baby

Axel 6 month

Weight : 8.2 kg

Height : 66 cm

Masuk bulan ke-6, yang artinya Axel uda mulai makan, cukup banyak milestone yang dicapai.

Tengkurep bolak balik

Dari 4 bulanan emang uda bisa telentang dari posisi tengkurep, tapi baru bener-bener bisa tengkurep di usia 5 bulan lebih. Awalnya cuma bisa tengkurep searah, tapi sekitar 1-2 minggu setelahnya uda bisa tengkurep bolak balik dengan lancar. Pertama kali sah bisa tengkurep di rumahnya dina. Trus pertama kalinya bisa tengkurep 2 arah juga dirumah dina haha. Buat yang lain kalo mau baby nya cepet bisa macem-macem dibawa kerumah dina aja hahaha kidding.

Momen pertama bisa tengkurep sendiri di rumah dina

Awal-awal baru bisa tengkurep ini saya belum aware kalo uda harus mulai pasang pengaman sana sini supaya ga jatoh. Pikirnya dia masih baru-baru bisa harusnya ga bakal jauh-jauh guling-guling nya. Jadi awal-awal saya cuma taro Axel di tengah kasur aja tanpa diganjel apa-apa di pinggirnya.

Keteledoran saya ini bikin Axel jatoh dari tempat tidur. Pas liat dia jatoh saya sampe lemes. Puji Tuhan Axel nya cuma nangis sebentar, ga ada memar, ga ada benjol dan ga ada demam atau muntah. Padahal lumayan banget jatoh dari ranjang tinggi 50cm an. Bersyukur banget Axel dilindungi Tuhan jadi ga kenapa-kenapa. 

Axel jatoh lagi untuk kedua kalinya dari ranjang saya yang tingginya 15cm dari lantai kayu. Ini mendingan lah ga tinggi, tapi tetep aja bikin shock. Sejak saat itu kita hampir ga pernah tinggalin axel tanpa ada yang liatin. Kalo harus ditinggal, mending taro di crib nya biar aman. Dan kalo pun terpaksa ditinggal di kasur pasti uda diganjel di segala arah. Cepet banget sekarang guling-guling kesana sini nya.

Aku uda bisa tengkurep bolak balik!

Duduk dengan bertumpu

Dari 5 bulan lebih Axel uda mulai stabil dalam posisi duduk. Kalo posisinya pas, dia bisa duduk bertumpu tanpa dipegangin selama beberapa detik. Awalnya emang masih miring-miring dan jatoh ke kiri atau kanan, tapi lama-lama makin stabil. 

Duduk sendiri sambil seru ‘baca’ buku

Mendekati usia 6 bulan kita uda mulai coba dudukin Axel di kursi makannya. Sekalian latihan buat nanti makan beneran pas 6 bulan, biar uda biasa duduk disitu. Kursinya kita hadapkan ke meja makan, jadi dia bisa sambil liatin kita makan. Awalnya emang ga betah, tapi lama-lama dia hepi duduk disitu dan bisa betah duduk lama sambil nemenin kita makan.
Kalo duduk di deket meja, paling seneng kalo bisa sambil pukul-pukul meja. Sekarang juga kalo di restoran dia ga betah duduk di stroller, pengennya dipangku biar bisa pukul-pukul meja hehe. 

Axel mau ikutan makan

Babbling & laughing
Axel juga uda makin bawel dan makin bisa diajak main. Kalo uda ngantuk dan mau tidur dia biasanya ‘nyanyi’dulu..  ini biasa terjadi kalo lagi di car seat ato lagi digendong pas di luar rumah. Kalo dirumah dan ditaro ranjang sih kalo ngantuk tetep nangis-nangis. 

Axel ramah banget anaknya. Suka ketawa sama orang, bahkan yang belom kenal. Terus kalo diajak main suka ketawa sambil ngumpet di pundak yang gendong. Selain ramah, dia juga iseng, suka colak colek orang di sekitarnya. Kalau lagi jalan dan saya gendong Axel, biasanya dia suka colak colek Utin yang jalan di samping saya hehe. 

Ketika iseng dan kepo jadi satu

Axel’s first christmas

Natal 2016 merupakan Natal pertama Axel. Dari bulan November saya udah niat pasang pohon natal supaya Axel hepi bisa liat ada yang blink-blink sama lampu kelap kelip. I know it’s not the true christmas spirit, bukan makna natal, dan ga ada hubungannya sama cerita kelahiran Yesus. But i just cant help it being excited of his first christmas, so pardon me hehe. 

Axel juga uda punya baju natal dari jauh-jauh hari. Trus beli topi semacam topi santa kembaran sama Ben dan Kirana. Tadinya mau beli kostum santa, tapi ga ada yang sreg, jadinya batal deh.

Three rudolf babies

Teething and teether

Sampe menginjak umur 6 bulan, belum ada gigi yang nongol, tapi keliatannya uda gatel banget karena dia gigit semua yang ada dalam jangkauan tangan dan bisa digigit. Belum sampe rewel gara-gara teething sih, jadi saya belom pernah kasih dia teething gel itu (lupa namanya)

Karena penasaran akhirnya saya beli teether bentuk pisang yang sekaligus bisa jadi sikat gigi. Saya beli yang murah aja merk Pumpee, yang harganya setengahnya dari merk Little Giant atau Ange. Hasilnya? Dia lebih suka (dibanding dr.brown) bisa digigit-gigit terus. Mungkin juga karena uda bisa lebih pegang jadi bisa lebih lama mainin si pisang itu.

Sarapan pisang

Soal Pola Tidur 

Pola tidur Axel masih belom stabil. In general si siang tidur 2x, kalo malem tidur dari jam 8.30an. Ada masanya malem bangun setiap 2 jam sekali, tapi ada masanya tidur lamaan 4-5 jam baru bangun. Tapi Axel belum pernah lagi sleep through the night sekak waktu itu. Saya ngarep banget nanti lewat 6 bulan setelah mulai makan tidurnya bisa lebih panjang karena kenyang. Saya juga lagi considering untuk sleep training, tapi masih harus ngomong sama Utin dulu

Ketika mood bagus, main-main dulu sebelom bobo

Soal minum susu

Masih sama kaya bulan sebelumnya, Axel nyusunya udah jarang. Biasanya sekali minum 120 ml, tapi kadang bisa abis juga 150ml. Rata-rata 3 jam sekali, tapi kadang bisa lebih juga. Tapi sekarang udah jarang gumoh berlebihan, jadi uda ga takut dia kekenyangan.

First Trip to Bandung

Di umur 5 jalan 6 bulan ini Axel pertama kali diajak ke Bandung. Cerita lengkapnya bisa diliat disini ya. Ke Bandung sukses, lain kali mau coba diajak yang jauhan, kalo bisa pake naik pesawat hehe.

Ekspresi baru

Axel ini emang bayi banyak gaya dan banyak ekspresi. Ini dia gayanya yang paling baru, nyengir sambil tutup mata, entah diajarin siapa haha. 

Selamat ulang bulan Axel sayang! Next nya cerita soal MPASI Axel yaa

Senyum tengil ikutin papanya
Advertisements

16 thoughts on “Axel 6 month

  1. axel makin gede makin ganteng ya *gemes* kalo seumuran axel masih bisa ya pasang pohon natal, kalo uda seumuran jayden susah, yang ada dipretel2in mulu, jadinya ga pasang deh… tahun ini uda cukup puas liat pohon natal di gereja sama di mall hahahaha…

  2. Itu yang merem sambil nyengir gak nahannn banget! Axel kamu lucu sekali!

    Soal sleep training aku juga udah wanti-wanti dari bulan lalu, galau banget mau sleep training atau nggak. Semoga makin gede bobonya makin pinter juga yaa.

  3. Wawww minum susunya sampe 150ml?? Grace aja minumnya segitu hahahaa.
    Penasaran pengen baca tentang mpasinya. Soalnya theo juga udah mau mpasi nih, dan gw udah lupa step2nya. Mau nyontekkk hahaha

  4. Makanya punya crib gede itu penting banget deh demi kenyamanan dan keselamatan anak, gue termasuk yang merasakan betapa pentingnya. Tapi abis ini, kalo pas giliran anaknya teething dan udah bisa berdiri, itu crib atasnya semua pada digigitin sampe boncel hahahah. Dulu sampe gue lapisin sama popok kain loh, soalnya kayunya pada bonges hahaha. Pose Axel duduk segitiga, mengingatkan gue saat Abby masih seumur dia juga… ih gemes deh hahaha.

    1. Hahaa iya yaa nanti bisa gigit2 crib hahaha. Waktu mau beli crib dibilang nya itu cat nya food grade *entah bener ato engga. Tdnya bingung kenapa harus food grade, tp ternyata emang perlu ya krn suka digigitin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s