Uncategorized

Watch Zone, MKG 3

Postingan ini dibuat sebagai bentuk kekecewaan saya terhadap SPG Watch Zone Mal Kelapa Gading 3.

Rabu, 3 April 2013, saya mendatangi counter Wacth Zone di MKG3 untuk mengganti baterai jam Guess milik suami saya. Ada 2 orang SPG yang stand by di counter tersebut, dan mereka menyambut saya dengan baik. Ketika saya menyatakan bahwa saya hendak mengganti baterai, mereka menjelaskan mengenai biaya, prosedur, dan waktu yang diperlukan. Mereka juga sempat menanyakan apakah saya mau mengganti kulit jam tersebut.

Sambil menjelaskan, mereka sambil mengamati jam suami saya. Dan tiba-tiba salah seorang SPG nya bilang, “Mbak beli jam nya dimana? Kayanya beda deh sama yang kita punya”. Saya bilang, saya memang beli jam ini di luar negeri. Dan kemudian SPG tersebut mengambil barang yang serupa yang dijual di counter mereka, dan sambil membanding-bandingkan kedua jam tersebut dia bilang, “Maaf Mbak, tapi jam nya Mbak palsu deh.”

Saya pun kaget. Karena jam ini saya yang beli sendiri di toko Guess resmi di US. Dan itu bukan counter/ showroom yang ada di mall, tapi memang outlet/bangunan berdiri sendiri dengan brand Guess, bukan gabungan dengan brand-brand lain. Saya memang ga bawa kartu garansinya kemaren, karena jam itu saya beli 2 tahun yang lalu dan garansi untuk ganti baterai gratis nya udah habis. Tapi saya punya semua kartu garansi resmi sampai kotak nya pun masih ada. Bahkan karena pembelian di toko Guess di US tersebut saya punya kartu member Guess international dan terdaftar dalam mailing list mereka. Kalau memang itu toko ga resmi, masa iya saya bisa terdaftar dalam member dkk itu?

Saya pun protes sama mbak SPG nya, saya bilang kalo saya beli di toko resmi di US dan ga mungkin palsu. Tapi mereka bersikeras kalau kode product (ini yang saya tangkap dari omongan mereka) berbeda, dan di jam tangan versi mereka tidak ada tulisan water resistant.. Saya pun bilang, ya mungkin aja kodenya beda karena emang beda product, dan mereka tetap bersikeras kalo jam tangan saya itu palsu walau bentuknya sama persis. Dan mereka pun bilang, “Maaf Mbak, kalo jam tangan palsu kita ga bisa terima untuk penggantian baterainya.”

Setelah itu saya sempat debat dengan mereka tapi mereka tetap bersikeras kalau jam tangan saya palsu dan mereka ga mau terima. Akhirnya saya minta jam saya balik dan saya bilang kalo saya mau bawa ke showroom Guess nya aja langsung (yang ada di lantai yang sama). Dan mereka pun memberikan jam saya sembari bilang, “Ya walaupun bawa ke Guess nya langsung juga sama aja Mbak, kita kan dealer resmi nya Guess. Kalau emang palsu ya ga diterima.”

Saya langsung ke showroom Guess dan mendatangi SPG disana. Saya bilang saya mau ganti baterai jam, dan menanyakan biaya, prosedur dsb. Mbak SPG pun kembali mengamati jam saya sambil menjelaskan prosedurnya. Ternyata di Guess biayanya lebih mahal (hampir 2x biaya yang disebutkan di Watch Zone). Jadi saya menunda penggantian jam tersebut, lagipula mereka menjelaskan kalau proses penggantian baterai memakan waktu paling cepat 3 minggu, tapi kalau mau langsung dikerjakan bisa di showroom mereka yang di Taman Anggrek atau di Gedung Artha Graha karena disana ada teknisinya. Jadi saya pikir nanti aja kalau saya sekalian ke TA saya ganti baterainya. Tapi yang jelas, SPG di showroom Guess nya ga mempermasalahkan sama sekali soal jam saya, apalagi bilang jam saya palsu. Padahal (harusnya) mereka kan yang punya brand knowledge lebih untuk product mereka, dan kalau ada jam tangan palsu, harusnya mereka yang pertama akan mengenali, bukannya SPG Watch Zone yang notabene punya beberapa brand sekaligus.

Sungguh saya kecewa dengan SPG Watch Zone di MKG3. Saya mengerti kalau mereka harus mengikuti prosedur, dan mungkin memang prosedurnya ga bisa nerima jam tangan palsu. Tapi, apakah mereka bisa langsung begitu aja men-judge kalau jam tangan saya palsu, bahkan tanpa menanyakan kartu garansi, atau hal-hal lain yang bisa membuktikan kalau memang itu jam tangan palsu? Apakah keaslian sebuah jam tangan hanya bergantung pada product knowledge mereka semata? Logika aja, kalau saya beli barangnya di US, bisa aja produksinya memang berbeda, even untuk product/seri yang sama. Setau saya, sebuah product yang sama bisa diproduksi oleh beberapa negara, karena distribusinya yang berbeda. Dan apakah memang training dan product knowledge mereka udah secanggih itu sampe tau setiap jam tangan Guess di seluruh dunia? Padahal saya mau mengganti baterai ini dengan membayar lho, bukan dengan garansi ganti baterai yang gratisan itu.

Hey, saya ini customer, dan sungguh ga sopan kalau Anda sebagai SPG langsung men-judge seperti itu tanpa mendengarkan penjelasan saya dan mencari tau lebih lanjut tentang keaslian suatu product. Apa ga pernah terpikir kalau Anda bisa aja salah menilai  karena product knowledge yang terbatas, dan dapat merugikan perusahaan tempat Anda bekerja? Apakah Anda sadar kalau perilaku tersebut bisa membuat reputasi perusahaan buruk sedangkan untuk retail company brand image adalah segalanya, hanya karena ketidak tahuan mengenai product yang Anda jual?

Saya udah sampaikan keluhan dan masukan saya kepada pihak Wacth Zone Indonesia melalui twitter, tapi ga ada tanggapan. Memang kalau lihat profile mereka, terakhir mereka tweet itu bulan Febuari, jadi memang mungkin twitter mereka ga terlalu update. Untuk pihak manajemen Watch Zone (kalau-kalau aja ada yang baca), ini masukan dari saya, please do train your SPG more. Jangan sampai brand image perusahaan jelek hanya karena ketidak tahuan atau (maaf) ke-sok tahuan- SPG . Semoga false accusation like this cuma terjadi sama saya, dan bukan terjadi ke banyak customer. Kalau Watch Zone, sebagai dealer resmi, SPG nya ga bisa bedain yang mana barang asli dan mana yang bukan, dimana kredibilitas perusahaannya?

Demikian share pengalaman saya, supaya bisa jadi pembelajaran juga buat temen-temen semua. Postingan ini dibuat hanya sebagai sharing dan masukan, tanpa bermaksud menjelekkan pihak manapun.  Happy Friday!🙂

18 thoughts on “Watch Zone, MKG 3

  1. *kipas2* kayaknya masih emosi nih lo de… Kmrn gue baca complain lo di twitter soal ini, dan pihak watch zone nya belum nanggepin ya?
    Wah rugi juga elo nya yah nanti kalo jadi bayar 2x lipat harga ganti batere. Zzz. Sabar sabar.

    1. hahaha kebaca ya masih emosinya? sebenernya sih kemaren udah biasa aja, cuma gara2 tadi pagi ngobrol ini lagi sama Utin jadi esmosi lagi haha. iya may, makanya gw belom ganti deh baterainya. mikir mikir mau ganti di toko jam biasa aja

  2. *kasih air* sabar de… sabar hahahaha… kebaca dari tulisannya kalo lu emosi banget hahahaha… daaaannn….disini mah mau complain via twitter ga bakal ngefek de… gua pernah complain tentang X* di twitter, percuma…ga ada tanggepan sama sekali… kalo ci lina bilang, masukin suara pembaca baru mereka takut hahahaha..

    1. iya sih mel gw juga tau komplen di twitter ga ada gunanya, ga kaya di luar sono huhuhu. cuma kan yang penting nyoba. toh ini kan juga ga bisa diapa2in cuma bisa mengeluarkan unek unek disini :p

  3. *pijetin pundak* sabar2…
    kalo di indo biasanya emang gitu orangnya, kadang ga tau apa2 tapi sok tahu, akhirnya ya kita cuman bisa memaklumi + complain ama managernya.. bener tu, complain dari twitter jarang ditanggepin, kmrn rollz complain ama di*du* jg ga dianggep… susah emang perusahaan indo ini… cs nya kurang bersahabat…

    1. ohya rollz pernah komplen di di*du* tapi ga ditanggepin? setau gw malah yg itu lumayan lo soal CS nya. tapi ya memang sih sebaik2nya CS disini ga sebagus CS yg di luar sana hehehe. *pukpuk balik.

  4. Gue baru tau loh kalo ganti jam doang aja ribet. Perasaan emak gue ganti merek jam yg high end aja gak ribet2 amat, asal dibawa ke toko jam yang bagus jg udah beres. Gimana kalo si watch world ganti batere Rolex/ Patek ya misalnya… gemeteran kali SPG-nya takut salah.

    1. Saya juga kecewa dengan watchzone MKG ..SPG nya kaga jelas,saya beli jam mahal2 buat papa saya malah dikasih jam mati! Mana saya jauh tinggal dipadang..makan waktu dan uang buat saya kesana😡

  5. saya juga benar2 dengan watchzone di mall kelapa gading! Saya sudah beli jam mahal2 buat papa saya ternyata saya dikasih jam mati,mana saya tinggal jauh dikota padang. Pada akhirnya saya balik ke jakarta untuk meminta pertanggung jawaban dan kata SPG nya kemungkinan batrai dan dibawa keteknisi dan saya harus menunggu beberapa hari namun sampai 2minggupun gak ada kabar apa jam saya udah benar! Saya kecewa😡

Leave a Reply

