Inpiration · life

My blogging and writing history

Hello! I’m back! Oh how i miss blogging world *peluksatusatu.

Begitu balik ke dunia blogwalking, ternyata lagi trending topic ‘why blogging?’, jadi ikutan gatel pengen nulis haha. Berhubung saya ga bisa kalo nulis pendek, dan ga bisa jelasin secara singkat, jadi saya bakal cerita gimana sejarahnya saya suka nulis hehehe. So please bear with me .. or else! (haha kidding)

Seperti kebanyakan temen blogger lain yang bilang blogging karena emang suka, ya pada intinya saya juga gitu. Dimulai dari kecil yang emang udah hobi baca (pake banget), paling seneng kalo diajak ke toko buku dan dibeliin buku. Waktu SD juga suka banget sama ‘jam pelajaran’ perpustakaan yang mewajibkan anak-anak ke perpustakaan dan pinjem buku. Hobi saya dulu kalo di perpustakaan itu ya minjem buku yang tebel-tebel (novel maksudnya), soalnya kalo tipis berasa rugi, baru sebentar juga abis hahaha. Dilanjutkan di masa SMP yang walaupun ga ada jam pelajaran perpustakaan tapi bebas pinjem buku di perpustakaan. Ini lebih asik lagi, bisa baca buku sebanyak-banyaknya hehe. Waktu SMA juga begitu walau intensitasnya berkurang, seiring dengan pelajaran yang naujubile susah dan banyak peer. Begitu kuliah kegiatan pinjam meminjam novel pun berhenti, karena di perpustakaan kampus kaga ada novel sama sekali (boo!!). Jadilah saya cuma minjem buku perpustakaan ya cuma buat referensi tugas kampus aja.

Sampe kuliah juga saya masih suka beli buku-buku tentang motivasi gitu, atau buku-buku rohani macem The Purpose Driven Life, atau buku-buku karangan Max Lucado dan sejenisnya. Dulu diskon yang paling membahagiakan adalah ketika Gramedia diskon all item 20-30%. Itulah saatnya beli novel-novel macam chick lit, metropop dan kawan-kawannya hihi. Ya intinya sih saya emang seneng baca buku (maksudnya baca cerpen, novel, dsb dst ya, bukan buku-buku ilmiah atau buku pelajaran).

Dan biasanya orang suka baca buku jadi suka nulis juga, termasuk saya. Dulu ada masa-masanya saya juga demen bikin cerpen atau mini novel (yang ga pernah tamat). Sempet juga bikin semacam komik (karena lagi rajin baca serial cantik dan serial misteri haha), tapi cape duluan kalo ngegambar, jadinya juga ga kelar-kelar. (Intinya sih semua ‘proyek’ kecil-kecilan saya ga pernah kelar, mau itu cerpen ataupun komik). Saya juga aktif di buletin gereja dari jaman SMP. Awalnya sih cuma nyalin-nyalin artikel aja, tapi lama kelamaan saya mulai nulis artikel dikit-dikit, dimulai dari nulis editorial.  Lama-lama saya terbiasa mengarang indah untuk artikel di buletin gereja, dan saya sempat jadi editor walau kemampuan tata bahasa saya ya sekedarnya aja haha. Kegiatan ini cukup lama saya lakukan sampai saya married, setelah itu saya vakum sampai sekarang. Karena cukup lama berkecimpung di buletin gereja ini saya jadi cukup terbiasa menulis (walau ga tau ya soal tata bahasa dan teori-teorinya).

Walaupun banyak proyek menulis yang ‘angot-angotan’, tapi ada 1 hal yang saya suka dari kecil sampai sekarang, saya suka nulis diary. Diary saya udah berbuku-buku, dan  (sayangnya) saya juga uda ga tau itu diary pada kemana. Dulu masa-masa abege saya bisa rajin banget nulis diary tiap hari. Biasalah isinya ga jauh-jauh dari naksir-naksiran sama bete-betean hahaha. Makin saya bete makin semangat nulis, kalo hepi justru lebih jarang nulis. Apalagi kalo lagi ada yang ditaksir, bisa tiap hari nulis diary, update cerita tentang si gebetan haha.

Dulu pas masa-masa SMA  saya punya kebiasaan jadiin agenda sekolah saya sebagai diary, dan agenda itu suka kaya kasih ke temen-temen saya baik cewe maupun cowo supaya mereka nulis juga, cerita-cerita (curhat) aja gitu disitu, dan mereka mau lohh! ternyata emang saya dikelilingi oleh orang-orang yang banci curhat hihihi. Biasanya ada orang-orang tertentu, sahabat-sahabat deket saya yang emang rutin ngisiin agenda saya, dan sebaliknya, saya juga rutin curhat di agenda mereka. Trus saya dan beberapa temen se’geng’ juga punya buku curhat bareng khusus yang kita namain ‘buku strawberry’, simply karena covernya gambar strawberry hahaha. Tapi rupanya dari 4 orang anggota ‘geng’ cuma saya dan 1 temen lagi yang suka nulis, sisanya males banget kalo disuru nulis. Alhasil itu buku cuma bertahan beberapa bulan haha.

Pas jaman kuliah, kan saya kontrak rumah bareng si Dina. Kita juga punya buku curhat bareng gitu. Kalo dulu saya pake buku, kali ini kita pake file binder, optimis bakal penuh soalnya secara kita sama-sama suka nulis hahahaa. Tapi ternyata walo kita sama-sama suka nulis dan suka curhat, ternyata memang lebih enak cerita langsung daripada nulis, lebih cepet dan lebih praktis. Ya iyalah orang ketemu tiap hari, dari bangun tidur sampe merem lagi, udah sering ngobrol ngalor ngidul, curhat dari A sampe Z (sampe kadang sleepover di kamar si dina LOL), mau cerita apalagi di buku hahaha. Tapi tetep loh bertahan selama beberapa lama itu file curhat, emang bener ya kalo udah best friend sampe soulmate kaya gitu bisa ngobrol seharian tapi tetep ga keabisan bahasan buat curhat hahaha. *tiba-tiba kangen ngobrol ngalor ngidul sama Dina

Nahh.. waktu uda mulai terekspos sama dunia maya dari jaman Friendster, saya lupa-lupa inget pernah nulis notes disitu atau engga. Mungkin udah mulai, tapi ga banyak. Pas beralih ke Facebook juga sempet bikin beberapa notes yang juga cuma sedikit.  Terus entah gimana, tiba-tiba saya kenalan sama blogspot dan mulai blog pertama saya : amadeasulia.blogspot.com.  Kalo ngeliat arsip blog saya, entry pertama di tanggal 5 September 2008, tapi ada catatan kalau tulisan itu sendiri ditulis tgl 2 April 2006 (kayanya itu hasil pindahan dari Friendster deh). Jadi sebenernya udah cukup lama ya nge-blogging hihihi. Duh, kalo baca lagi sih malu banget. Tata bahasanya ancur banget, bak nulis SMS. Sekarang kalo suru baca lagi juga saya males karena bahasanya ga enak dibaca hehehe. Tapi kayanya nulis singkat-singkat ala SMS kaya gitu lagi gaul di jamannya, dulu saya berasa ‘keren’ nulis pake bahasa gaul kaya gitu, dan merasa blog yang ditulis dengan bahasa formal malah boring. Ah masa-masa cupu ituu *tutupmuka.

Selama beberapa tahun saya bertahan dengan blogspot dan lumayan sering ganti-ganti template. Saat-saat itu belom terlalu kenal blogwalking,kalopun blogwalking ga kepikiran buat ninggalin komen di blog orang, jadi ya ga nambah temen lewat blog. Sampe tiba masa-masa saya mulai planning merit dan merasa sangat butuh informasi soal wedding. Mulailah saya googling dan mendarat di beberapa blog orang yang ternyata emang ngebahas persiapan wedding. Trus saya ketemu sama blog wedding nya Dian, yang sebelumnya saya udah ‘kenal’ lewat blognya yang biasa dan gara-gara dia inilah saya terinspirasi buat bikin blog baru yang isinya khusus persiapan wedding hihi. Abis waktu itu kan belum banyak yang tau saya mau merit, dan saya juga males juga kalo nulis soal persiapan merit di blog, kan kaya ‘pengumuman’ yak hahaha (berasa artis). Jadilah waktu itu saya sok misterius bikin ID baru dengan blog baru di ‘rumah’ baru, dan lahirlah idothejourney.wordpress.com inih. (Ini sekalian ceritain sejarah ini blog ya jadinya haha).

Seperti yang udah diduga, punya 2 blog ibarat punya 2 pacar, susah buat bagi waktunya hahahaha. Blog yang di blogspot mulai dilupakan karena lagi seru-serunya persiapan wedding, alhasil ga banyak yang saya bisa tulis di blogspot karena waktu itu hidup saya ya seputaran persiapan wedding aja. Jadi setelah beberapa lama berkutat dengan 2 blog, akhirnya saya menyerah dan mutusin buat nulis di salah satu blog aja. Dan bukan hal sulit buat milih blog mana yang bakal saya pake, karena setelah sekian lama menjelajahi wordpress,ternyata saya lebih cinta sama ‘rumah’ ini karena desain dan fiturnya yang lebih simple dan modern. Maka jadilah idothejourney.wordpress.com sebagai blog utama saya, dan saya resmi ninggalin blogspot beserta kenangan-kenangannya hihihi. Walau udah ga ditulis lagi, tapi saya ga tutup blog itu karena saya males pindahin entry-entry nya, sekalian biar bisa nostalgia kalo lagi kangen sama tulisan-tulisan lama saya. Jadi kalo ada yang kepo mau berkunjung masih bisa kok hehehe.

Teruss.. setelah panjang lebar gini saya belom bener-bener jawab ya kenapa saya blogging? hahahaha. Kesimpulannya, saya blogging ya emang karena saya suka nulis. Salah satu obat penghilang bete saya adalah curhat secara tertulis. Kalau lagi banyak masalah, nulis juga bisa bantu saya buat sort out pemikiran-pemikiran yang scattered di kepala saya, sambil pelan-pelan cari solusinya dan setelah itu saya biasa lebih tenang. Dulu saya rutin nulis di diary, tapi sekarang setelah ada blog saya lebih suka curhat di blog, karena saya suka dapet respon dari temen-temen blogger (emang agak-agak caper sih haha). Tapi konsekuensinya, saya uda ga bisa curhat freely kaya nulis diary, banyak yang harus saya sensor dan saya pikirin ulang sebelum bisa saya publish di blog. Sometimes itu ga enak, karena saya ga bisa bebas lepasin emosi yang ada, tapi di sisi lain itu bisa jadi hal yang positif juga, karena saya jadi bisa ngeliat dari sisi yang lain dan sadar kalo kadang saya cuma overact atau it’s not as bad as i thought.

Dan saya ga pernah lupa kata-kata si Dina dalam salah satu postingannya, kalo dia pengen bikin blog nya itu as a sweet memory, jadi dia cuma tulis hal-hal yang positif dan menyenangkan aja, supaya one day kalo dia baca lagi dia jadi hepi lagi bacanya. Percuma juga nulis curhat-curhat geje di blog, karena ga perlu juga kan inget-inget memori yang ga enak. Jadi sejak saat itu saya juga lebih sortir curhat apa yang perlu saya tulis di blog dan cukup saya keep sendiri aja, supaya blog saya juga ga gloomy dan ga bikin orang yang baca ikutan gloomy. I do wish for everyone reading my blog will get something like inspiration, and positive motivation, instead catching up with my gloomy or negative story.

Saya juga seneng banget karena sejak aktif blogwalking dan ninggalin komen-komen di blog orang, saya jadi dapet banyak temen baru. I love reading other person’s story about their life, it makes me learn lots of new things.  Dulu saya males banget komen di blog orang, males cari temen di blog, apalagi sampe ketemuan sama orang yang ‘cuma kenal’ dari internet. Tapi sejak saya kopi darat pertama sama May waktu berkunjung ke Singapore tahun lalu, i changed my mind, because it was soo fun. And now i’m looking forward for a chance to meet other fellow bloggers hihihi.

For you, fellow bloggers, thanks for sharing your life and please dont stop sharing. You’ll never know how it may help other people. Keep blogging, keep sharing🙂

Cheers!

37 thoughts on “My blogging and writing history

  1. Kak dea dulu aku juga punya diary bareng temen2 segeng gitu lho hahaha isinya mah ya gak jauh2 dari curhat2an gebetan.. Bener bener dulu awal2 ngeblog kyanya semuanya mau ditulisin mau seneng sedih, makin kesini makin di sortir2 kalau mau publish tulisan, jadi yang galau2 gak ke publish cuma buat ngilangin kekeselan dengan nulis aja hehehe.. Keep blogging kak dea!😀

  2. Punya dua blog seperti punya dua pacar de? Hahahaha experience ya lo!!!! Hahaha ngakak gue bagian ini.
    Anyway lo juga kopi darat pertama gue loh de! Berdebar2 gitu waktu maw ketemu hihihi. Kita ketemuan lagi yuks nanti di jkt tapi ketika semua badai banjir dan badai wedding prep gue beres hahahaha xp

    1. LOL kagaa.. kan gw sotoy doank, kelebihan gw kan bisa state sesuatu dengan yakin seolah2 gw tau banget, padahal mah sotoy2 doank LOL.
      yuk yuk ketemuan donkk.. iya setelah jadi mrs juga gapapa hihihi.

    1. kak gill ayo donk aku kan ngefans sama kak gill, ayo ketemuan donk.. aku bawain martabak tapi kak gill traktir aku steak or seafood yaaaa.. deal dehhh hahahahahaha

      1. sis dea dan sis dina: ah apa-apaan ini, sis!! dunia blogging macam apa ini semua harus pake sogokan! HAHA .. ngomong sambil ngaca hahaha .. coba check ig aku juga ya sis buat promo terbaru HAHA .. yuk yuk yuk .. gw bakal pulang buat fitting baju kawinan ade gw tapi masih … april!!! haha .. minta nomor2nya ya sis, biar kita bisa kontekan ..

      2. Gampang laa ntr kl jd ketemuan kt foto2 aja kirimin lo biar lo ngiri.. kan jd pas april lo plg jd semangat ketemuannya hahaha. Ehiya minta donk contact nya. Ntr gw email ya

  3. Kl baca diary jaman dulu waktu sekolah kocak ya jadinya. Antara geli dan norak bgt tapi gaya bahasa yang kita pake itu kan pasti lg hits dulunya. Hahaha. Iya de, dulu waktu pertama ngeblog aku mkirnya juga males ah kenal2an sm orang lewat internet. Eh tapi ternyata blogwalking dan kenalan sama orang baru itu seru bgt yaa.. Nagih malah🙂

  4. blogging emang gak ada duanya dah.. selain bisa menyalurkan hobby nulis2, bisa buat dibaca2 lagi di masa depan buat nostalgia, dan bisa nemu temen2 baru juga…😀

  5. Haii Kai Dea… salam kenal aku baru pertama kali kunjungan kesini dan suka banget sama gaya penulisan kamu!
    Aku jg bahas topik ini diblog aku, nulis di blog itu luarrr biasa ya bisa share, bisa tambah temen, tambah pengetahuan juga hihihihiii keep blogging ya!

  6. ce dea samaan dong sama aku, kopdar pertamanya sama ce May hahahaha! *toss*
    iya nih, blog enaknya isinya banyakan energi positif yah heheh

  7. hello Dea, salam kenal! honestly im looking for your blog. Candela gave me your link about a year a go ttg si STMJ, hahaa.. i only read it once, waktu itu lg di kantor, kena banget, tapi cuma selewat krn lg ribet project. bbrp bulan setelah itu gw coba cari email nya Candela ttg itu but couldnt find it, so i asked her, unfortunate she also forgot the link. until tonight, gw masih amat sangat penasaran, jd gw tanya om google dengan key word STMJ. perlu nyari di bbrp halaman ke belakang, tapi untungnya ketemu!! akhirnya jadi bacain isi blog lo deh.. suka banget sama gaya penulisan lo.. keep sharing yaa!! thanks!

    1. hallooo kurcacikecil.. waa gw terharuu..tengkyu..hehe.
      gw juga skarang udah ga inget gw nulis apa ttg STMJ itu hehe. thanks ya uda mampir2 sampe niat di google sgala hihi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s