baby

Axel : 7 months

Berat : 8.2kg

Tinggi : 66cm

Secara berat dan tinggi emang ga beda sama bulan sebelumnya, walaupun udah mulai MPASI. Hal ini wajar karena anaknya uda lebih aktif, jadi energi yang masuk sama keluar juga bisa jadi sama, jadi beratnya ga naik.

I am 7 months young

MPASI perdana

Cerita soal persiapan MPASI bisa dibaca disini. Dan garis besar MPASI selama bulan ke-6, termasuk sakit pertamanya Axel bisa dibaca disini. Karena Axel sempat sembelit sekitar 2 mingguan, jadi jenis makanan yang diperkenalkan ke dia belum banyak. Plus saya menganut aliran menu tunggal, yang dicoba selama 3 hari baru ganti menu. Jadilah makin dikit list makanan axel haha.

Jenis makanan yang dicoba di usia 6 bulan :

  • (Gasol) Beras merah + asip 
  • (Gasol) Beras cokelat + asip
  • (Gasol) jagung + asip
  • Oatmeal + asip
  • Pisang (sembelit)
  • Pepaya (curiga sembelit)
  • Pir (suka banget)
  • Apel (suka banget)
  • Jeruk baby
  • Alpukat (suka banget)
  • Bubur beras putih + jagung manis
  • Milna organic beras merah
  • Heinz farley biskuit

Puji Tuhan secara keseluruhan Axel suka makan. Emang sih makannya harus sambil main, harus kasih dia sesuatu buat dipegang + gigit-gigit (biasanya sendok, mangkok, ato tutup kotak makannya) kalo ga dia cepet bosennya. Dan kalo makan bisa belepotan kemana-mana karena harus cepet-cepetan sama tangan dia sebelum dia masukin benda yang tadi ke mulutnya. Tapi kalau makanannya dia suka banget dia bakal diem aja sambil mangap-mangap minta lagi haha. Dan hasilnya hampir ga ada yang berceceran. 

Axel juga uda lulus makan pas travelling (baca : jalan-jalan). Tepatnya saya yang uda lulus persiapin MPASI Axel buat travelling dan kasih makan axel di luar rumah haha. Karena uda berhasil ke Bandung dengan persiapin makanan buat Axel dan karena uda lewat bulan pertama MPASI, saya uda lebih pede. Uda ga clueless kaya awal MPASI, malah lagi semangat mau bikin macem-macem buat makannya Axel hehe. Moga-moga semangat terus deh dan moga-moga Axel pinter terus makannya.

Mamam alpukat

Milestone

Di umur jalan 7 bulan Axel uda bisa main sambil duduk. Kalau dulu playgym nya dimainin sambil tiduran, sekarang dia mainin sambil duduk, tentunya dengan modifikasi si playgym yang hampir ancur karena tambelan sana sini. 

Duduknya uda stabil, uda bisa duduk sendiri dalam waktu lama tanpa support. Tapi belum bisa ke posisi duduk dari posisi tiduran/tengkurep. Kalau mandi juga maunya duduk di bak nya, kadang sambil berusaha ‘manjat’ pinggiran bak.

Axel juga uda bisa ‘berdiri’ sambil dipegangin. Kalo lagi posisi tidur terus kita kasih tangan kita, pasti dia pegang tangan kita terus angkat badannya sampe berdiri. Terus kalo uda berdiri bakal giranh banget. Sering juga kalo lagi main-main dia ga mau duduk ato tidur, tapi maunya main sambil berdiri. Emang paling-paling deh ni anak, duduk aja masih suka keguling tapi uda mau berdiri haha. 

Uda pengen berdiri padahal merangkak aja belom bisa. Ogong-ogong juga belum. Merayap juga engga. Dia keliatannya si uda mau merangkak karena uda bisa angkat pat pat tinggi, tapi waktu mau maju malah jadi jatoh keguling haha. Tapi walo belom bisa merayap, kalo ada barang yang diincer bisa aja tuh entah gimana caranya guling-guling kesana kemari hehe.

Lagi temenin papa potong rambut

Habit & personality

Sepertinya Axel ini anak yang cukup sosial. Selama ini dia mau-mau aja digendong siapa aja, kecuali kalo mood nya lagi jelek banget. Dia juga suka liatin orang lain (stranger) dan kalo orang yang diliatin uda liat dia balik trus dia bakal nyengir-nyengir ajak ketawa. Ga heran kalo di mal dia jadi suka disapa orang ga dikenal, karena emang anaknya suka inisiatif ngajak ‘kenalan’ duluan.

Pernah suatu saat saya lagi ngantri di kasir supermarket, Axel lagi saya gendong hadap belakang. Ga lama saya berasa ada gerakan-gerakan di orang belakang saya. Ternyata si axel lagi main sama bapak2 di belakang saya, mau toel2 si bapak hahaha. Jadilah sama si bapak juga diajak main deh. 

Axel juga uda bisa nangis protes. Kalau ga dapet yang dia mau, bisa nangis kesel. Trus dia bisa beda-beda ekspresi kalau nangis. Ada nangis muka jelek, biasanya kalo dia kesel digangguin ato diledekin (ini si sotoy-sotoy nya saya aja). Ada nangis frustasi yang ga brenti-brenti, ini kalo lagi ‘kenapa-kenapa’. Ada juga nangis biasa yang kalo didiemin bisa brenti sendiri. Yang terakhir ini biasa kalo lagi di carseat, ngantuk tapi ga bisa bobo. Atau pas sebelom tidur. 

Ekspresi kalau mulai protes

Separation anxiety

Axel juga uda mulai kenalin orang. Dia uda kenalin mama nya dan mulai nempel sama saya. Kalau saya baru pulang kerja dan dia liat saya, langsung hepi banget ketawa-tawa, tapi abis itu nangis haha. Kebiasaan. Trus bisa juga kalau lagi anteng main sendiri, kalau dia liat saya bisa tiba-tiba nangis. Pas digendong langsung ketawa lagi. Kalau lagi ngantuk terus digendong orang lain bisa nangis-nangis, trus pas digendong saya langsung nyengir-nyengir lagi haha. Dasar iseng ya. 

Axel juga kalo lagi manja, suka melokin saya ga mau lepas. Apalagi kalau saya baru pulang kerja, atau kalo dia lagi ngantuk banget. Tangannya dilingkarin di leher saya kenceng-kenceng ga mau dilepas. Kalau ada orang lain yang mau ambil dia langsung buru-buru dikencengin pelukannya. Bisa gitu ya.. 

Trus dia juga uda bisa julurin tangan buat minta digendong. Kalau lagi duduk main trus ada orang di sebelahnya, dia suka nemplok ke orang di sampingnya trus ‘manjat’ minta digendong

Handsome baby

Motorik halus

Sebenernya saya belum khatam yang dimaksud dengan motorik halus itu apa aja. Tapi kalo kata mama saya yang psikolog dan juga yang jagain Axel kalau saya kerja, motorik halus nya Axel bagus. Dari umur 5 bulanan dia uda bisa meraih mainan yang dia mau. Dan meraihnya bisa langsung dapet. Makin gede tentunya makin canggih. Dia bisa pake ilmu kira-kira buat dapetin benda yang dia mau. Kalau ada yang dia incer biasa dia amat-amatin dulu sambil coba-coba ambil, kalo jauh dari jangkauan tangan dia bisa diem terus kaya mikir, trus tiba-tiba di saat yang gendong dia lengah, dia bisa jatohin badan buat ambil benda itu haha. Atau bisa diem-diem trus tiba-tiba langsung disamber. Canggih lah masih bayi juga.

Pegang benda juga uda cukup firm, walau masih suka lepas. Kalau pegang teether uda bisa, walau posisi masih kebalik-balik. Dan pegangannya itu kuat, kalo dia lagi pegang sesuatu dan kita mau ambil,pasti ditahan sama dia dan akhirnya tarik-tarikan.

Tarik-tarikan kartu

Sleeping Habit

Saya sempet maju mundur mau sleep training Axel. Ga tega denger dia nangis lama-lama dan meraung-raung, tapi di sisi lain badan makin rontok karena dia bisa bangun 2 jam sekali kalo malem. Akhirnya tanggal 1 Feb, setelah Axel sembuh dan setelah dia 7 bulan saya mulai sleep training. Nanti soal sleep training saya tulis terpisah ya kalau uda sukses. Sampe sekarang masih proses sleep training, tapi lumayan sekarang uda lebih baik sleep habit nya, walau masih bangun malem-malem, tapi paling bangun hanya 2x dan abis itu tidur lagi.

First tooth

Saat postingan ini ditulis (14 Feb) Axel uda punya 2 gigi. Tepatnya kapan giginya nongol saya juga ga tau haha. Tapi giginya ini tumbuhnya di sisi dalem gusi, saya gatau si ini normal ato engga, tapi moga-moga si ga ada problem. 

Sebelum masuk 7 bulan memang Axel sempet rewel banget dan bangun-bangun terus waktu malem (makanya saya akhirnya mutusin buat sleep training), tapi saya gatau itu gara-gara mau tumbuh gigi ato emang lagi rewel aja. Tapi untungnya ga ada gejala sumeng-sumeng atau demam.

Gigi aku uda 2, keliatan ga?

***

Happy 7 months, A! Be happy always!

10 thoughts on “Axel : 7 months

  1. jayden juga dulu mau digendong siapa aja, apalagi kalo di gereja…..ya lu tau sendiri ya hahahaha… kadang bagus sih, anaknya jadi ga takut sama orang… tapi kadang ngeri kalo ke tempat2 umum, stranger di mall aja bisa disapa…

  2. Baca postingan lo jd curiga, jangan2 si Theo tiba2 sering bangun subuh2 karena mau tumbuh gigi ya. Hmmm….
    soal sleep training, entah napa gw ga tega. Plus suka sakit sih PD nya kl malem gak di minum. Jd gw mending anaknya bangun buat ngosongin PD, kan enak bs sambil bobok, kl mompa ga bisa haha

Leave a Reply

