baby

Axel : 4 month

Per 29 October 2016

Weight : 6.7 kg

Height : 62 cm

Fact, Milestone & Habit

Axel uda bisa giggle walau cuma sebentar-sebentar. Dia juga uda mulai suka squealing. Gampang diajak ketawa, apalagi kalo mood nya lagi bagus. Kalo saya pulang kerja terus dia liat saya, yang tadinya cemberut juga bisa ketawa. Kalo liat papanya pas pulang kerja juga gitu. Kalau saya atau Utin baru masuk ruangan, denger suara kita pasti Axel nengok-nengok cariin kita. Ah senangnya.

Katanya kan sifat seseorang udah bisa keliatan dari bayi. Nah si Axel ini keliatannya anaknya suka mengamati, kalau ada orang yang ngobrol deket dia, pasti diperhatiin terus yang lagi ngomong. Trus kalo lagi liatin sesuatu bisa fokus banget. Apalagi template mukanya juga emang suka mengernyit. Moga-moga nanti Axel ga kebanyakan mikir sampe pusing sendiri kaya papa mamanya ya haha.

Axel uda bisa menyatukan kedua tangannya. Trus mau dimasukin mulut dua-duanya sekaligus.

Nyatuin kedua tangan terus hap masuk mulut

Suka banget sama mainan dari omanya. Tapi sekarang kalo ditinggal main sendirian suka nangis. Kalo ditemenin baru hepi lagi dan mau ketawa-ketawa lagi.

Udah mulai bisa genggam barang walo masih belom bener dan sering lepas. Pernah sekali dia tangkep mainannya trus dipegangin terus dan ga dilepas-lepas. Ga berani gerak saking takut kelepas lagi mainannya haha. *ini mah saya aja sotoy asumsi, mungkin aja dia ga mikir gitu LOL.

Nangkep mainan terus diem takut lepas lagi

Kalau lagi dikasih botol susu pasti pegang-pegang botol susunya, kaya pengen coba pegang sendiri. Uda bisa narik-narik tangan orang yang lagi pegang botol nya dia. Entah ditepis atau ditarik untuk masukin mulutnya.

Pegang botol susu sendiri

Suatu hari di umur 3 jalan 4, Axel tiba-tiba susah dikasih botol. Nolak-nolak terus, padahal (harusnya) dia lagi laper. Pas diganti botol susunya baru deh dia mau minum. Selama ini dia ga ada masalah dikasih botol macem-macem, mulai dari Pigeon, Dr Brown, Chicco, Mothercare, tapi sejak itu dia cuma mau botol nya pigeon wideneck. Kalo yang standard neck uda agak lama dia ga maunya.

Lalu beberapa hari yang lalu tiba-tiba dia mogok minum dari botol Pigeon lagi. Udah dicoba ganti size dot ke ukuran M tapi tetep ga mau. Botol susu ditepis dan kalo dikasih dot dia palingin mukanya. Akhirnya diganti ke Chicco baru mau. Aduh gimana ini ya? Pusing juga kalo hari ini mau besok ga mau. Emang anak bayi suka gitu ya? Ada saran bu ibu?

Axel diajak ke monas pertama kalinya. Karena masih pagi moood nya masih lumayan bagus. tapi itu aja masih dikit-dikit nangis pas duduk di stroller. jadi akhirnya setiap jalan berapa meter terus stop buat kasih susu botol. kalo uda bagus lagi mood nya baru jalan lagi. terus si Axel saking jarang diajak ke outdoor jadi kalo canopy stroller dibuka dia kesilauan. padahal mah lagi mendung ga ada matahari sama sekali. musti sering-sering dibawa ke outdoor nih biar ga norak haha.

Axel goes to monas

Axel diajak baby spa + berenang pertama kalinya dan gagal total. Cerita lengkapnya bisa diliat disini. Sampai sekarang saya masih mikir-mikir mau coba ajak berenang lagi ato beli kolam karet buat berenang dirumah (tapi lumayan juga ya harganya huks) atau nanti aja kalo uda gedean diajak berenang di kolam gede.

Selain suka emut-emut tangan, Axel juga suka banget emut-emut Boba (carrier) nya. Sampe basah banget itu Boba diemutin. Akhirnya saya beli droolpad, biar bisa dicuci. Tapi belom pernah dipake jadi belom bisa direview hehe.

Ngemut boba sampe bobo

Teething (?)

Gara-gara ngobrol sama Dina dan cerita kalo Kirana kayanya lagi teething, sayapun jadi google tentang teething. Tadinya saya kira mah teething itu masih nanti-nanti sekitar umur 4 bulan, tapi ternyata dari umur 2-3 bulan juga uda bisa ada tanda-tandanya ya. Nah sepertinya Axel juga udah mulai teething nih. Tandanya?

He is fussy at feeding. Emang sih kelakuan bayi suka berubah-ubah. Kadang anteng-anteng kalo nyusu, kadang suka marah-marah, kadang suka cuma main-main doank. Tapi kalo saya perhatiin, belakangan Axel lebih suka marah-marah kalo nyusu, bahkan pas PD penuh sekalipun. Biasanya dia mulai marah-marah kalau PD uda kosong, tapi belakangan PD penuh juga dia marah-marah. Dan waktu dikasih botol juga marah-marah. Biasanya kalo emang kesel karena PD kosong, pas dikasih botol dia uda ga marah-marah. Ini tetep aja marah-marah sampe saya bingung musti diapain. Kalo baca-baca sih ini salah satu tanda teething. Gatel pengen gigit-gigit, tapi kalo nyusu ato ngedot malah tambah sakit (katanya), jadinya marah-marah deh.

Lebih susah dikasih susu. Ini masih ada hubungannya sama yang di atas. Belakangan Axel suka susah dikasih susu. Kalo sebelom-sebelomnya dia hampir ga pernah nolak dikasih susu, baik itu disusuin langsung atau dikasih botol. Tapi sekarang kalo nangis trus disusuin ato dikasih botol dia suka ga mau, suka malingin mukanya ato nepis-nepis botol susunya.

Drooling,main ludah & emut-emut tangan. Axel uda mulai suka ngeces, tapi belom parah. Paling kalo ditengkurepin baru ngeces lebih banyak. Tapi kalo emut-emut tangan udah banget. Apalagi sekarang dia kan uda bisa menyatukan kedua tangannya ya, jadi sering pengen masukin 2-2 tangannya ke mulut sampe keselek sendiri haha.

Playing ‘bubble’

Nipple sakit (lagi). Nah ini salah satu tanda yang paling berasa. Saya heran kok belakangan nipple saya suka sakit lagi kalo abis nyusuin. Padahal sebelom-sebelomnya mah uda kebal. Trus gara-gara google soal teething jadi kepikiran ya mungkin karena dia jadi suka gigit-gigit jadi sakit lagi.

Nah gara-gara tanda-tanda di atas, saya curiga Axel lagi teething, walo saya belom bisa nemuin gigi di gusinya (ato saya yang ga ngeh ya). Jadilah saya beliin dia teether buat digigit-gigit. Karena beliinnya mendadak, jadi saya cuma sempet baca review sedikit tentang teether yang oke. Akhirnya saya beliin dr.brown yang giraffe yang buat 3 bulan ke atas. Saya beli itu karena tau merk nya oke, dan better teether keras daripada yang model ada air dalemnya. Tapi seinget saya teether harusnya empuk walau bukan diisi air, dan kemaren di Bebelove saya ga nemu yang kaya gitu, jadinya saya beliin si dr brown ini aja.

Dari beli juga saya ga yakin Axel mau sih, abis teksturnya kan keras, bukan kaya karet, dan dia belom bisa pegang sendiri. Tapi kata Utin ya coba aja dulu, Axel kan ga terlalu picky anaknya. Bener aja, setelah coba dikasih, awalnya sih dia ngemut-ngemut gitu (bukan digigit sih), tapi lama-lama ga mau, kalo dikasih dia malingin muka. Trus dia ga tertarik juga gitu, jadi saya stop dulu kasih teether ke dia deh. Hopefully nanti kalo dia uda mulai bisa megang sendiri dia mau teether ini.

Sekarang uda mulai cari review teether lain sih, minat yang sophie le girrafe yang terkenal mahal itu sama yang bentuk pisang nya ange. Yang sophie sih keliatannya rata-rata baby suka ya, tapi kok ya masih belom sreg sama harganya haha. Jadi paling nanti mau cobain banana nya ange dulu, moga-moga dia suka. Buat yang punya rekomen teether oke boleh ya di info.

Sleeping Habit

Axel masih susah tidur siang nya. Bisa ga tidur-tidur dari siang sampe malem. Paling cuma ketiduran bentar-bentar pas dikasih susu. Tapi untungnya tidur malemnya mulai teratur (moga-moga saya ga nge jinxed ya). Kalo malem tidur jam 10an trus bangun lagi jam 4-5an. Tapi ya tetep aja ada hari-hari dia bangun jam 2 an.

Tidur malem uda ga dibedong, tapi kalo siang kadang masih perlu bedong. Jadi suatu hari kita coba pas tidur malem nya ga dibedong dan ternyata dia lebih pules tidurnya sampe pagi. ini dengan catatan dia uda ngantuk banget ya. Kalo belom ngantuk banget dan belom pules mah pasti kebangun lagi.

Setelah kebangun jam 4-5 pagi setelah nyusu Axel susah tidur lagi. jadi biasanya jam segitu saya ajak tidur di ranjang saya, jadi nyusuin sampe dia ketiduran. biasanya cara ini lebih berhasil bikin dia tidur sampe sekitar jam 7an.

Carseat

Akhirnya beli carseat juga yang Joie Xteadi. ini sama kaya joie steadi sebelumnya, cuma beda motif aja. IMO si bagusan steadi soalnya polos, sedangkan xteadi ada tulisan joie joie nya jadi rame. tapi berhubung cuma merk ini yang worth the price jadi tetep beli deh.

Sayangnya carseat nya belom bisa dicoba karena mobil lagi masuk bengkel sebulan dan mobil pinjeman dari bokap ternyata ga ada seatbelt tengah donk. Dong dong bener deh ah. Moga-moga Axel suka deh car seat nya. Kemaren coba sebentar kok kaya berasa sempit ya si Joie ini. Tapi ga tau juga apa karena masangnya ga bener ato gimana. Tapi moga-moga dia betah deh.

Demam karena vaksin (lagi)

Jadi pas tgl 29 oktober itu Axel vaksin lagi, ngulang vaksin pentabio yang waktu itu bikin panas. Kalau sebelumnya kita ambil vaksin impor yang katanya ga bikin panas, kali ini kita cobain vaksin pemerintah gratisan. Ya abis lumayan banget harga vaksin impor nya, dan kemaren kan ujung-ujung nya tetep panas. Walau sebenernya ga tau juga kemaren itu panasnya karena PCV atau karena Pentabio nya. Eh btw saya ga tau namanya bener pentabio atau engga, pokoknya vaksin dtp sama hib deh. Karena ambil vaksin pemerintah, jadi bulan ini cuma boleh 1x vaksin aja. PCV sama Rotateg nya diundur ke bulan depan.

Pas tanggal 29 Oktober kemaren itu juga hari wedding nya best friend saya dari SMA, jadi sempet bingung juga mau gimana. Soalnya vaksin nya ga mungkin diundur, karena minggu depannya Axel baptis. Lebih riskan lagi. Tadinya mau ke dokter sore aja, supaya siangnya saya bisa dateng ke pemberkatan, eh dasar ga jodoh sama dokter itu, ternyata dia lagi cuti. Jadi balik lagi deh ke dokter langganan yang emang praktek pagi.

Jadi pagi banget kita ke dokter untuk vaksin, lalu udah dipesenin dokter untuk langsung kasih parasetamol begitu sampe rumah, kemudian titip Axel sama nyokap, lalu saya dan Utin pergi ke pemberkatan. Ternyata ga lama dari saya pergi, Axel udah mulai rewel dan badannya uda mulai anget. Padahal pas saya pergi masih ketawa-ketawa dan moodnya masih bagus. Pas saya pulang, mama saya cerita kalo Axel ga mau ditaro sama sekali, dan ga bisa tidur karena kaget-kaget melulu. Digendong juga kalo berubah posisi juga nangis, keliatan banget kalo badannya ga enak. Huhu kasian.

Kalau saya sempet bilang Axel rewel sebelumnya, itu ga ada apa-apanya sama rewel nya Axel pas lagi demam vaksin ini. Bener-bener rewel ga mau ditaro dan diapain juga serba salah. Ga mau nyusu dari botol maunya nyusu langsung sama saya, itupun ga selalu mau. Masalahnya kan ya ASI saya ga bisa keep up sama kebutuhan minumnya dia, dan apalagi pas demam ini kan perlu banyak minum. Haduh jadi senewen sendiri. Cuma bisa berdoa supaya Tuhan cukupkan ASInya minimal selama dia demam dan ga mau nyusu botol, supaya demamnya bisa cepet turun.

Emang beda ya vaksin impor sama pemerintah. Waktu pake vaksin impor itu Axel ga terlalu rewel, ga keliatan badannya ga enak, masih bisa tidur ditaro dan panasnya juga paling sampe 38 lebih dikit. Demamnya juga cepet, dari sore ke malem doank, siangnya malah sempet diajak belanja bulanan dulu haha. Pas tidur malem udah turun ke 36 lagi dan besoknya bisa ke gereja.

Kalo kali ini, selain dari siang uda mulai demam, panasnya juga sampe 39 derajat, naik turun terus sampe besok siangnya. Anaknya juga keliatan banget ga enak badannya, ga bisa tidur, gelisah terus.Kasian banget liatnya. Boro-boro ketawa, ga nangis aja uda bagus. Abis minum obat dan abis dimandiin air anget demamnya turun, tapi ga lama naik lagi. Untung Minggu siang demamnya uda mulai turun dan Minggu sore uda mau ketawa-tawa lagi. Thanks God banget deh, ngeliat Axel senyum lagi rasanya lega banget.

Akhirnya senyum lagi

Jadi selanjutnya mau vaksin impor aja ato pemerintah lagi? Hmm.. dilema yah. Abis lumayan banget vaksin impor harganya sejuta, bisa buat beli macem-macem. Vaksin pemerintah walau bikin panas kan ya ‘cuma’ 2 hari aja paling dan kita tau itu efek vaksin aja. Tapi kasian emang liat anaknya juga kaya kesakitan dan ga nyaman. We’ll see deh. Moga-moga dikasih wisdom buat milih yang terbaik.

******

Happy 4 months young baby Axel! We love you so much!

This is what handsome look like. Happy 4mo axel!

 

13 thoughts on “Axel : 4 month

  1. Aku malah baru tau bisa pake vaksin pemerintah. Itu di RS swasta kan? Soalnya dulu jaman Madeline selalu pake vaksin impor yang bikin meringis-ringis bayarnya, apalagi kalo udah combo sama PCV berat hati banget bayarnya. Tapi dulu Madeline nggak pernah demam samsek sih kalo vaksin, paling jadi lemes aja.

    1. Iya RS Swasta, ditanya sama dokternya mau yg mana. Ohya dulu Madeline ga ada opsi pemerintah? Iya emang pas combo sama pcv meringis banget bayarnya haha. Tapi untung ya madeline ga pernah demam..worth the price lah paling ga hehe

  2. Axel ekspresif banget ya muka nya hihi lucuuuk! Marco waktu seumur axel diajak berenang juga sama de, nangis jerit2 bahkan ga mau berenti sama sekali loh dari tempat spa sampe apartemen hahaha sampe panik deh. Sepertinya sih dia ga nyaman sama neck ring yg di leher gitu. Soalnya pas 5 bulan gue cemplungin ke kolam gede pake ban pinggang yg buat baby dia malah happy ngapung sendiri kelilingin kolam😀

  3. Axel makin lucu banget ya. Gemes! Kaleb pas 4 bulan udah langsung berenang di kolam umum. Jadi karena maminya ikutan berenang, Kaleb jadi ga takut dan malah lebih happy. Tapi awalnya nggak lama-lama juga, baru habis itu makin lama durasinya.

    Ooo, ada vaksin pemerintah ya? Aku baru tau. Aku selama ini nggak nanya vaksinnya dari mana.

    Sehat terus Axel!

      1. Kaleb pas 4 bulan dicemplungin sambil digendong. Cuma bentar doang 15 menit. Baru pas udah terbiasa pake ban, tp bukan yg neck ring biar dia lebih bebas.

  4. De, teether gak usah yang mahal2 banget. Si Abby cuma pake Nuby yang ring gede, itu juga dibeliin orang hahahaha. Yang penting rasanya sih perawatan giginya yah, soalnya gue liat banyak anak-anak kecil yang giginya pada bolong krn kurang dirawat. Jadi mulai dari bayi harus biasain dibersihin, plus disikat2, tar kalo anaknya udah bisa sikat gigi sendiri harus ditemenin pagi dan malem.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s