baby

Axel : Third month

Per 24 September 2016 (2 bulan 3 minggu)

Berat : 5,4 kg

Tinggi : 57cm

Masuk bulan ke-3 Axel emang makin chubby dan berisi, tapi kalo kata dokter anak, menurut WHO chart dia masih termasuk bayi mungil. Karena seharusnya di umur dia beratnya udah 6kg dengan tinggi 60cm. Masih lumayan jauh, tapi gapapa deh yang penting Axel nya sehat dan aktif. Tapi saking aktifnya kadang saya sama utin wondering juga apa berat dia segitu-gitu aja karena si Axel ga bisa diem anaknya, gerak melulu.

Botak

Axel akhirnya dibotakin! Bye-bye rambut gondrong, sekarang Axel uda botak. Moga-moga abis ini rambutnya jadi tebel dan banyak ya. Berhubung mama papanya ga berani botakin sendiri, jadinya Axel dibawa ke salon. Tadinya mau ke Kiddy Cuts, tapi dapet info kalo di Kaizen juga bisa dengan harga setengahnya. Jadilah kita ke Kaizen aja hihi.

Waktu dibotakin Axel nya lagi bangun. Ga rewel sih, tapi karena bangun jadi dia gerak-gerak terus, padahal uda disogok pake botol susu. Ngeri-ngeri sedep liatnya, takut kena kulit kepalanya. Apalagi yang di bagian tengkuk, agak susah karena dia gerak-gerak terus dan uda mulai rewel. Thanks God ga kenapa-kenapa dan Axel udah berhasil dibotakin. Yeay!

20160917_162743_resized
Foto pertama si botak

Demam pertama

Jadi di umur 2 bulan jalan 3 ini si Axel pertama kalinya demam, dan untungnya demamnya bukan gara-gara sakit tapi karena efek vaksin. Duh saya lupa banget vaksin apaan yang bikin demam, karena terakhir itu dia sekalian 3x vaksin di hari yang sama. Dokternya emang udah bilang, kalo vaksin kali ini bisa bikin demam. Vaksin nya bisa milih, ada yang resiko demam lebih tinggi sama resiko demam lebih rendah dengan harga lebih mahal. Karena pikir bisa reimburse kantor ya kita milih yang resiko demam lebih rendah donk ya, eh tapi tetep aja tuh demam sampe 38. Jadi paginya vaksin, sorenya langsung demam. setelah 2x minum obat dari dokter, demamnya turun dalam beberapa jam, pas tidur malem juga uda turun, dan besoknya uda bisa ke gereja lagi. Pas demam Axel agak rewel, maunya digendong terus, tapi ya karena emang pengen cepet turun jadi saya kasih dia susu terus-terusan. Sempet cobain juga treatment skin to skin, yang ditelanjangin terus dipeluk dengan telanjang dada juga, kemudian diselimutin, kemaren itu lumayan bikin dia jadi keringetan terus demam turun sih.

Playdate

So far Axel uda beberapa kali playdate sama bayi seumurannya. Keliatannya sih dia seneng kalo lagi playdate, mood nya bisa bagus dalam waktu yang lebih lama dibanding kalo dirumah. Trus bisa ga mau tidur-tidur sampe uda ngantuk banget baru tidur. Kalau ditidurin di samping bayi lain si Axel juga kaya ngerti kalo ada temennya, jadi dia suka liatin temen di sampingnya sambil iseng senggol-senggol kaya mau ngajak main haha.

20160924_104605_resized
Neng, cakep amat sih. Main yuk!

First toy

Di ulang bulan ke-3, Axel dikasih hadiah sama omanya mainan yang digantung. Ini mainan pertama Axel loh, makanya Axel seneng banget. Abis mama papanya ga kepikiran beli mainan buat dia sih haha. Kirain kan masih kecil banget ga perlu mainan gitu. Sejak ada mainan ini, Axel lebih bisa ditinggal di kasur buat main-main sendiri sementara saya ngelakuin hal-hal lain. Sebelumnya juga bisa sebenernya walau tanpa mainan, tapi dengan ada mainan, waktu antengnya jadi lebih panjang, jadi saya lebih sempet ngelakuin hal-hal lain sekarang, walau belum banyak juga.

20160928_150423_resized
Mainan pertama Axel hadiah dari Oma

Axel mulai suka sama cermin. Kalau dulu dia masih cuek-cuek aja kalo dideketin ke cermin, sekarang dia uda bisa fokus liat ke cermin terus ketawa-ketawa sendiri. Atau liatin pantulan saya di cermin. Mungkin bingung ya kok mamanya ada 2 hehe. Trus dia juga paling suka mainan yang ada cermin nya kalau ditaro di bouncer nya. Bisa anteng duduk di bouncer lama kalo sambil liatin itu.

20160922_163450
Demen banget ngeliatin pantulan diri sendiri

Facts, Habit & Milestone

Bulan ini Axel udah lebih bawel, udah lebih bisa berespon dengan suara-suara lucu kalo diajak ngobrol, makin gemesh jadinya. Udah lebih gampang juga diajak ketawa, walo belom bisa keluar suara ketawanya. Eh udah mulai bisa sih ketawa bersuara tapi masih bentar-bentar banget dan belom sering. Cuma bisa begitu kalo dicium-cium pipinya terus-terusan trus dia kegelian hehe.

Axel ini happy baby kalo pagi. Biasanya dia udah bangun jam 5 trus abis nyusu biasanya ga mau bobo lagi. Moodnya paling bagus jam segini, bisa anteng lama sambil nemenin papa mamanya sarapan, sama bisa ketawa-ketawa terus kalo diajak ngobrol, ato bahkan ngajakin kita ketawa kalo kita lagi ga ngajak dia ketawa.

Kalo ditengkurepin, dia uda kuat angkat kepala cukup tinggi dan dalam waktu lumayan lama. Belum bisa tengkurep sendiri, tapi kalo ditaro di kasur uda bisa muter kemana-mana. Uda bisa miring-miring juga.

20160926_100101_resized
Helooo

Axel ini lucu, ada saat-saat tertentu kalo dia nangis terus digendong malah nangis lebih kejer dan bernotak , trus kalo ditaro lagi malah lebih reda nangisnya. Jadi kalo lagi kaya gitu biasanya emang ditaro aja sampe dia kecapean terus ketiduran ato sampe dia tenang terus dikasih susu.

Jadwal nya udah lebih teratur, bangun jam 4-5an, trus bobo-bobo ayam jam 8an, trus abis mandi biasa bobo lagi sekitar jam 10-11an. Disini biasa dia bobo paling lama dan paling pules, bisa 3 jam kalo ga dibangunin. Bangun lagi jam 1-2 siang, main-main sore, abis itu sukur-sukur kalo mau tidur sore, tapi seringnya mah ga mau bobo lagi sampe malem. Ga bobo itu maksudnya ketiduran pas disusuin tapi pas ditaro bangun lagi, ato baru bobo sebentar uda kebangun lagi. Nah kalo uda mulai sore jam 5 jam 6an dia uda mulai cranky, nangis-nangis ga jelas. Disusuin marah-marah dan dilepas-lepas, dikasih susu botol juga marah-marah, digendong juga marah-marah, ditaro juga marah-marah. Menguji kesabaran banget kalo udah kaya gini. Dan biasanya ini berlangsung sampe dia berhasil bobo malem, which is jam 9an, ato bisa juga jam 10.30an. Fiuh.

Sleeping Habit

Pola tidurnya masih berubah-ubah. Ada masa-masanya dia cuma bisa tidur kalo digendong-gendong, trus berubah lagi baru bisa tidur kalo disusuin sama mamanya, ato dikasih botol susu sampe ketiduran. So far paling gampang boboin dia emang dengan disusuin sampe ketiduran. Tapi sempet juga dia bisa bobo sendiri loh (haleluya!). Jadi setelah kenyang dan uda ngantuk, dibedong trus ditaro aja di ranjangnya, trus dia bisa diem-diem aja trus tidur sendiri. Sayangnya sejauh ini baru berhasil selama 2 hari haha. Moga-moga nanti-nantinya makin pinter tidurnya.

Axel juga uda berhasil sleeping through the night selama 2x. Yang pertama ga saya itung karena dia kecapean aja kayanya. Jadi abis jalan-jalan seharian, trus dia bobo sekitar jam 10an trus ga bangun-bangun sepanjang malem, malah saya yang bangunin dia sekitar jam 5.30 pagi. Trus yang kedua kali, ini yang dia tidur sendiri sekitar jam 10an trus baru bangun lagi jam 5pagi. Horee! Sayangnya sleeping through the night ini cuma berhasil dalam 2x itu aja, setelahnya tidurnya masih suka kebangun tiap 2-3 jam kalo lagi rewel, ato kebangun 1-2x kalo lagi normal.

20160928_075246_resized

Trus belakangan Axel cranky banget kalo ngantuk. Kalo udah gini serba salah deh. Mau diapain juga tetep aja nangis, sampe akhirnya dia ketiduran sendiri. Tapi untungnya juga makin kesini dia uda lebih bisa tidur di bawah jam 10. Jadi at least saya bisa tidur 3-4 jam sampe dia kebangun lagi.

Tidurnya juga masih dibedong, walo sekarang uda mulai bisa ga pake bedong kalo uda pules banget. Kalo lagi di mal juga kalo uda tidur pules digendong trus ditaro di stroller dia bisa lanjut tidur pules. Tapi ya emang kalo belom pules pasti langsung kebangun sih. Moga-moga makin gede makin ga perlu bedong ya. Si Axel nya si juga uda ga terlalu suka dibedong, tapi dia masih sering kebangun kalo tangannya gerak, jadi kalo ga dibedong pasti lebih gampang kebangun. Nah bingung kan?

20160926_172730_resized
Ini ceritanya saya taro langsung tidur sendiri tanpa bedong

Mama back to work

Dan masuk usia 3 bulan berarti juga masa cuti saya udah abis dan saya harus kembali kerja. Rasanya campur aduk sih. Di satu sisi seneng juga karena bisa kembali ke rutinitas normal, tapi di sisi lain cape nya jadi dobel. Udah cape kerja, pulang ga bisa istirahat juga karena harus lanjut ngurus Axel. Mana jam pulang kerja itu jam-jamnya Axel rewel ngantuk lagi. Sementara saya kerja, Axel sama omanya. Tapi kalau omanya lagi ada urusan ya saya yang ijin ga kerja untuk ngurus Axel. Gimanapun juga family comes first.

Gimana rasanya ninggalin Axel? To be honest biasa aja sih. Karena ini bukan kali pertama saya ninggalin Axel, sebelum-sebelumnya Axel juga uda pernah dititip ke omanya sementara saya pergi sama Utin. Kangen sih pasti, tapi saya lebih worry Axel rewel dan ngerepotin omanya. Tapi untung omanya jauh lebih sabar daripada mamanya hahaha.

Every baby is different

This is a reminder to myself. Kalau banyak ngobrol sama ibu-ibu lain atau baca-baca forum, kecenderungan untuk banding-bandingin anak akan sangat besar. Cant help. Makanya saya harus ingetin diri sendiri berkali-kali kalo tiap anak progress nya beda, sifat beda, treatment beda, dan masing-masing ada positif negatifnya. Mungkin ada yang easy baby, ada juga yang difficult baby. Maybe Axel is not an easy baby, but i choose to believe that he is not a difficult baby either. He is just a baby with his own unique personality, and it is my job to learn to understand his sign and needs. Agak susah buat saya yang kurang peka, tapi ya memang harus belajar.

Happy 3 month baby A! We love you so much!

20161001_171510
Happy baby

16 thoughts on “Axel : Third month

  1. Axelll.. makin lama makin ganteng deh kamuuu..

    Bener de.. tiap anak berbeda dan unik.. emang bawaannya pasti kepengen banding2in.. tapi percaya aja.. anak kita itu terbaik menurut kita. Hehehe.. oh iya. Clay jg dibedong terus loh sampe 5 bulan. Mirip kek axel. Kalo gak dibedong gampang bangun. Sama garukin muka. Tapi percaya juga.. akan ada waktunya bisa tidur tanpa dibedong. Hehehe.. semangat mommy axel!!

    1. Thanks yah pi! Si clay waktu itu bisa sendiri aja tiba2 tanpa bedong? Gw tau si ntr jg dia bs sndiri lama2 tp sk lucu ya liat bayi uda gede msh dibedong hehe.
      Iya betul, bayi kita itu yg terbaik yg dikasih Tuhan ke kita yah.

      1. Iya de. Tiba2 aja dia ngamuk kalo dibedong. Dan tiba2 tidurnya tengkurep, pules. Hehehe.. iya lucu. Kek lagi di isengin padahal mah emang demennya dibedong.

  2. Coba pake bantal kaget d.. biar anaknya ga kagetan pas bobo jd ga bangun2 terus.. jd itu bantal kecil tp ‘berat’, ditaro di dada.. jd anaknya ga kaget.. di mothercare jual.. tp agak mahal..

    1. Oh ada ya? Gw baru tau ada yg namanya bantal kaget itu hehe. Skrg jg suka ditaro bantal sih di atas tangannya, tp krn enteng ya jd geser2 ato malah nutup mukanya haha. Thanks infonya sofie

      1. Iyaa.. gua jg br tau pas joel da gdan.. hahaha dulu gua jg taro kaen bedong ato bantal kecil gt.. eh tau nya ga lama dia nangis.. udh pindah ke muka kaen nya.. hehehe puji Tuhan ga knapa2.. 😅

  3. beratnya sama kayak jayden waktu 3 bulan de… 5,5kg tapi dokternya ga pernah komen apa2 sih, katanya masih dalam batas normal… cuma tingginya kan 63cm, jadi bikin dia keliatan lebih mungil dari bayi2 seumurannya… yang kayak gini yang kadang bikin gua ngiri kalo ngeliat bayi2 montok, dan sometimes berlangsung ampe sekarang hahahaha… tapi ya balik lagi, setiap anak kan beda2 ya…

    1. Wah jayden tinggi banget 3 bulan uda 63cm. Tp bener si ya kalo tinggi malah keliatan mungil. Lo pake dokter siapa mel?
      Hehe iya bener.. tiap anak beda2.. walo kadang pengen anaknya chubby2 biar tmbh lucu ya hihi

  4. Baby gym nya L yg sama kayak punya Axel baru kemarin tiwas..wkwkw.. Abis mainnya si L hardcore.. Gelantungan coba yang dibagian penyanggah kaki. Alhasil patah, baru minggu kemarin..wkwkw.. Lucu liat yang playdate😀 Masih kecil2 dah bergaul aja😄

    1. Ya ampun si L gahar amat kecil2 hahahaha. Gw baru kepikiran itu mainan bisa tewas.. bnr jg sih bayi2 kan suka gemesan ya hahaha.
      Iya dari kecil diajarin bergaul py biar jd sosial anaknya hihi

  5. Baby emang unik kok. Namanya juga manusia, kalo seragam namanya robot hehehe
    Grace dibedong sampe 3 bln juga kok. Tp Theo malah ga betah dibedong dari sebulan. Kalo mau pules tinggal di tengkurepin aja boboknya🙂

  6. Lucu nih…di awal2 mukanya Axel banyak mikir, mulai ke bawah, mukanya mulai lebih relax hihihi. Abby juga kecil loh De dulu. Giliran berat badannya montok banget, tingginya gak begitu tinggi hahaha. Tapi begitu gedean, lah melar mah melar ajeeee…. Kayaknya pas kecil banget gak bisa jadi patokan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s