indonesia

Miris

Nonton berita siang tentang pilpres AS, lagi wawancara orang Indo yang uda pindah warga negara dan punya hak pilih buat ikutan pilpres. 

Waktu ditanya pilih siapa dan apa alesannya, dijawablah pilih A karena dia sependapat dengan programnya yang ini dan itu, kalo B dia ga setuju program-programnya yang x,y,z. 

Diwawancara lagi orang ke-2, masih orang Indonesia juga (dulunya), dan dia bilang belum tau mau pilih siapa dan masih pelajari program masing-masing. 

Eh kok keren ya? Milih pemimpin dengan logis, berdasarkan track record dan pelajari betul program-programnya. Bukan karena dia seagama dengan saya, atau karena dia sesuku sama saya, atau karena dia sopan santun kalo ngomong. 

Iya emang sih level pendidikan sangat berpengaruh. Saya juga percaya kalo orang Indonesia disini juga banyak yang pilih pemimpin dengan alesan logis dan dengan pelajari betul track record dan program kerjanya.  

Tapi sayangnya yang lebih banyak diekspos di media adalah orang-orang yang pilih pemimpin negara kaya pilih pemimpin agama atau suku masing-masing, yang lebih baik dipimpin orang sesuku dan seagama daripada yang cinta negara dan mau kerja melayani masyarakat. Sayangnya lebih banyak diekspos orang yang mimilih dengan subjektifitas. Orang yang pake prinsip siapa saja asal bukan si A. 

Jadi miris. Sekaligus kesel.Tapi ga bisa berbuat apa-apa selain berdoa.

Semoga jumlah orang-orang indonesia yang bisa berpikir dengan logis dalam memilih pemimpin semakin banyak dan semoga Tuhan melindungi Indonesia dengan ke-bhinekatunggalika-an nya.

*efek deg2an menyambut demo 4 november.

4 thoughts on “Miris

  1. Di Amerika yang pemilih yang gak ngerti juga banyak sih De, kebetulan itu yang diwawancara lumayan ngerti, syukurlah, jadi keliatan pinter orang (ex) Indonya hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s