sampe skrg Madeline masih co-sleeping dan masih cium-cium tangan gue kalo mau tidur 😓 kalo kebangun malem pun masih nyariin tangan gue untuk balik tidur 😓😓😓

  9. Stay strong De!
    gw jg gak bs kasih tips soalnya gw gak sleep trainingin Grace and Theo. Selain gak tega, gw jg sedikit menderita sih kalo gak nyusuin semaleman. males mompa, kalo gak di pompa luber hehe..

  10. good luck ya de sleep trainingnya… gua ga pernah sleep training jayden, karena dari umur 3 bulan tidurnya uda teratur… dulu tidurnya pake nyusu sih, cuma belakangan uda mulai tidur sendiri… metode yang gua pake masih sama…metode mami pura2 tidur hahahaha… walaupun yang ada tidur beneran, tapi dia bisa tidur sendiri hahahaha…

  11. Gua juga hanya bisa kasih semangat dan wish u good luck, Dea.

    Waktu Kenny gua udah terlalu telat untuk sleeptraining (dulu no clue klo tidur harus dilatih), dan waktu Ian pengen coba sleeptrainig tapi ga bisa karena kalo nangis2 ya pasti ganggu Kenny, karena semua tidur sekamar.

    Pas masih cari referensi soal sleeptraining, gua baca dari 2 sisi gitu deh. Why should and why should not. Gua baca artikel yg ga support sleeptraining dan ada kata2 yg justru ngena dia gua kira2 gini “you want them to sleep like a baby? Let them sleep like a baby”.

    Kenny baru tidur semaleman itu 3 taon lebih tanpa ada usaha apa2 dari gua, naturally happened aja gitu. Ian sampe skrg masih suka rengek2 minta minum. Dan mgkin karena udah saking lamanya gua udah ga berasa keberatan. Hahahahaha.

    Walaupun emang klo bisa lebih cepet pasti lebih baik. Tapi gua lebih ke yang yasudahlah mari ikuti saja anaknya. Kalo denger cerita dari temen2 jg lebih banyak yang anaknya bisa tidur semaleman dari bayi (bahkan ada yang dari 3 bulan) tanpa ditraining apa2 dibanding yang pake sleeptraining, jadi menurut gua pribadi kayanya itu emang bawaan dari anaknya aja (maybe hormon oksitosin nya lebih bagus or whatever). Lucky them. 😅

    Eeh jadi panjang dah

Leave a Reply

