baby · christmas

Axel : 5 month

Berat : 7.6 kg

Tinggi : 63cm

Kalau waktu bulan-bulan pertama Axel suka nangis-nangis ga jelas, sekarang Axel udah jadi happy baby murah senyun yang jarang rewel ga jelas. Yaa rewel-rewel masih sering sih tapi biasanya uda lebih ketebak kenapa rewelnya, biasanya si karena ngantuk. Kayanya umur segini baby lagi lucu-lucunya ya. Uda murah senyum dan bisa diajak main. Apalagi rewel berkurang, entah berkurang atau emang kitanya lebih ngerti dia ya. Jadi tambah sayang rasanya hehe.

Si bayi murah senyum

Kalau dulu karena saya ga suka anak kecil, kalau ada berita penyiksaan anak atau ada bayi yang dibuang atau berita sejenisnya, saya ya biasa aja. Tapi sejak ada Axel, saya ga tega banget kalau baca berita-berita semacam itu. apalagi waktu liat video seperti yang diceritain epoy, aduh saya sampe susah tidur kebayang-bayang. Dan gara-gara itu juga rasanya saya tambah sayaang sama Axel.Rasanya batas toleransi saya tambah panjang, karena saya jadi tambah sadar kalo bayi ga pernah minta dilahirin, dan kalo mereka rewel juga mereka belom ngerti. Kitanya yang harus lebih sabar dan ngertiin mereka. Semoga deh makin hari batas toleransi dan sabar saya makin dipanjangkan sama Tuhan. Memang ya punya anak bisa merubah hidup banget.

Baptis

Tanggal 6 November 2016 Axel dibaptis. Tentu aja baptisnya barengan sama Kirana & Ben, anak dari sahabat-sahabat saya yang seumuran sama Axel. Dari sehari sebelumnya saya uda berusaha banget bikin Axel tidur cukup supaya pas dibaptis seger dan mood nya bagus. Eh pas hari H axel bangun kepagian dan ga mau diajak bobo lagi. Alhasil ketika uda jam nya harus ke gereja dia uda ngantuk dan jadi cranky. Ga bisa tidur di gereja juga, jadilah nangis-nangis pas dibaptis hahaha. untung pas difoto masih ada yang mendingan, bukan muka mewek semua. Uda gitu di gereja kan banyak yang nyapa, dioper-oper gendongnya, dicolek-colek, plus ngantuk, plus mogok minum susu, jadilah tambah bete. Abis itu seharian deh mood nya jelek hiks.

Semoga Axel, Kirana, Ben jadi anak Tuhan yang taat dan setia, yang selalu diberkati dan memberkati orang lain.

“Orang benar tidak akan ditimpa bencana apapun” – Amsal 12 : 21a

Selamat dibaptis Axel
Babies with their expressions. Photo credit @ferochristi
Full team sama papa mamanya
Muka bete + ngantuk + laper. Photo credit @ferochristi

Facts, Milestone, Habit

Menginjak umur 5 bulan, Axel masih belum bisa tengkurep sendiri. Kalo ditengkurepin sih dia hepi-hepi aja, dan udah ga bete kaya dulu. Malah sekarang malah keliatan seneng kalo ditengkurepin. Tapi untuk ke posisi tengkurep itu yang belom bisa. Udah hampir bisa sebenernya, udah miring banget dan kakinya uda di posisi yang benar, cuma tinggal tangannya aja yang masih ketiban dan dia belum bisa figure it out gimana cara keluarin tangannya. Tapi kalo balik telentang dari posisi tengkurep dia uda bisa. Jadi kalo uda miring-miring, kalo ga saya tengkurepin biasanya dia balik lagi ke posisi telentang.

Tinggal dikit lagi tengkurep
Uda bisa angkat kepala tinggi

Murah senyum dan ketawa. Kalo ketemu orang baru, asal mood bagus, dia mau ketawa kalo diajak ngomong. Duh senangnya liat happy baby kaya gini. Tapi kalo uda bete, mukanya cembetut dan maunya digendong terus haha. Ini biasanya gejala ngantuk atau kecapean. Mood paling bagus tetap di pagi hari pas baru bangun tidur.

Hepi duduk di samping papa

Ini anak kayanya bawaannya iseng kaya papanya. Kalau lagi nyusu sama saya, kalo uda kenyang ato uda bosen, biasanya dia ngeliatin saya terus angkat kepala sambil nyengir-nyegir, terus nyusu lagi 3 detik, terus angkat kepala lagi sambil cengar cengir, dan diulang-ulang sampe bosen. Aduh masih bayi gini aja udah bisa ngajak becanda ya hihi.

Si bayi iseng

Sekarang selain udah lebih anteng, Axel uda ga ngamuk-ngamuk kalo digendong. Sekarang kalo digendong hampir selalu diem. Mau nangis-nangis kaya gimanapun kalo uda digendong ga lama pasti diem. Syukurlah ya, minimal jadi tau musti diapain kalo uda ngamuk hehe. Tapi begitu uda ngantuk, walau uda digendong juga ngamuk lama-lama. Udah gitu lucunya nangisnya uda ada intonasi keselnya. Bukan nangis-nangis biasa, tapi kaya ngoceh-ngoceh dan teriak kesel gitu. Uda mana suaranya gede ya, jadi heboh deh.
Axel dari kecil suka dengerin orang yang ngomong. Kalo ada orang ngobrol di deket dia pasti diliatin terus, kaya mau ikut dengerin gitu.

Suka kalo diangkat sampe atas kaya ‘terbang’, dan suka kalo diangkat berdiri sambil kakinya injek-injek kasur / kaki yang gendong. Axel aktif banget, ga betah kalo dipangku lama-lama, pasti merosot pengen ‘turun’. Tapi kalo dipangku pas duduk di meja makan biasanya dia hepi, terus mukanya excited ngeliatin yang ada di meja makan.

Makin heboh kalo main sama baby gym nya, dan sekarang baby gym nya pun uda ‘sekarat’ gara-gara sering dipanjat pake kaki sama ditendang-tendang sampe jatoh dari kasur mainannya. Alhasil patahlah itu tiangnya, dan sekarang udah dilakban haha. Beberapa mainannya juga uda rusak, jadilah sekarang baby gym ala-ala kumpulan dari mainan-mainan Axel. Yang ada anaknya malah lebih hepi karena lebih banyak mainan yang bisa diliat haha.

Baby gym di lakban

Axel uda bisa menggenggam, cukup kuat walau masih sering terlepas. Udah mulai bisa meraih mainan terus ditangkep. Uda bisa pegang teethernya terus dimasukin mulut. Tapi masukin mulutnya belom mantep si, kayanya sih karena bentuk teethernya jadi kaya ga mantep masuk mulutnya, makanya dia tetep lebih suka jarinya hehe. Masih pengen beliin teether baru buat Axel tapi masih galau beli yang mana.

Bingung mau makan jari atau teether

Tentang pola tidur
Kalau bulan lalu Axel uda lumayan sleep through the night atau cuma bangun sekali, ada masanya dia balik lagi bangun tiap 1-2 jam dan susah tidur. Kalau uda kaya gini bikin saya kaya zombie besoknya, apalagi kalo kerja. Kirain laper makanya sebelom tidur dikasih tambahan susu, eh yang ada malah muntah. Katanya dokter si gapapa emang kaya gitu. Jadi ya harus dijalanin aja sambil disyukuri. Kalo uda kaya zombie jadi ada alesan buat minum kopi kan hehe.
Kalo siang malah lebih teratur tidurnya. sekitar jam 10an gitu hampir selalu tidur, terus bobo lagi sekitar jam 2an. kalo saya kerja biasanya saya boboin dia dulu baru berangkat kerja.

Trus sekarang juga Axel sering saya biarinin nangis-nangis sampe bobo sendiri. Lebih cepet dan efektif daripada gendong-gendong. Ini biasa berhasil kalo nap pagi. Kalo uda ngantuk biasa dia nangis-nangis kecil (bukan yang ngamuk-ngamuk nangis kejer) terus ga lama ketiduran sendiri. Saya tinggal tungguin di sampingnya aja sampe dia ketiduran. Tapi ya cara ini ga selalu berhasil. Kalo lagi ga mau ya bisa 15 menitan ga tidur-tidur, kalo uda gini ya harus cari cara lain hehe. Biasanya setelah 15 menitan nangis ga bisa tidur pasti uda banjir keringet sampe basah tempat tidurnya hehe. Kasian makanya kalo dibiarinin terus.

Tidur malem udah lepas dari bedong sama sekali (horee). kalo tidur siang kadang masih perlu dibedong supaya bisa bobo, terutama kalo sama omanya.

Tentang Minum Susu

Dulu waktu awal-awal abis lahiran saya pernah cerita sama Vanya kalau saya ga bisa ngapa-ngapain karena kerjaannya nyusuin melulu. Dan si Vanya bilang kalo dont worry it will last ko, nanti umur 3-4 bulan dia uda ga sesering itu nyusunya. Pas dibilangin itu saya seperti liat ada titik terang haha. One day saya bisa do stuff lagi ga cuma nyusuin doank. And now the time has come.

Uda sekitar sebulan terakhir Axel nyusunya berkurang. Dalam segi frekuensi maupun kuantitasnya. Sebenernya harusnya kan frekuensi berkurang tapi jumlah bertambah. Tapi ini Axel malah sering banget gumoh banyak hampir kaya muntah. Padahal nyusuinnya uda 2 – 3 jam sekali dan jumlahnya pun jumlah biasa dia minum. Awalnya saya agak kuatir kenapa dia minumnya in total lebih sedikit dari biasanya, padahal harusnya kan makin gede kebutuhan bertambah. Tapi karena beratnya tetep naik yasudahlah, sekarang diliat-liat banget kalo mau kasih dia susu. Salah-salah malah gumoh banyak. Soalnya seringnya gumoh banyak tu pas lagi di mall. Sampe bececeran ke lantai dan baju saya (atau utin) basah semua, kan repot ya. Sejauh ini Axel udah pernah gumohin showroom starbuck, tag heuer, tissot LOL. 

Bantuin papa kerja sambil ngopi

Sekarang jadi deg-deg an kalo Axel abis minum susu, takut gumoh. Soalnya biasanya gumohnya bisa lama setelah dia minum susu. Moga-moga ga sering-sering gumoh lagi deh.
Car Seat

Akhirnya mobil saya kembali dari bengkel, yang artinya Axel uda bisa duduk di carseat barunya. Awalnya saya deg-degan juga, takut Axel ga betah trus ngamuk-ngamuk, sia-sialah beli car seat. Tapi untungnya Axel seneng-seneng aja duduk di carseat. Keliatan betah-betah aja, walo kalo saya liat duduknya kok kaya ga enak, karena kepalanya kaya ga bisa nyender jadi malah sering nunduk. Padahal itu uda di posisi carseat yang untuk 0-18kg loh, tapi mungkin karena joknya miring ke bawah jadinya posisinya agak tegak akhirnya. Oya saya pake Joie X-Steadi. Kalo ada ibu-ibu yang punya pengalaman yang sama dan ketemu solusinya boleh tolong diinfo-info ya. Thanks in advance.

Happy duduk di car seat

Pertama kali duduk di carseat, hari itu juga car seat nya sukses kena pup nya Axel. Gara-gara di jalan macet, dan Axel pas lagi pup banyak banget. Alhasil ga bisa langsung diganti dan udah keburu beleber kemana-mana, termasuk ke car seat nya. Untungnya kena ke padding tambahan yang bisa dicuci. Yah anggep aja ini supaya betah di car seatnya ya haha.

Duduk di carseat ga selamanya mulus, tentu aja setelah beberapa lama dia pasti bosen dan pengen keluar dari carseatnya. Untungnya masih bisa dibujukin sama mainan kerincingan atau dialihin perhatiannya. Kalau udah rewel biasa uda ngantuk sih, jadi dibiarinin aja ga lama juga tidur sendiri walau pake drama ngamuk-ngamuk dulu hehe. Yah moga-moga Axel betah terus di carseat nya ya. Jadi lebih aman dan ga sia-sia uda beli car seat hihi.

Kasian tidurnya ga bisa senderin kepala ke belakang jadinya jatoh ke samping

First book

Sebagai seoarang pecinta buku (yang uda jarang baca buku), saya pengen kenalin buku ke Axel dari kecil. Moga-moga gedenya juga jadi suka baca dan suka buku. Buku pertama Axel adalah Noisy Pets. Ini model sound book, belinya di @Bendikids. Pengennya sih beli banyakan, tapi berhubung namanya pengenalan, dan kalau anak bayi lebih baik dikenalin hal yang sama tapi berulang-ulang, jadinya untuk saat ini beli satu dulu deh. Nanti ke depannya bakal beli lagi, apalagi koleksi buku Bendikids banyakk banget dan menarik-menarik banget. Milihnya sampe bingung hehe.

Axel first book

Be happy and be healthy always, baby A!

Kata Utin disini Axel kaya foto model

Axel is getting ready for christmas
Advertisements

21 thoughts on “Axel : 5 month

    1. Kelakuan Axel yg doyan dengerin orang ngomong persis juga tuh ma L. Kalo sama temen2 sdniri ya udah lah ya.. Kalo pas ditempat umum gitu suka tengsin..haha.. Soale beneran di liatin satu2 orangnya..wkwkw

    2. Haha iya waktu lo bilang playgym nya L tewas gw bener2 baru kepikiran itu mainan bisa rusak tdnya mah ga kebayang mau dimainin ky gmn sampe bs rusak. Eh tnyt beneran axel punya jg rusak hahaa

  1. Cakep banget ini Axel. Selamat 5 bulan, ya. Kaleb masih kecil juga anteng banget di car seat, tapi nanti ada masanya dia anti ditaruh di car seat atau stroller, kalau nggak salah dari umur 10 bulan sampai 1 tahunan, deh. Tapi setelah itu, tiba-tiba aja dia mau lagi di duduk di car seat dan stroller. Sepertinya anak kecil emang ada masanya ya.

  2. axel makin kesini makin ganteng deh….

    umur segini tuh lagi enak-enaknya… belom makan, nyusu mulai jarang, tidur mulai teratur, bisa diajak becanda, belom bisa lari, duduk di carseat dan stroller masih betah, digendong siapa aja masih mau, dibawa jalan jauh juga enak… kalo uda gedean….makin ribet hahahaha…

    kalo jayden mah uda bukan dioper-oper ato dicolek-colek lagi, tapi diciumin sama tante2… ciumnya juga yang ampe gemes banget… waktu seumur axel, jayden juga pasrahan… dicium ya cuek bebek… malah ampe ada bekas lipstik nempel di pipi… gua mau ngelarang juga ga enak… nasib dah hahahaha…

  3. Axel makin gede makin ganteng yah ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    Itu kenapa tiap kali liat orang posting baby ada kertas tulisan anaknya udah berapa bulan, beli atau ngeprint sendiri yah? Kayanya jaman gw dulu nggak ada model begini

  4. makin gantenggg deh axel.. ๐Ÿ™‚

    setuju deee.. ini saatnya lu bawa axel tanpa rempong bebawaan slow cooker ato peralatan mpasi yang laen. hahahahaha. ๐Ÿ˜€

  5. Hai ci Dea, sebelumnya salam kenal yah (:

    Wah, baby Axel lucu banget! Itu yang soal iseng pas nyusu, kok sama persis kayak anakku, Josh. Sejak masuk 3 bulan, dia suka banget iseng kayak gitu. Tiba-tiba lagi nyusu bisa senyum-senyum terus ngoceh, abis itu lanjut nyusu lagi, eh senyum-senyum lagi. Kelakuan kayak gini juga persis papanya hahaha

    Soal duduk di car seat juga sama, nih, problemnya. Aku kira emang anaknya yang pengen bangun, jangan-jangan emang jok mobilnya yah. Cuma baca komennya Ci Le, boleh juga nih sarannya.

    Sehat-sehat terus, ya, Axel!

    1. Halo Jane. Salam kenal juga yah! Oh sama juga ya kelakuannya? Hahaha. Lucu ya masih bayi aja bisa iseng gitu..
      Iya yg soal car seat sarannya leony bener jg tuh bs dicoba.. tp aku belom smpt beli jd belom bs cobain hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s