baby · MPASI

MPASI pertama Axel yang bikin nervous

Soal MPASI ini uda bikin saya senewen dari jauh-jauh hari. Soalnya, saya ini ga hobi masak, dan pengetahuan soal masak memasak sangat minim. Suru bedain bumbu-bumbu masak aja saya ga bisa, sayuran pun kadang-kadang ketuker namanya haha *tutupmuka. Tapi kalo soal MPASI kan ya mau ga mau harus dijalanin ya, harus masak, ga boleh absen karena males. Kalo males nanti axel nya makan apa? Kalo cuma berdua Utin males masak tinggal beli, kalo ada bayi kan mana bisaa..

Gara-gara senewen dan parno ini saya uda beli buku MPASI nya dr Tiwi, judulnya Sehat Lezat dari Axel umur 4 bulanan. Saya beli ini karena temen saya pernah bilang untuk persiapan MPASI beli buku itu aja, lengkap. Dari jauh-jauh hari juga uda nyicil baca plus google. Tapi berhubung MPASI banyak teorinya dan banyak alirannya, saya makin bingung haha. Dan banyak yang saya ga mudeng juga. Alhasil deket-deket hari H saya baca ulang tuh bukunya dan baru mudeng.

Sampe sekarang juga saya masih ga paham soal menu 4 bintang dan cara masak yang uda dicampur-campur, belom paham kalo masak banyak trus simpennya gimana, atau kalo mau pergi ke luar kota gimana prepare nya. Akhirnya saya pake prinsip one step at a time aja deh. Pelan-pelan aja, moga-moga lama-lama ngerti sendiri. Toh awal-awal kan masih belom makan aneh-aneh dan masih 1 menu aja. 

Dokter nya Axel penganut aliran serealia dulu baru buah kemudian sayur. Dia ga anti dengan bubur instan, asal 1 menu aja dan ga dicampur-campur ( jadi misal beras merah tok, bukan beras merah campur pisang dsb). Jadi cukup menenangkan buat saya, soalnya kebayang lah kurang lebih gimana.

Oya saya juga ga ikut aliran BLW (baby led weaning), dimana anaknya suru belajar makan sendiri,jadi ga disuapin. Soalnya ini ga dianjurkan dokter, karena takut makanan yang masuk sedikit sekali. Saya setuju sih. Nanti aja mungkin umur 9 bulanan mulai belajar makan finger food.

Jadi ini list perlengkapan MPASI Axel yang seadanya banget. Monggo loh kalo mau kasih saran, saya masih nge blank sejujurnya haha.

Beginilah penampakan Axel kalo abis makan

Peralatan MPASI Axel (6bulan) sekaligus review nya :

1. Feeding set : bowl & spoon

Untuk feeding set ini saya modal hadiah aja. Saya punya feeding set pigeon yang lengkap ada piring, mangkok, sendok, gelas yang bisa dijadiin sippy cup juga. Dan saya juga dikasih weaning set yang isinya mangkok dan sendok aja (tapi gatau merk apa). Buat saya yang terakhir ini lebih kepake soalnya mangkuknya lebih dalem jadi lebih ga gampang tumpah dan sendoknya lebih kecil, lebih pas buat suapinnya.

2. Training cup / sippy cup

Saya punya training cup bekal kado yang pigeon (bawaan dari feeding set juga) – yang bisa jadi sippy cup, sedotan, sama gelas biasa. Dan saya juga dapet sippy cup merk puku yang ujungnya bahannya kaya dot jadi harus disedot (bukan kaya plastik yang kalo dimiringin keluar sendiri airnya).

Saya juga ga terlalu ngerti harusnya bayi 6 bulan ini minum air putihnya pakai apa. Yang pasti dianjurkan ga pake botol susu, karena bayi uda biasa mengasosiakan botol/dot dengan susu. Kalo kata dsa nya pakai sendok. Tapi kan lama banget ya kalo disendokin. 

Saya coba pake cup feeder kebanyakan tumpahnya, kalo ga malah disembur-sembur. Cobain sippy cup puku yang harus disedot jelas ga bisa, orang saya cobain aja susah keluar airnya, gimana si bayi. Cobain sippy cup pigeon lumayan si, tapi banyakan tumpahnya juga, soalnya somehow cuma masuk mulut tapi ga ditelen. Pengen garuk-garuk kepala rasanya. Soalnya dokter uda wanti-wanti untuk kasih air putih minimal 50ml setiap abis makan supaya ga sembelit. Dan saya juga worry karena banyak cerita MPASI yang mulai dari serealia itu sembelit.

Akhirnya saya tetep pake sendok, yang penting masuk aja deh air putihnya. Tapi saya ga terlalu perhatiin jumlahnya, kira-kira aja. Kayanya ga sampe 50ml sih, abis kalo sendok kan dikit-dikit banget. Kalo lagi ga sabar saya pake gelas langsung. Axel si semangat kalo disodorin gelas, tapi dia belum gitu bisa minum dari gelas juga, kebanyakan tumpahya. 

3. BIB / slabber

Saya sebenernya punya banyak bib bahan kain, ada yang model scarf juga. Tapi itu semua saya beli sebagai tatakan iler bukan sebagai bib untuk makan. Sayang soalnya, kalo buat makan kan bisa ada bekas-bekas noda. Ga cakep lagi donk kalo dipake buat gaya hehe.

Untungnya saya juga dimodalin bib bahan parasut sama silicon (yang ada tadahan makanan) sama temen-temen saya (makasih banyak ya! *kiss). Jadilah BIB model itu yang saya pake buat bib makan nya axel. 

4. Food processor Pumpee

Lagi-lagi ini dapet dari kado. Sungguh waktu pertama liat saya ga tau ini fungsinya apa. Sampe sekarang juga belom dipake, karena belum makan buah/sayur yang perlu diblender. Tapi kata nyokap yang sempet cobain blender pepaya pake ini, katanya food processor ini susah kalo dipake buat blender buah, karena pisaunya agak di atas, bukan di bawah. Jadi kalo kedikitan ga bisa dipake. Emang sih kalo liat gambarnya itu untuk blender daging sayur sekaligus. Tapi karena belom sampe situ tahap Mpasi nya jadi saya belom coba.

5. Slow cooker Takahi

Ini juga kado. Saya dapet 2 malah, 1 yang kecil 1 yang gede. Beruntungnya saya punya temen-temen dan saudara yang thoughtful. Waktu awal terima saya ngeblank itu buat apa, tapi setelah tau fungsinya saya bersyukur banget hehe. 

Ini belom bisa saya review juga karena belom kepake. Nanti kalo uda 7 bulan, uda mulai makan protein hewani baru bakal kepake. Kalo baca-baca si enak banget pake slow cooker ini, tinggal cemplung-cemplung trus tinggal aja, nanti jadi sendiri hehe.

6. Blender

Jujur saya ga tau blender sama food processor itu fungsinya sama ato engga. Kemaren ini saya semper dikasih blender kecil sama nyokap, tapi sayang ternyata blendernya ga nyala, dan ga bisa dituker soalnya itu GWP (gift with purchase), dan uda lama pula.

 Akhirnya waktu itu saya pake blender saya yang biasa, merk Phillips, buat blender pepaya. Emang agak ribet sih, soalnya kegedean. Tapi saya cuma pake sekali doank, soalnya abis itu saya baru tau kalo kasih pepaya ga perlu diblender tapi dikerok aja hahaha.

7. Panci stainless steel 

Ini saya modal sendiri. Soalnya pas baca-baca cara masak gasol, dianjurkan pake panci stainless steel. Yowes lah beli aja, berhubung koleksi panci yang ada juga menyedihkan haha. Panci stainless steel yang saya beli ga pake tutup, belinya di ACE hardware. Beli yang standard aja bukan yang mahal-mahal, toh saya ga ngerti bedanya juga. Lagian belinya uda mepet H-1, jadi yang penting ada aja deh haha

8. Peralatan masak khusus

Talenan, pisau, dan alat-alat masak lain juga seharusnya dibedain dari yang dipake sehari-hari untuk masak. Terutama kalau mau masak yang mentah-mentah kaya daging. Usahain jangan dicampur sama yang mateng/buah-buahan supaya kuman dan virus nya ga kebawa. 

Ini idealnya sih. Tapi pada kenyataannya saya belom sempet beli pisau khusus, jadi pake pisau yang ada aja. Kalo talenan kebetulan saya emang punya spare, jadi pake yang itu aja untuk masak makanan axel.

9. Baby Food container

Ini saya juga dapet dari kado. Ada yang merk tupperware, ada juga merk lain yang saya lupa namanya, soalnya belom saya buka haha. Saya belom pake ini, soalnya masih belom simpen makanan di kulkas / di freezer dan belum siapin makanan untuk dibawa.

Baby food container ini fungsinya kalo mau masak sekaligus banyak (ya namanya masak kalo sedikit-sedikit kan cape-capein aja ya) terus disimpen deh jadi stok. Bisa disimpen di kulkas bawah untuk stok makan sehari (atau 2 hari? Not sure) atau di freezer untuk stok sebulanan. Bisa juga buat bawa makanan kalau pas lagi jalan-jalan. Tapi karena belom dipake jadi saya belom bisa review deh. 

10. Botol kaca BKA / cetakan es batu

Ini fungsinya sama, untuk simpen kaldu. Kalo bikin kaldu kan sekaligus banyak terus disimpen di kulkas. Nah untuk simpennya bisa pake botol kaca BKA (yang bisa buat simpen asip juga) atau pake cetakan es batu. 

Karena belom pake, saya belom beli cetakan es batu nya. Kalo botol kaca saya uda punya dikasih temen. Tapi nanti saya tetep mau beli cetakan es batu, karena sepertinya bakal lebih praktis dari botol kaca BKA. 

11. Kursi makan

Berdasarkan yang saya baca, sebaiknya bayi dibiasakan duduk di kursi makannya setiap kali makan. Jadi bukan makan sambil digendong. Kalo ga ada kursi makan bisa pake booster seat, bouncer, stoller, atau car seat. Kalo saya pribadi ga prefer nyuapin di stroller, bouncer atau cat seat, soalnya pasti kan bakal berantakan makanannya, dan kalo bahanya kain nanti repot bersihinnya. 

Di rumah saya pake kursi makan lipat yang ditaro di atas kursi makan biasa. Kursi lipatnya merk Chicco, dapet dari kado juga. Sebenernya saya juga punya high chair merk pliko juga dapet dari kado, tapi berhubung kadonya datengnya telat jadi uda keburu pake chicco duluan.

12. Tepung gasol

Berhubung dsa nya axel nyuruh mulai dari serealia jadinya saya beli tepung gasol. Gasol ini tepung beras organik, ga termasuk instan karena tetep harus dimasak dulu. Yang saya beli merah wangi, beras coklat dan tepung jagung. 

***

Kayanya segitu aja deh perlengkapan minimalis MPASI axel, yang sebagian besar dapet dari kado hehe. Saran donk, apalagi ya yang saya belum punya tapi berguna? 

Semoga membantu ya! *lirik tantri sama melissa yang request postingan ini hihi. 

Bagian yang paling ditunggu : gigit mangkok
35 thoughts on “MPASI pertama Axel yang bikin nervous

  1. hahahaha, akhirnya dipposting jugaaa..
    gw yang udah heboh dari kapan itu mau beli panci, piso, talenan buat mpasi, akhirnya malah belom beli apa2 karena malas dan gw pikir “ah masih makan buah, ntar aja belinya” πŸ˜›

    si axel pas suapan pertama reaksinya gimana de? Miles sampe merem melek makan pisang.

    Trus soal air putih, gw juga bingung abis sama model “gelas” anak bayi. Terakhir ke mothercare merk nuby masa ada gelas buat 4 bulan, 6 bulan, 9 bulan dan 12 bulan! OHEMJI banyak bgttt.. gw akhirnya beli yg 4 bulan yang ujungnya soft silicone, Miles demen banget gigitin ujungnya dan uda bisa pegang gelasnya sendiri. Ehtapi pas diisi air putih, dia nangis kejer boo.. sampe keluar air mata netes2 gitu. AKhirnya sama kayak Axel sekarang masih disuapin air putihnya.

    Btw, pup nya axel jadi bau bgt ga? Si miles kentut dan pupnya jadi aduhaiii bgt sekarang ghahaha

    1. Hahaha sampe merem melek. Axel gmn ya? Dia semangat gitu mau makan sampe sendok-sendoknya. Girang hehe .
      Ohya ada beda-beda ya training cup? Gile bisa rugi bandar kalo ikutin semua step nya lol. Iya sendok aja lah hahaha *pelit.
      Iyaa jadi tambah bauu.. tapi lebih jarang kentut malah kalo axel hihi. Apa gara2 efek sembelit ya

  2. Hai dea wah axel udh mulai makan yaaa.. wajar bgt kalau awal2 msh clueless tp awal2 juga kan makanannya masih gampang2 belom macem2 bgt hehehe. Perlengkapannya mah udh lumayan lengkap kok, dan buat air putih iya awal2 disendokin aja nanti lama2 mulai latih pake training cup. Paling banyak2 browsing makanan2 mpasi aja sih soalnya gue jg smpe skrg msh sering browsing resep2 utk mpasi lumayan bgt apalagi kalau udh mentok mau ksh makan apa anaknya hahahah. Semangat buat mpasinya ya semoga axel makannya pinterπŸ˜‰πŸ˜‰

    1. Hahaha iyaa kalo uda mulai makan macem2 musti rajin cari resep ya.. sama rajin belanja ke pasar / supermarket hihi. Thanks rere untuk tips nyaa.. amin2.. semoga makannya semangat teruss

  3. Kayanya so far emg uda komplit deh…Oiya coba cari2 menu yg dishare sm Ibu2 aja di facebook atau instagram gitu…Dulu gw ga beli buku tp suka nyontek sama menu2 org..lumayan membantu hehehe..bahkan mereka suka kasi step by step nya juga.. πŸ™‚

  4. Halo Axel. congrattt yaaa udah MPASI. gak kerasa banget ya tau2 udah 6 bulan aja.

    Setau gua 4 bintang itu terdiri dari Karbo, Protein hewani, Protein Nabati, sama sayur. cuma kadang gua jg gak semuanya sih. hihihihi. Pokoknya memang lama2 bisa karena biasa. hehehe.

    Kalo clay tetep gua kasih air putih lewat dot sih. karena kalo gak kaya gitu minumnya gak banyak. yang paling sabar2 pake sendok. hehehe.

    Gua juga dulu penganut serelia kemudian 7-8 bulan baru mulai bubur buatan sendiri. :D, Kalo gua sampe hari ini pake slow cooker takahi. *bisa cari dipostingan gua* -sekalian promosi- hahaha. gua pake yang 0.7 liter. gak terlalu banyak tapi gak didikit. cocok untuk 2 kali makan. dan gua jg gak ikut aliran BLW karena gua gak betah liat rumah berantakan. hahahaha. dan males beresin. hehehe

    food prosesor sama blender sebenernya mirip de. bahkan sama sih menurut gua. hahahaa. Cuma bedanya food prosesor ukurannya lebih kecil. trus kalo yang lengkap bisa langsung steam, dan blend disana. jadi gak usah pindah2 tempat lagi. Kalo blender kan kapasitasnya gede.

    sama yang untuk kaldu, kalo gua pake plastik yang tahan panas. kalo pake cetakan (menurut gua) jadinya sedikit. dan butuh beberapa cube. sama aja jatohnya. hehehe. karena air kaldu biasanya gua pake untuk air berasnya. Jadi gak pake air biasa, nasinya jadi udah ada rasa2 kaldunya. hehehe. πŸ˜€

    De, maap yah kalo kepanjangan. gak harus sama kaya gua, tapi semoga bisa membantu

  5. Food processor sama blender itu beda banget, Dea. Gue gak tau food processorlu yang model apa. Tapi kalau gue pny Philips yang besar. Kalau food processor fungsinya lebih untuk menghaluskan daging (dan bumbu) tanpa harus ditambah cairan. Jadi buat si Abby karena gue gak pernah beli daging giling jadi (krn gue ga tau kemurnian dagingnya), gue biasa beli daging bulk (misalnya daging has, atau dada ayam pure tanpa kulit), untuk gue giling pakai food processor. Sementara itu blender bisa lu pakai untuk menghaluskan misalnya bikin jus buah atau puree, tp jangan sekali2 masukin daging mentah. Piso dan motornya bisa rusak. Semoga bisa membantu.

  6. Waktu Sophie mulai makan dulu aku lgs kenalin sama sippy cup juga, tapi yang merk dr. Brown. Dari silicon dan lembut buat digigit2. Sampe sekarang kepake banget sih buat sophie malem2 nyari minum (tapi sippy cupnya tipenya disesuaikan umur yak). Anti tumpah dan ga ribet. Terus dikenalin minum pake feeder cup yang ujung sebelah lebih tinggi (apa ya namanya itu). Awal2 tumpah dan bleberan, namanya anak belajar yaa.. lama2 dia bisa kontrol sendiri kok. Kudu sabar selalu.
    Nanti udah 8 bulanan takahi kepake banget. Pakenya gampang tinggal cemplung2. Bikin kaldunya aja yg suka males sih.. 😣 Happy eating, Axel..! Happy ribet mommy Dea πŸ˜„

  7. Deaaaa, lohaaa πŸ™‚

    kalo sebaca gue uda lumayan komplit loh perlengkapan mpasinya en malah ada yang gue ga punya, hahahaha. Minum air putih waktu awal2 B gue suapinin Dea pake sendok, emank jadi lama tapi kalo pake gelas beleber yang ada, huhuhuhu tapi tetep diajarin pake gelas en sedotan nantinya πŸ™‚

    De, kalo air kaldu gue pake botol kaca buat simpen. Lebih praktis kalo buat gue ya daripada pake cetakan es. Botol kaca isi 100 ml bisa buat 1sdm beras putih di slow cooker. Jadi enaknya ga perlu nakar2 aer lagi.

    Semoga membantu ya Dea πŸ™‚ smangat mpasi ya Axel *pompom cheers*

  8. Gw udah agak blur tentang MPASI soalnya beda orang, beda dsa, beda cara hahahaa….cuma inget gw pake takahi, kalau Clarissa pake pigeon hadiah juga tuh komplit, kalau Conrad pake avent sama skip hop dan masih dia pake sampe sekarang (masih dia sayang2 pdhl udah 5 taun, awet tuh yg avent sejak dia bayi, kl yg skip hop gw baru beli ampir setahun yg lalu buat cadangan kl yg avent pensiun soalnya udah butut bgt)

    Dulu sih simpen stok2 daging2an buat seminggu gw taro plastik kecil2 tuh dan seplastik ada itungannya misal 50-100 gram untuk 2x makan sekali masak. Nah plastik kecil2nya gw taro dalam 1 kontainer lock n lock. 1 kontainer khusus daging babi giling, 1 kontainer khusus sapi giling, ayam giling, ikan salmon, udang, ceker, dll (tergantung kebutuhan makan anak kan) trus belinya setiap minggu buat stok seminggu gitu kayanya. Sayur sama buah juga bikin stok seminggu, sampe bosen kerjaan tiap minggu gitu2 aja.

    Kalau untuk menu maap gw lupa huahahahaa….sudah lewat masa2 itu πŸ™‚

  9. Axel kamu lucu bangeeeett😍😍!! Kayaknya gw tipe emak nyantai banget deh wah baca postingan ini jd merasa tertampar. Tarou skrg 18 bulan jd makannya udah kaya orang gede. Tp waktu Mpasi which starter when he was 4 mo, gw mulai dr sayur. Jd baby blender aja dikasih second hand sm temen, gw pake itu aja. Di steam lalu di blender. Pas usia 6 bulan baru mix buah dan sayur. Gw malah g pernah serealπŸ€”… ngikutin aja saran dokter sini sih. Mulai usia 13-14 bulan T makannya udah solid, makan apa yg kita makan tp tentu aja ga pakai garam, gula dan cabe. Kita makannya jd steril hihihi.

  10. jayden dulu kalo minum air putih disendokin, soalnya dari 4 bulan dia agak susah minum dari dot… trus 7 bulan stop ga mau ngedot sama sekali, malah bisa pake sedotan… gua ga pernah pake sippy cup dan sebagainya…

    dokternya jayden malah ga terlalu menganjurkan penggunaan tepung2 gitu… akhirnya awal2 dia makan buah sama bubur saring… setelah dua minggu baru buburnya mulai dicampur2… sebenernya dikasih makan apa aja selama anaknya mau mah oke2 aja… yang pusing tuh kalo anaknya ga mau makan hahahaha…

  11. *started. Typo. Oiya gw juga ga pernah masak banyak trus di freezer in. Paling buat 2 hari. Gw salut bgt deh sama mamak2 ini yg alat perangnya kumplit dan memakai sistem . Hebat lah

  12. Blender2 gt krg guna d sbnrnya.. kecuali lu bikin byk dan di freeze.. karena gua dlu ga dibekuin otomatis kedikitinan isinya buat sampe ke piso nya.. yg ada ngotorin blender doank d.. wkwkkwkw gua si dlu lebih sering pake saringan dr pigeon itu tu..

    Trs buat kaldu mendingan pake plastik aja dibanding pake botol/cetakan es.. jd skali pake buang ga perlu cuci2 lg.. hehehe daging dll jg ditaro di plastik per porsi makan sblm di freeze.. jd klo mo masak tinggal ambil 1..

  13. Congrats Axel sudah makan! πŸ˜€

    Josh bulan depan juga udah mulai MPASI nih, aku mulai deg-degan. Soal food processor dan blender bener kata ci Le (soalnya aku sempet nanya dia juga sebelumnya haha). Mamaku juga kalo food processor biasa dipake buat ngolah daging mentah atau bumbu makanan, kalo blender buat jus/smoothies.

    Mudah-mudahan Axel pinter terus ya makannya, biar cepet gede!

  14. Selamat makan, Axel !!!!

    Awal2 emang pasti clueless De.. tp nanti lama2 pasti nongol sendiri instingnya. #namanyajugaemakemak. Haha.

    Menurut gua fase2 awal emang lebih melelahkan karena tekstur makanan harus halus. Dulu gua pake saring menyaring manual sampe tangan kemeng. Pas udah naikin tekstur lama2 udah mendingan lah gausah saring2 lagi. Klo gua dulu beli bukunya Wied Harry. Itu jg lumayan sih buat inspirasi.

  15. bentar lagi bisa makan gorengan sama mami ya, Axel! HAHAHA πŸ™‚
    semangat ya mami! gw dari clueless sampe akhirnya gw sodorin aja semuanya .. ya pokoknya asal sehat, anaknya doyan gw kasih aja hehehe ..

  16. Wahhh cepet amat udh mpasi ya exel…
    selamat makan exel, makan yang pinter yaaa

    Peralatan mpasi lu lengkap banget ya dea, gw dulu pas olive mpasi dikit bgt peralatannya ahhahah malah slow cooker cuma kepake 4bulan aja karna setelah mulai makan pake nasi tim udh ndk masak pake slow cooker jdny SC beralih jd bikin kaldu,
    Klo kaldu bisa pake botol bka ma cetakan es batu, klo pake botol bka kan dibekuin ya jadi prinsipny kek asi aja pas mao dipake besok pagi dr semalam di turunin ke kulkas bwh buat cairin biar bsk tinggal dipake,tp ada yang pake cetakan es batu pas beku di lepasin dr cetakan trus di taruh di tupperware gt jd pas masak tinggal cemplung2 brp pcs es kaldu di sc…

    Beda dok beda aliran sih ya, klo dok gw aliran sama kek melissa ndk pake tepung2an jd 1bln pertama pure buah / sayur tunggal , masuk 7bln baru menu bubur 4 bintang (karbo – beras, protein hewani – salmon dan daging2an, lemak – butter unsalted dan sayur apa aja) dimasak jadi satu dlm sc.

    Klo daging2an gt biasanya gw masukin dalam plastik buat 1 porsi masak jd pas masak tinggal ambil 1 kantong lebih praktis buat ibu pekerja hahahah, klo mao traveling gt gw dulu gotong slow cooker dan segala perlengkapan or klo mao praktis bisa lu bikin dulu makanan exel trus taruh di kantong asi gt dan di frozen jd pas di tempat tinggal di angetin sprt sistem kerja angetin asi

    Hahhahah kok jd panjang ya, maaf ya dea semoga ndk bingung

Leave a Reply

