baby · MPASI

Axel 8 months

Berat : 8.7kg

Tinggi : 70cm

Si penggigit segala

Milestone

Makin gede Axel makin aktif. Sebulan aja nambah bisanya lumayan banyak.

Duduk uda stabil. Di bak mandi juga uda selalu dalam posisi duduk (kalau ga manjat berdiri), tanpa oleng-oleng mau jatuh.

Happy baby

Bisa duduk sendiri dari posisi tiduran. Ini pencapaian paling baru ni, baru kemaren bener-bener lancar bangun ke posisi duduk. Semalem aja dia tiba-tiba bangun (pas kita ga ada di kamar), trus pas kita masuk kamar ternyata uda posisi duduk sambil mewek haha.

Bisa angkat badan ke posisi berdiri dengan tumpuan. Kalo skill ini uda lebih dulu bisanya sebelum bisa ke posisi duduk. Belom jago banget si, tergantung tumpuannya. Kalo di crib dia mulai bisa pegangan pinggiran crib, berlutut terus kalo momentum pas dia bisa angkat badan sampe berdiri. Dia juga uda bisa manjat badan kita sampe ke posisi berdiri. Kalo lagi mandi juga bisa pegangan pinggiran bak terus berdiri. Yang ini sih bikin ngeri takut kejungkel haha. Dan kalo lagi main deket objek yang kira-kira bisa jadi tumpuan untuk berdiri (contoh sofa, meja) dia pasti coba pegangan untuk berdiri.

Kalo lagi posisi duduk atau tengkurep atau tiduran dia bisa nyari dan pegang tangan kita untuk minta berdiri. Seneng banget kalo uda bisa berdiri. Sekarang apa-apa pengennya sambil berdiri. Mandi dan ganti bajupun pengennya sambil berdiri.

Tapi walau uda mulai bisa berdiri, Axel masih belom terlalu jago merayap. Bisa, tapi sepertinya dia ga gitu suka. Dia lebih milih guling-guling sampe dapet tujuannya, atau milih pegang tangan kita untuk diberdiriin, terus dia akan mengarah ke yang dituju baru duduk lagi. Merayapnya juga belom terlalu jauh, kalo lagi di encourage untuk merayap dia bisa sambil protes karena disuru merayap buat ambil mainan yang dia suka. Atau kadang dia memilih buat stay di tempat aja daripada harus merayap.

Berusaha meraih tanpa banyak merayap

Merayap masih males, apalagi merangkak. Axel bisa nungging (nungging melulu malah), jadi seharusnya secara fisik dia uda siap untuk merangkak, tapi sepertinya dia belum ngerti caranya aja. Dia juga belum ogong-ogong, juga sepertinya no clue aja harus gimana. Kemaren saya sempet kasih liat video bayi lagi merangkak, abis itu lumayan dia mulai angkat-angkat pantat.  Sekali dua kali uda dalam posisi mau merangkak, jadi tangan sama kakinya uda bener posisinya, tapi instead of ogong-ogong, dia jatohin pantatnya lagi. Mungkin keberatan pantat? haha.

Axel juga uda bisa ke posisi tengkurep dari duduk. Sebenernya dia bisa uda lumayan lama, tapi kalo di kasur. Soalnya dia tau itu empuk jadi dia bisa jatohin badan tanpa sakit. Tapi kalo main di lantai, dia tau itu keras, jadi ragu-ragu kalo mau tengkurep. Dia awalnya milih diem di tempat daripada harus tengkurep. Tapi sekarang dia uda bisa, pelan-pelan turun ke posisi tengkurep terus merayap.

Udah bisa babbling vokal. His first words? Unfortunately not ‘mama’ huhu. So far dia bisa bilang ‘pa, ba, da, ya ‘ —> sependengaran saya haha.

Motorik Halus

Soal motorik halus, Axel uda jago makan biskuit sendiri. Pegang nya uda mantep, malah kadang harus tarik-tarikan kalo dia megang sesuatu yang ga boleh dipegang.

Dia bisa mindahin benda dari tangan 1 ke tangan yang lain. Bisa juga pegang 2 benda di 2 tangan.

Suka banget masukin semua benda ke mulut. Kalau dia pegang satu benda pasti ga lama dimasukkin ke mulut. Makanya musti diliatin banget.

Trus sekarang juga uda cepet nyamber nya. Sekarang kalo gendong Axel musti ati-ati, karena dia suka nyamber benda-benda di sekitarnya. Cepet banget lagi.

MPASI

Puji Tuhan Axel tergolong gampang makannya dari awal. Ya kadang-kadang bosen, trus ga mau buka mulut, ato bosen kelamaan duduk. Tapi in overall tetep suka makan. Kalau saya bawa mangkok makanannya dia pasti liatin sambil manggil-manggil kaya ga sabar hehe. 

Masuk 8 bulan, daftar makanan yang udah dicoba Axel nambah :

  • Ayam
  • Hati ayam
  • Sapi (daging khas dalam)
  • Salmon
  • Sawi putih
  • Baby kailan
  • Tofu
  • Bayam
  • Kacang joglo
  • Edamame
  • Wortel
  • Unsalted butter
  • Extra virgin olive oil
  • Extra light olive oil
  • Bawang bombay
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Melon
  • Semangka
  • Buah naga
  • Apel

Untuk tekstur, sejak masuk 7 bulan saya mengurangi pakai gasol. Biasanya bikin bubur pake slow cooker terus diblender. Atau kukus lauknya terus diblender, baru masak gasol terpisah. Masuk 8 bulan saya coba bikin bubur tanpa diblender lagi. Jadinya sayur-sayur, daginya saya potong kecil-kecil baru masukin slow cooker. So far so good. Targetnya umur 14 bulan uda bisa makan table food pas ke Jepang haha. Amin.

Untuk porsi, biasanya dengan tekstur sekarang (bubur tanpa blender) porsi makan axel itu 2-3 sendok makan full. Biasa abis, tapi kadang sisa dikit. Ga pernah bener-bener saya takar ml nya si.

Biasanya saya siapin malem, paginya uda jadi. Sekali masak untuk 3 kali makan. Kalo pas bikin kedikitan ya 2 kali makan, paginya saya kasih oatmeal. Jadi Axel makan 3x sehari dengan menu sama + 1x buah. Harusnya buahnya 2x tapi biasanya ga sempet karena itu jadwal tidur dia. 

Bersyukur juga uda ga sembelit lagi. Hampir setiap hari pasti pup. Kalaupun ga tiap hari, paling lama 2-3 hari sekali. Dan ga sampe bikin kesakitan pas ngeden. 

Kalo belum pup biasa saya kasih pir atau buah naga, abis itu biasanya lancar lagi.

Tapi sejak MPASI, Axel jadi jarang minum susu, kecuali nyusu sama saya. Kalo saya kerja, dia suka ga mau minum susu. Ataupun kalo minum juga paling 50ml, mungkin kenyang ya. Alhasil stok ASIP saya malah nambah sejak MPASI. Tapi untungnya kalau sama saya selalu mau nyusu. 

Dan sejak MPASI juga Axel uda ga minum susu formula sama sekali 😊

Belepotan makan ubi ungu

Sifat & karakter

Kalo ngomongin sifat dan karakter pasti masih berubah-ubah ya, sama sangat subjektif penilaian saya aja. Menurut pengamatan saya,selain outgoing, dan ramah sama orang lain (kecuali ngantuk), Axel ini tipe pengamat dan hati-hati. Dia suka mengamati sesuatu, kalo lagi ngeliatin sesuatu bisa fokus banget. 

Dan dia ini anaknya hati-hati. Kalau kita pegang tangan dia untuk diarahin pegang sesuatu, biasanya dia ga mau, tangannya ditarik lagi. Jadi kalo mau ngasih dia pegang biasanya dikasih liat aja dideketin ke dia, terus dia akan liatin dulu bendanya sambil nyureng-nyureng kaya mikir, trus pelan-pelan dipegang deh haha. Begitupula soal makanan. Kalo dikasih sesuatu dia akan liatin dulu baru pelan-pelan didekatin mulutnya, kaya ngetest dulu enak ato engga haha. Banyak tingkah emang ni anak. 

Begitupula soal kalo main di lantai. Somehow dia bisa bedain kalo lagi main di kasur (empuk) dan di lantai (keras). Kalo di kasur dia pede jatohin badan. Tapi kalo di lantai dia akan berhati-hati untuk tengkurep. Keliatan deh dia lebih hati-hati kalau di lantai. Hebat juga ya dari bayi uda bisa gitu.

Axel makin manja kalau ada saya. Kalau saya temenin main, lebih suka nempel-nempel ato dusel-dusel saya daripada main sendiri. Kalo duduk di sebelahnya, suka manjat-manjat minta digendong. Seneng sih sebenernya, jadi berasa disayang. Tapi kalo lagi cape bisa berasa overwhelmed juga haha. 

Ekspresi merem-merem

Lagi suka teriak-teriak. Kalo excited pasti teriak-teriak. Uda bisa manggil orang juga dengan “heh.. heh.. heh” 

Suka ngupil! Atau berusaha untuk ngupil haha. Ini lucu banget deh. Beberapa kali saya liat dia berusaha masukin 1 jarinya ke hidung. Trus kaya nyolok-nyolok hidung sendiri. Moga-moga nanti saya dapet fotonya ya. 

Bisa pura-pura nangis. Gatau deh dia belajar dari siapa. Bisa merem-meremin mata trus pura-pura nangis, tapi kalo diangkat langsung ketawa haha. 

Bisa juga nangis jelek ngambek. Kaya gini nih contohnya

Jelek ya ekspresinya hahaha
Hwaaa…mama..

Sleep Training

Seperti yang saya mention di postingan sebelumnya, saya mutusin untuk sleep training Axel per 1 Feb 2017. Setelah 1 mingguan uda membaik tidurnya. Jam 8 uda tidur dan ga pake nangis drama kalo mau tidur. Cepet malah, bisa ga sampe 5 menit setelah ditato di crib uda tidur. Dan biasa kalo malem bangun jam 12-2 trus bangun lagi jam 5. Kalo dia bangun di jam-jam itu saya susuin, terus dia tidur lagi. Tapi kalo bangun di luar jam itu saya diemin. Setelah jam 5 , biasa saya bawa ke kasur. Soalnya abis jam 5 itu dia ga lama uda seger mau ngajak main. Kalo ditaro di crib pasti protes.

Sleeptight baby

Dengan result seperti itu saya belum merasa sleep training nya berhasil. Karena Axel belum sleep through the night sama sekali. Dan saya belum mendapatkan goal yang saya impikan : tidur 8 jam straight! 

Tapi saya masih galau kalo harus bener-bener menyapih axel dari menyusui malam. Kasian kalo beneran laper. Walo teorinya sih ga laper ya harusnya. 

Di saat saya masih galau, tiba-tiba Axel jelek lagi pola tidurnya. Uda semingguan ini kalo mau tidur pake nangis drama lagi. Walo ga separah awal sleep training, tapi tetep lama nangisnya. Uda gitu dia bangun lebih sering kalo malem. Bisa 1-2 jam sekali bangun. Haduh, pusing deh. Kayanya sih teething. Moga-moga masa-masa ini cepat berlalu

Gemez

Hal yang disuka

Axel ini suka banget sama yang namanya tali. You name it, tali/ strap high chair, belt stroller, tali tas, tali exhaust fan, dan tali-tali lainnya. Entah kenapa. Dia kalau liat tali pasti sibuk main sendiri. 

Axel juga suka small detail. Kalau ada mainan, dia lebih tertarik liatin label kecil yang ada di mainan tersebut

Axel suka lampu kelap kelip dari speaker. Selalu diliatin sama dia dan pengen diambil

Dia juga suka segala jenis plastik. Baik itu plastik makanan, tissu basah kemasan plastik, plastik tupperware, sampe sendok dan mangkok plastik

Makin gede juga makin banyak yang di eksplor. Dia tertarik sama kolong bouncer, kotak isi baju kotor, washtafel untuk cuci tangan, buku cerita, remote

Si ganteng suka main remote

Suka nyolong-nyolong nonton tv. Walaupun saya uda dudukin dia membelakangi tv tapi kalo tv nyala dia suka nengok-nengok ke belakang. Padahal itu bukan acara anak-anak juga. Tapi demen aja dia liatin tv. Alhasil sekarang saya jarang nonton tv deh. Habisnya kalo pasang TV nanti yang nonton axel.

***

Ah time flies ya! Tiba-tiba Axel uda 8 bulan aja. Bentar lagi setaon. Aduh belom rela rasanya. Waktu bulan pertama rasanya pengen fast forward. Tapi kalo uda umur segini lagi lucu-lucunya, pengen di pause aja.

I love you baby A! Happy 8 month!
 

Ga berasa uda 8 bulan

 

Advertisements

2 thoughts on “Axel 8 months

  1. Ini kalau sleep training harus keukeuh ya. Pas gue, guenya karena saking ngantuknya jadi kalau malam Kaleb bangun nangis, ya udah nenenin aja. Ealah, sampai 2 tahun belum bisa tidur sleep through the night loh. Semangat Dea! Demi mencapai tidur 8 jam. Goals banget ini. Hahaha.

  2. Soal tali, plastik, sama detail kecil kaya label itu kayanya rata2 anak emang suka deh. Trus soal sifat ya de… itu beneran sifatnya Axel kaya gitu tuh bakalan. I mean… sifat Raka yang sekarang itu emang udah keliatan dari bayi. Contoh ya pas bayi gw udah liat ni anak berani tapi hati-hati. Makanya walaupun kelakuan aneh2, dia jarang ‘kecelakaan’ karena dia pinter mengira-ngira seberapa dia bisa. Kalo Kirana… ga nekad, tapi kurang hati-hati. Kejedug melulu. LOL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s