baby shopping · pregnancy · Uncategorized

Newborn shopping list

Ini nih kerjaan saya beberapa bulan terakhir, nyusun list barang-barang baby yang harus dibeli berdasarkan list dari si Dina sama temen kantornya Utin, plus browsing sana sini. Tapi rasa-rasanya nyiapin barang-barang baby ini jauh lebih ribet dibanding pas nyiapin kawinan dulu. Kenapa? Setelah dipikir-pikir mungkin karena soal mengasuh baby ini bisa banyak banget alternatif dan idealisme nya, dan rasanya masing-masing orang akan punya style masing-masing dan ‘kepercayaan’ masing-masing. Emang sih waktu siapin kawinan juga setiap orang beda-beda, tapi mungkin untuk persiapan pernikahan masih bisa dibagi dalam beberapa grup besar, masih bisa dicari yang mirip-mirip selera (dan budget nya). Tapi kalo soal persiapan mengasuh baby, antara nyokap sendiri sama mertua bisa aja beda pendapat hahaha.

Buat saya pribadi, yang pengalamannya nol besar soal ngurus baby, saya sama sekali no idea apa yang bakal saya hadapin. Sedangkan persiapan barang-barang ini akan sangat bergantung sama idealisme si calon ibu. Misalnya, mau ASI ato ga? ASI nya mau eksklusif ato engga? Mau se idealis apa sampe ga mau kasih botol, ato masih toleran dengan botol? Popok kain, diapers, atau clodi? Box bayi kayu atau jaring? Tidur sendiri atau gabung sama mami papinya? etc etc etc. Terus apa hubungannya antara idealisme-idealisme tadi sama barang-barang yang dibeli? Misalnya ni (siapa tau ada yang no clue kaya saya), kalau mau pake popok kain berarti stok baju +alas ompol harus lebih banyak, beda sama kalo mau full diapers. Kalo mau idealis ga pake botol susu, berarti harus sedia cup feeder,tapi kalo mau pake botol berarti harus siapin botol susunya dengan aneka bentuk dot nya. Lalu kalo mau baby nya tidur bareng ortunya berarti musti sedia sprei waterproof, dst. Beneran deh saya ga nyangka siapin barang-barang baby bakal seribet ini. Atau ya mungkin saya aja yang sangat ga punya pengalaman atau emang sayanya aja yang rempong.

Jadi, list ini tercipta dari hasil survey kiri kanan, nanya-nanya orang-orang yang kira-kira sepaham sama saya, dan hasil pertimbangan-pertimbangan pribadi. Ini list untuk barang-barang si baby yang kira-kira akan saya perlukan dengan pertimbangan:

  1. ASIX as long as possible. Tapi saya ga anti pake botol susu. Jadi sedia aja untuk jaga-jaga.
  2. Karena first time mom, saya belum memutuskan mana sistem popok yang akan saya pake. Jadi saya prepare untuk semua opsi, kecuali popok kain tali tradisional. Rencananya saya akan pake prefold untuk minggu-minggu pertama, kalo ga sanggup pake diapers terutama kalo malem, dan selanjutnya diharapkan bisa sukses ber-clodi.
  3. Saya ga mau tidur gabung dengan si baby. Selain karena bahaya, saya pengen ajarin dia untuk tidur sendiri dari kecil. (Hopefully I can survive with this idealism haha. Karena pasti akan berat untuk bangun tiap malam). Jadi saya akan pakai box kayu, karena hasil survey saya lebih long lasting dan lebih ergonomis dibanding box jaring.
  4. Walaupun pake box kayu, tapi saya ga merasa perlu pake bumper, karena ada studi yang bilang kalo pake bumper malah bahaya karena si baby bisa keguling terus ga bisa napas, dan selain itu, biar baby nya bisa ‘belajar’ sendiri supaya ga kepentok hehehe. Yah kalo pada akhirnya perlu, itu cuma add on yang bisa ditambahin kapan aja.
  5. Untuk toiletries saya akan coba product lokal standard dulu, dengan harapan kulit si baby ga sensitif, jadi ga perlu pake merk-merk premium yang (katanya) lebih natural.

Ini dia list perlengkapan baby newborn versi saya. Jangan kaget ya, ada 113 items untuk si baby+ 15 items buat saya hahaha. Tapi ini sekalian daftar belanjaan, jadinya ada beberapa items yang sama, cuma karena beda harga jadi saya bedain kolomnya.

Baby shopping list final

Semoga berguna ya! Ohya, kebanyakan barang-barang nya saya beli di Fany Baby Shop ITC Kuningan Lt.4 . Udah cek-cek sih harganya relatif lebih murah dibanding toko baby sejenis. Kurang lebih lah ya.. Saran aja, kalo mau kesana mending pagi pas tokonya buka, atau sore sekalian pas orang uda pada pulang. Soalnya kalo uda siangan tokonya ramee dan parkiran nya gila hahaha. Saya kesana 2x pas wiken, uda dateng sebelum jam 11. Pas parkirnya sih ga masalah, pas mau pulang nya itu yang challenging bener, mobil parkir paralel dimana-mana haha. Oya, kalau mau parkir deket tokonya, parkir di lt.5 yang deket eskalator tengah (ga jauh dari lift). Itu Fany Baby Shop pas banget turun eskalator tengah itu.

Good luck!

 

 

 

 

22 thoughts on “Newborn shopping list

  1. Happy shopping Dea…

    Kalo boleh cerita dikit, waktu anak kedua lahir gua idealis…mau pake popok tali. Kasian soalnya baru lahir masih sensitif, kasian juga bapaknya kalo boros di diapers. Karena kan newborn babies pupnya sering banget dan dikit2.
    Dan berhasil 2 minggu saja. Hahahahahahaha.
    Fegel maaak.
    Sempet pakein prefolds tapi gua ga jago pakeinnyaa..malah ribet.

    Sedikit tertolong sama diaper liner merk pigeon. Jadi klo pas pup nya dikit doank dan ketahan ama diaper linernya, ga ampe kena popok, gua tinggal buang diaper linernya dan ga usah ganti popok. Kalo sampe kena popok pun paling kuning2 nya doank. Ampas2nya semua ketampung ama diaper liner. Jadi nyucinya lebih gampang.

    Ga tau sih klo pake prefolds bisa ga ya pake diaper liner. Tp menurut gua itu cukup membantu..

    1. Wah, lebih idealis di anak ke2 ya na? Biasa org idealis anak pertama hehe. Ohh iya2 gw jg smpt baca soal diaper liner tu.. lo jadi pake diaper liner sama popok kain? Prefold si ktnya jg dianjurin pake liner dulu. Gw jg uda beli si buat jaga2 haha. Thanks banget infonya ya na.

  2. Prefold buatku agak mahal ya (eh emg mahal deng, hehe). Jd sejak kluar RS, anakku kukasih pake Alas Ompol (AO) merk Baby Oz yg dilipet biasa aja, kasih liner diatasnya, lalu taroh di clodi buat newborn: aku pake Cluebebe Coveria Petit, beli covernya aja, krn insert pake AO tsb diatas. Cover punya 10, AO + liner punya min. 1 lusin. And you’re all good🙂 Ganti bisa 2-3 jam sekali.

      1. Hihi AO BabyOz-ku skrg udah pensiun. Aku pake insert litty-nya Pempem untuk dipadukan dgn Cluebebe Coveria Petit. No particular reason sih benernya. Daya serap sama bagusnya kok klo untuk usia dibawah 3 bulan. Tp AO mah banyak ya kegunaannya. Aku masih pake buat alas klo ganti popok di rumah & pas bepergian. Jd perlak, atasnya dikasi AO.

  3. Oiya untuk botol, cobain pake Pigeon Peristaltic Plus deh. Lebih murah dibanding produk sejenis macam Philips Avent atau Tommee Tippee Close to Nature.

      1. Hmmm sebenarnya kan yg ngaruh ke bayi itu, jenis nipple nya ya. Klo neck nya sih terserah. Cm klo ukuran neck, mungkin mo disesuaikan dgn jenis breastpump (BP) yg dimiliki. Klo Medela breastpump dan nipple calma-nya, kompatibel dgn botol standard neck pada umumnya. It means, km bisa mompa atau memakai nipple calma pake botolnya HUKI atau Pigeon yg standard neck. Klo botol wide neck kayak TomTip, Avant atau Pigeon Peristaltic Plus, itu kompatibel dgn breastpump merk apa ya? Philips lah ya yg jelas. Maaf panjang, hehehe

  4. Thanksss listnya De! walopun gw anak kedua tapi tetep aja lupa harus beli apa lagi :p
    baca list lo jadi “ooo iya ya, ooo iya harus beli nih” hehee.. good luck persiapannyaaa😀

  5. yang no 3, tadinya gua pun berpikir demikian… tapi demi kewarasaan serta menjaga emosi, akhirnya gua co-sleeping…

    yang penting siapin mental de… dulu gua terlalu “sibuk” nyiapin ini itu ampe lupa kalo mental setelah lahiran itu penting banget… akhirnya baby blues deh hehehehe….

    lancar2 ya ampe lahiran…

    1. Hahaha makanya mel.. ini kan masih idealis haha. We’ll see actualnya gimana.. wish me luck yah! Btw persiapan mental tu gmn ya? Kynya gw cm bs doa yg banyak hahaha

  6. Deaaa, asli lo rajin banget sampe detail banget gini listnya.
    Gw si pemalas ini, datang ke chubby baby shop mangdu, minta list, trus duduk manis sambil konsultasi sama mertua mau apa berapa banyak.

    btw, masalah beli barang bayi ini emang memusingkan banget ya. bener kata lo, mau asix apa engga. mau breastfeeding langsung atau via botol, sampe pilihan mau pake popok apa aja banyak bener.

    gw juga yang mau mencoba membiasakan anak tidur sendiri.
    so far gw planning untuk taro baby box kayu di kamar gw dan Marcel. Kalau dia uda gedean (6mo or more) mau gw pindahin ke kamarnya sendiri. Dari cerita orang yang gw baca sih jelas kaga gampang (dan melelahkan), tapi begitu berhasil sepadan banget! Anak bisa dapat tidur yang cukup, kita orang tua juga jadi bisa punya quality time sama pasangan atau me time.

    Semoga kita kuat de! hahaha..

    1. Aminnn hahaha. Semoga kita kuat dengan idealisme kita yah hahaha. Btw gw bukan nya niat abis sih, cm emang pd dasarnya gitu aja haha. Saking tlalu detail di awal skrg rasanya gw uda lelah utk mikirin merk stroller, car seat dll yg perlu dibeli haha

  7. Halo.. gua pembaca baru ni.. a mom of one.. mo sharing one of my biggest regret aja.. siapa tau berguna.. hehehe

    Dlu pas joel (now 26mth) br lahir, gua idealis bgt.. ga bole pake botol! Karena takut bingung puting. Sampe aie yg bantu jaga selama masa nifas itu gua suru pake sendok suapin asi nya kalo malem2. After that one month, setelah si aie pergi, jeng jeng.. ga sanggup nyendokin nya.. dan joel udh ga mao lagi pake botol.. kenapa nyesel? Karena akhirnya kemana2 ga bs tenang.. misalkan nitip, mesti buru2 pulang karena kalo ga ada nen nya, dia ga bs tidur.. yg paling mematikan si pas nyapih.. which is still on going ampe skrg.. Hahaha

    Anyway, congrats ya!🙂

Leave a Reply

