pregnancy · Uncategorized

The Pregnancy Story

Hello!

Tadinya postingan tentang maternity pengen diawali dengan (professional) maternity photos, tapi berhubung sampe sekarang belum jelas mau foto ato engga, jadi marilah langsung to the point ke ceritanya aja.

Yes, by God’s grace now I’m 33 weeks pregnant. And also by His grace, my pregnancy is considered smooth so far. Ga ada morning sickness yang parah (cuma di 3 bulan pertama, hanya mual dan ga sampe mengganggu aktivitas), ga ada sakit-sakit yang mengharuskan bedrest berhari-hari, ga ada jerawat aneh-aneh dan kulit kusam, yang ada malah rambut lebih ga rontok, muka lebih mulus, kuku lebih kuat dan ga pecah-pecah. Kenaikan berat badan pun masih relatif normal, besar di perut tapi bentuk badan tetap wajar (semoga sampe lahiran tetap normal), bengkak cuma di kaki dan itupun masih wajar, dan terlebih lagi si baby sehat-sehat dan ga ada yang aneh-aneh. You can say that I’m lucky, but I’ll say that I’m blessed.

You know that we had a not happy ending story  on my previous pregnancy, that’s why this time both of us feel more cautious, happy but still afraid, worry yet still have a faith in Him that this time He will make everything beautiful.

Kalau saja kehamilan sebelumnya lancar, si baby harusnya lahir pada Januari kemaren, di saat Utin baru start untuk thesis dan bakal sering ke Bandung untuk ngurus thesis nya yang berupa business coaching salah 1 coffee shop di Bandung. Would be a tough time for both of us. Kalau kemaren, kita jalanninya lebih santai, saya malah hepi karena jadi ada alesan buat liburan singkat ke Bandung hehe. Utin, tentu aja cukup overwhelmed dengan kerjaan yang juga lagi banyak dan thesis, tapi yah at least itu jauh lebih baik karena belum ada baby. We could finally see that He does have plan for our life, and it’s the best.

Dan untuk kehamilan kali ini, lagi-lagi kami bersyukur untuk timing yang rasa-rasanya pas banget. Due date kehamilan kali ini adalah di mid Juli, dan karena plan mau operasi jadi maju ke awal Juli, yang bertepatan dengan selesainya sidang thesis Utin. See, how perfect His timing is. Pas S2 selesai, pas baby lahir. Pas dapet THR juga hahaha.

Walau saya pernah bertekad buat mengabadikan setiap momen penting dalam hidup dalam bentuk tulisan (blog), tapi kali ini saya ga nulis apa-apa dari awal kehamilan. Jadi sekarang saya nulis in general aja ya untuk merangkum 8 bulan kehamilan ini.

  • Sebelum test pack, saya somehow uda punya feeling kalau bakal hamil. Ga bisa dijelaskan, hanya random feeling aja. Tapi karena parno, jadinya kali ini sengaja nunggu lamaan baru berani test pack. Dan ketika liat si 2 garis juga ga se euphoria sebelumnya, yang ada malah rasa cemas. Do we make it this time?
  • Tiga bulan pertama mual-mual, walau ga sampe muntah-muntah. Paling muntah kalo keselek aja haha. Tapi jadi ga sampe mengganggu aktivitas. Jadi ga suka masakan manis, santan, bawang, lebih ga tolerir bau amis, ataupun makanan yang rasanya terlalu strong. Tapi kalo dessert masih suka haha. Masih bisa makan normal, asal sedikit-sedikit. Berat badan naik 2kg saja selama 3 bulan.
  • Pas masuk ke bulan ke-4, mual-mual berkurang drastis dan bisa kembali makan normal. Walau masih sensitif sama makanan tertentu.
  • Ga ada ngidam apa-apa. Kalaupun kepengen makanan tertentu ya karena pengen biasa aja, ga sampe ngidam yang harus keturutan gitu. (Lucky Utin haha)
  • Aktivitas pun masih berjalan normal sampe saat ini, masih kerja, masih nyetir mobil (manual) untuk jarak deket sampe bulan ke-7 kemaren, walau sejak bulan ke 4 atau 5 udah ga berani nyetir ke Karawaci lagi. Memang lebih cape, terutama di TM1 sama di TM3 ini, tapi berhubung kerjaan lebih fleksibel jadi masih bisa diatur-atur untuk istirahat dan jam kantor.
  • Rambut jadi lebih ga rontok dibanding sebelum hamil, kuku (terutama kaki) lebih ga pecah-pecah, padahal dulu lumayan parah pecah-pecahnya, jerawat juga ga muncul (biasanya dulu kalau mau mens suka nongol jerawat).
  • Baru mulai berasa kepanasan setelah masuk bulan ke-6. Biasanya saya orang yang ga gampang keringetan dan cukup tahan panas. Saya bisa loh olahraga tapi ga keringetan haha. Tapi sejak bulan ke-6 saya mulai berasa kepanasan terus-terusan.
  • Mood (sepertinya) cenderung stabil. Harus tanya Utin kalau soal ini. Kan ada yang cerita ya pas hamil bisa nangis tiba-tiba gara hal-hal sepele, nah so far saya baik-baik aja. Setidaknya lebih stabil daripada pas PMS ahaha.
  • Anugerah banget hamil kali ini bisa barengan sama 2 sahabat saya. Plus barengan juga sama sepupunya Utin yang uda 7 tahun nunggu dikasih baby. Lucunya jarak hamilnya juga deketan, cuma beda 2 minggu, 4 minggu, dan 8 minggu. Jadi berasa banyak temen seperjuangan dan berasa berkatnya berlipat.
  • Sejak masuk TM2 rajin oles-oles perut pake Nivea Cream yang warna biru sama Bio Oil. Thanks God so far ga nampak ada stretchmark, dan moga-moga tetap begitu (finger crossed)
  • Mulai berasa baby gerak-gerak di 4 bulanan, awalnya berasa kaya kerucuk-kerucuk gitu perutnya. Tapi mulai berasa beneran di’tendang’ pas bulan ke5 atau 6 awal gitu. Kalau sekarang baby nya uda aktif banget, suka berasa dia lagi ‘ngulet’, ada tonjolan random di perut haha. Amazing moments🙂
  • Si baby ini paling ga bisa diem kalo di kantor. Mungkin karena kalo kerja kan duduk agak maju ke depan gitu ya, jadi mungkin di dalem kesempitan. Kalo di kantor dia nendang-nendang melulu, mungkin protes karena kesempitan di dalem haha. Kalo tidur miring juga suka ditendang-tendang, tapi serba salah ya, yang dianjurkan dokter kan tidur miring, soalnya kalo telentang kan susah napas, tapi kalo miring si baby suka protes. Biasanya baru diem kalo diajak ngomong sama dibujuk-bujuk supaya bobo karena uda malem. Dan biasanya dia nurut🙂
  • Bersyukur dikasih kehamilan yang sehat dan juga dokter yang cocok. Menurut kita dokter yang sekarang ini jago dan prediksinya tepat (buat saya). Orangnya juga kalo ngasih pendapat logis. Jadi sama dokter yang ini dari awal hamil saya dikasih-kasih aja naik turun tangga, nyetir mobil manual, dipijet (asal bukan perut). Terus waktu saya sering sakit pinggang di awal TM2, diresepin vit D sama dia dan sejak itu ampir ga pernah sakit pinggang lagi. Waktu kaki saya bengkak dinaikin dosis calsium dan vit D, dan sejak itu bengkak berkurang (padahal kalo kata orang-orang kan bengkak gara-gara kebanyakan garam ya, tapi kata dokternya engga hahaha.Untunglah karena saya doyan asin hehe). Waktu kram-kram kaki kalo malem dan suka pilek kalo pagi juga sama, dinaikin dosis vit D dan kalsium, dan sejak itu semua masalah tadi berkurang atau hilang sama sekali. Nanti kapan-kapan saya tulis postingan sendiri tentang si dokter ini ya.
  • Bersyukur juga orang-orang terdekat di sekitar saya ga bawel-bawel soal hamil (dan melahirkan). Bersyukur karena mereka tipe orang yang terserah saya dan Utin aja. Kasih pendapat kalau diminta aja, dan kalaupun kasih saran ya ga ngotot gitu. Dan bersyukur juga selama hamil ga ada orang-orang rese nan kepo yang suka komen ga penting. Ada sih ada, tapi ga banyak. Mungkin juga karena saya sengaja ga exposed soal kehamilan saya ya. Moga-moga seterusnya kaya gitu deh. Kalo kebanyakan orang komen bisa naik darah haha.

 

So far segitu dulu update ceritanya ya. Nanti di postingan selanjutnya saya bakal cerita soal dokter dan rumah sakit, juga list belanjaan barang baby yang ribetnya ga kalah pas lagi persiapan merit hahaha.

Last but not least, tadi siang tiba-tiba dapet surprise donk dari #PampersIndonesia dan #FemaleDaily. Kemaren iseng ikut giveaway mereka, eh ternyata hari ini paket dari mereka beneran dateng. Yeay! Lumayan stock popok Pampers saya jadi bertambah dan sepertinya uda cukup haha. Thank you #PampersIndonesia dan #FemaleDaily!

20160526_150246

 

 

 

 

20 thoughts on “The Pregnancy Story

  1. asikk akhirnya di tulis jugaa. gw udah kepo sejak liat foto di FB bareng dina hihihi..
    congrats yaaaahh De.. berarti beda sebulan nih sama gw ^_^

  2. dea oh dea happy lalala .. seru banget ya loe hamilan sama si dina juga hihihi .. sehat sehat terus yaaaa … hihihihihihihihihi … gw seneng banget buat loe!

  3. Deaaaaaa.. ikutan happpyyyy!!!! Waktunya Tuhan emang selalu tepat yaa. All the buat dirimu dan baby.🙂 Sehat selalu.. potoooo

  4. Congrats ya Dea n Utin. Semoga lancar sampe lahiran.

    Time management sang pencipta emang maha tepat ya.
    Gua jg dulu kan waktu berusaha hamil pernah lah misuh2 kok ga cepet ya dikasihnya, tapi udah bgitu lahiran baru sadar kalo misalkan dikasih hamil langsung setelah married mungkin gua ga siap mental. Jadinya malah bersyukur dikasih waktu lebih lama buat bedua sebelom punya anak. Hari lahiran juga bisa paaas banget 1 hari setelah kelar beberes penutupan toko. Amazed.

  5. deaa.. akkk seneng bgt baca inii..
    congrats to you and utin yaa

    btw, gw juga lahi hamil 32 minggu, berarti kita bedanya kurleb 2 minggu aja hihihi..
    sering-sering nulis soal pregnancy dan parenting ya biar gw bisa nyontek kayak waktu jaman persiapan kawin. haha

    1. Waahh congrats juga yaaa.. iya bisa beda 2 minggu gini hihi. Aduh gw masih banyak hrs belajar.. suhu gw si dina tuh sm temen2 blogger lain yg uda lebih senior dalam dunia pregnancy dan parenting hahahaha. Sehat2 ya,semoga lancar2 nanti lahirannya

  6. Congrat dea finally ya….mom to be ni hahhaha
    awalny tau dr IG nya dina trus mao kepoin dirimu tp ndk enak…tunggu dikau crt sendiri di blog
    sehat2 ya bu dan babyny semoga lancar jaya…baby girl or baby boy? feeling gw kok baby girl ya ahhahah

Leave a Reply

