Uncategorized

The created things who quoestioned their creator

“Orang yang rasis adalah orang yang (berani-beraninya) mencampuri dan mempertanyakan kehendak dan kedaulatan Tuhan”

Strong statement? Maybe. Tapi saya setuju dengan pernyataan bapak pendeta yang kemaren ini khotbah di gereja saya itu.

Siapa yang bisa milih untuk dilahirkan dengan suku bangsa tertentu? Siapa yang bisa nego sama Tuhan supaya bisa dapet keluarga dari suku bangsa yang dia pengen? Kalau bisa milih tentunya ga ada yang mau terlahir sebagai suku minoritas di tengah sebuah bangsa yang tidak (belum) bisa menghargai dan menerima perbedaan, sehingga harus ngalamin paitnya diskriminasi oleh orang-orang sebangsa senegaranya sendiri, hanya karena warna kulitnya yang berbeda.

Dan karena bukan pilihan, saya sih percaya semuanya uda diatur sama Tuhan. Jadi pasti ada maksud Tuhan kenapa seseorang dilahirkan dengan suku bangsa tertentu. Even if u dont believe in God, you know that everything happens for reasons and there are always reasons for everything.

Ketika sebuah benda seni dihina dan dilecehkan, bukankah sama aja dengan menghina dan melecehkan sang seniman pencipta karya seni tersebut? karena benda seni hanyalah benda yang tak bisa memilih dan hanya bisa pasrah kepada sang seniman.

Sama saja, ketika seseorang menghina sesamanya atau mendiskreditkan orang lain hanya karena dia berbeda ras/suku/bangsa dll, bukankah artinya dia menghina dan meremehkan karya Sang Pencipta yang punya Master Plan untuk segala sesuatunya?

Hey, we are nothing. He is the one who makes us something. Who are we to quoestioned and judged our Creator?

Saya pernah denger iklan di radio tentang 2 orang yang cerita tentang hobi dan kebiasaannya. Dan tenyata temannya punya hobi dan kebiasaan yang persis sama. Persis, sampe yang aneh sekalipun sama. Tentu aja ini cuma iklan fiksi yang punya pesan ‘ sama itu boring, beda itu seru’.

Jadi ga perlu menyama-nyamakan perbedaan yang ada, ga perlu bikin semua ‘warna’ sama. Karena bukannya bagusan lukisan dengan banyak warna kombinasi daripada lukisan 1 warna yang akan terlihat plain?🙂

Happy (belated) independence day Indonesia! semoga kesatuan kekompakan dan kedamaian makin terwujud di tengah segala kebhinekaan yang ada.

MERDEKA!!

(dari rasisme)

6 thoughts on “The created things who quoestioned their creator

  1. could not agree more. sama dengan keluarga, ras itu sesuatu yg nggak bisa kita pilih…makanya bingung kalo org suka benci orang lain hanya karena rasnya tertentu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s