anniversary · birthday · date · Glimpse of him · Glimpse of me · Honeymoon · life · marriage life · Pre Wedding

Bandung Anniversary Weekend Getaway

Sebenernya sih wedding anniversary kita udah lewat, tapi berhubung waktu yang pas nya kemaren, jadi kita baru ngerayainnya weekend kemaren. Dan sebenernya sih kita juga ga ngerayain gimana-gimana, cuma supaya ada alesan aja supaya bisa jalan-jalan hihi.

Jadi short trip getaway ini juga dalam rangka ngabisin complimentary stay dari accor advantage plus. Cerita singkatnya aja, Accor advantage plus ini adalah membership dari grup nya accor hotels, yang kalo kita bayar jadi member kita bisa dapet beberapa fasilitas, salah 1 nya adalah 2 voucher complimentary stays alias nginep gratis di (hampir) semua hotel yang tergabung dalam grup nya accor se Asia Pasific, termasuk di antaranya : Pullman, Grand Mercure, Mercure, Novotel, dan Ibis.

Voucher pertama kita pake pashoneymoon di Pullman Bali, dan setelah hampir expired membership nya, kita baru sempet pake voucher 1 lagi kemaren untuk anniversary kita di Novotel Bandung. Kalo yang pas ulang tahun saya itu, yang nginep di Mercure Simatupang, itu kita pake promo yang beda – bukan voucher nginep gratis ini – walau itu sama-sama hotel anggotanya accor hotels. Sekalian nginep, sekalian kita juga mau pake voucher free birthday cake for member,  yang cuma bisa diambil di bulan ulangtahunnya si pemegang member. Jadi pas banget deh tuh. Untung bulan ulang tahun Utin sama bulan wedding anniversary kita sama, jadinya bisa dipake sekaligus😀

Sabtu pagi, kita berangkat jam 7 pagi. Niatannya sih jam 6 jalannya, tapi apa daya beres-beres dan kawan-kawannya baru tuntas di jam 7 hehe. Thanks God perjalanan lancar tanpa macet, dan jam 9 pagi pun kita udah masuk kota Bandung. Seperti biasa, kalau ke Bandung pasti kudu harus musti ketemuan alias dobel date sama Agus dan pacarnya donk ya, kecuali kalo emang mereka lagi ada kerjaan.  Hari itu si Agus baru available siang, jadilah kita pagi – siangnya jalan-jalan sendiri aja muter-muter Bandung, sekalian si Utin mau nostalgia masa-masa kecilnya di Bandung.

Eastern Istana Plaza

Paling enak ke Bandung emang wisata kuliner. Pas lagi ngiter-ngiter, si Utin nemu abang-abang yang jualan lumpia basah, jadilah kita ngemil dulu sebelom lanjut muter-muter. Next stop kita makan dimsum di Eastern- Istana Plaza. Eastern ini (dulu?) ada juga di Karawaci, dulu waktu masih kuliah saya pernah makan disana dan emang enak bener. Sayang ya ga ada di Jakarta  (ato ada ya?), kalo ga itu bisa jadi resto dimsum favorit tuh. Karena emang enak dan harganya masih relatif reasonable, dibandng ngedimsum di resto semacam Taipan, Samudera, May Star dan kawan-kawannya. Ini saking enaknya dan lapernya saya uda ga sempet foto-foto lagi deh, langsung makan aja hahaha. Buat yang suka dimsum, kalo ke Bandung boleh tuh nyobain Eastern. Kita sih suka banget ya, apalagi lumpia udang kulit tahu sama sup burung dara nya *slurrrpppp..

Eastern at Istana Plaza Bandung

Novotel Bandung

Setelah makan dan bosen ngiterin mal, kita pun langsung menuju hotel buat check in. Seperti biasa juga, bak orang penting, kitapun langsung menuju ke bagian berkarpet merah dengan tanda Le accor club yang khusus buat member (tapi jujur saya ga ngerti apa bedanya le accor club sama accor advantage plus). Sembari ngurus administrasi check in, kita dikasih welcome drink. Saya udah lupa rasanya sih, kayanya sih kaya jus biasa aja – beda sama welcome drink nya Mercure yang dikasih semacem mocktail.

Sampe di kamar, di atas corner table kita nemu ini :

Fruits, flower and happy anniversary notes from hotel

Seperti yang saya pernah cerita sebelumnya, gara-gara saya mention mau hanimun pas reservasi Pullman Bali, saya sukses dikasih sebotol wine + coklat + buah sebagai complimentary. Trying my luck, so i did the same thing, mentioned that we were going to stay there for our wedding anniversary. Dan ternyata hasilnya ga sia-sia😀 Jadi, saya ingetin lagi, kalo mau reservasi hotel jangan lupa mention kalo ada special occasion. Yah siapa tau hotelnya berbaik hati kasih complimentary, kalo ga dapet yah paling ga uda nyoba kan hihi.

Special greetings from hotel

Untuk review hotel, saya bandinginnya sama Mercure Simatupang aja ya, karena itu hotel terakhir yang kita nginep sebelom Novotel ini dan mereka sama-sama accor hotels kan, walau saya ga yakin sama kelasnya ato ga.

Untuk desain, saya lebih suka Mercure Simatupang, karena lebih baru jadi lebih fresh desainnya. Kalo Novotel, rasanya desainnya lebih ‘safe’ dan standard hotel pada umumnya, jadi ya so so aja, mungkin juga karena udah lebih tua umurnya, jadinya uda banyak desain hotel setipe, jadi ga berasa’fresh’ lagi.

Standard Bedroom at Novotel Bandung

Untuk kolam renang, menurut saya lebih pas dibilang sebagai private pool villa daripada hotel swimming pool. Walau ukurannya ga sekecil yang di Mercure, tapi ini masih termasuk kecil juga buat ukuran hotel. Kalo itu kolam renang ada di private villa pasti saya mau berenang, tapi karena itu di hotel, rasanya jadi males ya, ga mengundang selera gitu hahaha.

Untuk breakfast, Novotel lebih oke dibanding Mercure Simatupang. Menunya lebih beragam, rasanya juga lumayan, walau ga sampe enak banget. Yang unik, mereka nyediain jamu juga loh. Jadi di restoran itu ada sebuah sepeda dengan keranjang yang isinya botol-botol jamu, dan ada staff nya yang stand by disitu untuk jelasin kita manfaat jamu dan bikinin jamu buat kita. Baru kali ini nih saya nemu buffet breakfast yang ada jamunya hehe. Ohya di breakfast nya ga ada bacon loh. Padahal biasanya kan kalo ada omellette ada bacon yah, entah mereka lagi abis stock nya ato emang mereka Cuma provide makanan halal, saya ga tanya sih jadi ga tau juga.

Breakfast at Novotel Bandung

Satu lagi yang bikin saya impressed sama hotel ini ( dan accor advantage plus), ternyata free birthday cake yang saya dapet as a complimentary itu berbentuk 1 cake bulat utuh kurang lebih diameternya 20cm. Saya pikir nih namanya birthday cake itu cuma 1 slice aja agak gede, ibaratnya kaya kita lagi makan di resto, trus karena ulang tahun dikasih free 1 slice birthday cake. Soalnya ada syarat untuk ambil birthday cake ini kita harus ada transaksi di restoran terebut. Eh tapi ternyata engga, jadi ini melebih ekspektasi saya dan saya senang *bancigratisan😀

Overall, we had a great time and enjoyed our stay there. And i want to say thank you once again to Novotel Bandung for their kind complimentary and wishes. We really appreciate it.

Free birthday cake from Accor Advantage Plus

****

Back to the story, sambil nungguin Agus, kita leyeh-leyeh aja di hotel. Utin tidur siang dan saya terkantuk-kantuk sambil nonton Dog’s whisperer hehe. Santai-santai itu menyenangkan yah hihi. Agak sorean si Agus dateng sama cewenya dan kita keluar buat makan.

Rumah Tungku

Tujuan pertama kita adalah Rumah Tungku, yang ternyata dekett bener sama hotel, belom 5 menit duduk di mobil juga udah sampe hehe. Rumah Tungku ini katanya sih tempat hangout baru di Bandung. Biasalah model-model resto lucu gitu di Bandung, yang tempatnya lucu dan enak buat hangout. Uniknya, disini beneran pake tungku (oven) buat masak beberapa menunya, contohnya pizza. Sayang saya lupa foto itu oven, karena asik foto-foto sendiri hihi. Padahal itu lucu oven nya, bagian luarnya dibentuk kaya tungku gitu, dengan model open kitchen, jadi customer bisa ngeliat proses pembuatan pizza nya. Desain interior nya juga lucu, walo karena uda banyak yang model kaya gitu jadi berasa not so special. Tapi tetep oke lah buat foto-foto.

Ohya, si Agus yang emang berprofesi sebagai fotografer spesialisasi wedding dan prewed itu, kan tanya ke waiternya, kalo mau foto prewed disana bayar berapa. Dan ternyata, mereka bilang cuma perlu spend minimal 300 ribu untuk makan dan minum disana, terus bebas buat foto prewed deh. Tuh temen-temen yang lagi cari spot buat foto prewed, Rumah Tungku ini bisa jadi rekomendasi, soalnya harga segitu tuh murah buat ukuran resto (setau saya sih).  Kalo di Jakarta, terakhir saya shooting video prewed di cafe daerah Tanjung Duren itu minimum spendingnya 500 ribu, dan itu kan udah sekitar 1,5 tahun yang lalu. Rata-rata malah ijin tempatnya aja bisa di atas sejutaan. Yah jadi kalo min spending 300 ribu untuk makan minum mah worthed banget tuh. Saya aja langsung jadi kepengen foto pascawed gara-gara denger itu hahahahahahaha. *emangdasarpengenaja.

*Ehem. Karena belom kesampean foto pascawed beneran, jadi kemaren kita foto-foto biasa aja dulu deh, lumayan hasilnya juga bisa nambah-nambah koleksi foto hihihi.

rumah tungku1

keep calm& eat pizza
2 sejoli
2 sejoli lagi
2 sejoli lagi dengan pose ga jelas -LOL
The four of us

Selesai makan, kita balik ke Istana Plaza buat belanja beberapa keperluan. Btw saya baru sadar ya, mall di Bandung itu masih tergolong dikit ya dibanding Jakarta. Dan ukurannya juga ga segede mal-mal Jakarta. *belagu. *bentar lagi diprotes orang Bandung. Mungkin karena Bandung udah banyak tempat hangout yang seru-seru jadi ga butuh mal gede-gede lagi. Kalo orang Jakarta kan ga banyak pilihan hiburan dan hangout nya selain nge mall hahaha.

Abis dari mal, kita cari makan lagi, berhubung udah malem juga. Kita makan sop buntut, tapi saya lupa nama restonya apa. Restonya rumahan gitu, enak deh sop buntutnya. Harganya sekitar 40 ribuan semangkok, tapi bisa dimakan berdua. (Buat kita sih bisa, cuma gatau deh kalo yang lagi kelaperan ihihi).

Dan selesailah dobel date kita hari itu, abis itu kita dianterin balik ke hotel. Mungkin karena kita jalan-jalannya ga seharian, jadi berasa bentar banget main-main di Bandungnya. Tapi walo cuma ‘bentar’, kita tetep aja kejebak kemacetan Bandung, dan menurut saya macetnya Bandung ga kalah sama Jakarta loh. Cukup bikin saya frutasi, walo saya ga nyetir juga hahaha. Rasanya ga sampe-sampe, dan entah kenapa rasanya lebih stress aja kalo kejebak macet di Bandung, kaya ga maju-maju gitu jalannya, udah mana jalannya banyakan 1 arah lagi. Kalo salah jalan kan gawat tuh.

Btw, mungkin karena macetnya yang makin parah itu, sekarang di Bandung ada 4 in 1 loh. Kalo Jakarta 3 in 1, Bandung malah lebih hebat bikin 4 in 1,  dan dia terapin itu di peak time nya weekend malah, yaitu hari Sabtu jam 9-12 siang (kalo ga salah).  Saya ga tau detail yang kena daerah mana aja, tapi seinget saya itu deket-deket jalan keluar tol dari Jakarta, deket pasteur kalo ga salah. Masih sosialisasi sih, jadi kalo ngelanggar paling cuma diperingatin aja, ga sampe ditilang – katanya orang Bandung sih gitu, tapi entah sampe kapan juga sosialisasinya. Eniwei, buat orang Jakarta yang pengen ke bandung, dan berjumlah kurang dari 4 orang, mungkin bisa dicari tau info 4 in 1 ini, ya jaga-jaga aja daripada ntar ditilang di Bandung kan ga lucu hehe.

Sunday – His bestfriend’s wedding

Jadi salah satu acara kita ke Bandung kali ini juga buat dateng ke pernikahan temennya Utin yang orang Bandung. Berhubung kita ga sempet ke pestanya, kita dateng ke pemberkatannya aja yang diadin di gereja St. Laurentius Bandung.

Btw, ini sakramen pernikahan katolik tersingkat yang pernah saya datengin. Saya pernah beberapa kali ikut misa pemberkatan pernikahan katolik, dan biasanya kan lama ya, tapi kemaren misa nya itu udah kelar dalam waktu 1 jam. Wah ini mah gereja saya aja kalah cepet hahaha.

Bagus yah gerejanya
His Bestfriend Wedding
Foto dengan si penganten jadi background nya- LOL

Abis kelar misa, tadinya mau makan siang bareng Agus dan temennya (btw ini yang merit juga temennya Agus,makanya ketemu lagi sama Agus dan kawan-kawan), tapi karena dia ada urusan dulu dan kita buru-buru harus sampe Jakarta sore, jadilah kita makan sendiri aja dan langsung balik Jakarta.

Well, cepet banget yah di Bandungnya, berasa kurang lama. Moga-moga lain kali bisa main kesana lagi dan kesampean foto-foto pascawed disana hehe. Yah kan kemaren udah foto prewed di Bandung, lebih lengkap kalo ada pascawed di Bandung juga kan? hihihi *kode.

Eniwei, kemaren perjalanan ke Bandung itu relatif lancar loh, cuma 2 jam sekali jalan. Dan kata orang Bandungnya sih weekend kemaren itu Bandung ga semacet biasanya. Mungkin karena orang Jakarta banyak yang kebanjiran jadi masih males kemana-mana ya.

Oya, gimana temen-temen yang di Jakarta, pada kebanjiran ga? Saya turut prihatin ya buat yang kena banjir. Saya juga kebagian banjir, tapi di jalanan depan rumah doank sih. Thanks God banget airnya ga masuk rumah karena rumahnya lebih tinggi dari jalanan, padahal di jalanan banjirnya udah semata kaki, dan tetangga-tetangga yang rumahnya rata sama jalanan itu pada kebanjiran. Bener-bener thanks God banget deh. Tapi rumah orangtua saya yang deket-deket situ malah kebanjiran. Alhasil kita juga ikut beres-beres deh bantuin mereka, untung banjirnya cepet surut sih, sorenya juga udah surut. Emang pada dasarnya daerah rumah kita jarang kebanjiran sih, cuma emang banjir kali ini tuh banjir terparah rasanya, lebih parah daripada tahun 2007 dan 2002. Moga-moga Jakarta aman deh ya sampe musim ujannya abis, sekarang bawaannya parno bo kalo ujan gede di Jakarta.

Well, that’s all for now. Stay safe and dry, people! Have a blessed and fun weekend!

28 thoughts on “Bandung Anniversary Weekend Getaway

1. gua inget tuh resto eastern yang di karawaci. gua pernah makan dimsum disana. tapi emang udah lama banget. gak tau masih ada gak ya itu resto… tapi dulu sih rame banget ya…

rumah tungku nya lucu ya…🙂

2. sop buntut dahapati di cipaganti sebrang pom bensin.
    ahahahahahah kode diterima !!

thanks buat promo web gw ya
    hihihihihihihihhi

btw, kmrn gw abis foto prewed and video.
    malemnya lgs jd and udah di upload.
    gatel bgt pgn gw publish.
    msg fb ya de.kasih liat utin jg
    huhuy !!!

1. wahahahaha sasaran kode utamanya malah belom baca dan belom ngeh nih! bwahahaha.

btw mana gus fotonya? lo kirim di message fb gw? kok ga ada? bbm gw aja link nya, ato email..pengen liat jugaa hihihi

3. Eh eastern itu ada di senayan seberang apartment belezza (bener gak begini tulisannya)
    Itu sih gue makannya sekitaran 3 tahun lalu semoga masih ada🙂
    Bandung emang penuh dengan makanan enak yaaa hehe. Tinggal disono 5 tahun bikin gue dan pacar menggendut signifikan hahaha *cari alasan*
    Happy wedding anniversary yahh deaaa!🙂

1. oh gitu? wah lumayan tu kalo bener ada di jkt. ntr gw googling lg dehh. thanks ya infonya may!
      hehehhe kalo di bdg penggendutan, di sing pengurusan ya krn stres hihi. thanks ya may!

4. Hey Made…. minta mall lebih banyak dan gede di Bandung? Di demo orang Bandung rame-rame baru tau rasa! Hwahahaha. Gue aja orang Jakarta sebel kok mall banyak banget di Jakarta, bikin banjir. Lagian gayanya anak Bandung kayanya emang bukan nge-mall ya. Wong kotanya udah cakep ngapain stuck di dalam mall.
    Btw, kenapa pascawed sih bukan postwed? *komplen aje*

1. hahahhahaha kan gw ga blg minta mal lebih bnyk di bdg, gw cuma bertanyaaa… justru kalo boleh minta mah gw mau minta banyakin cafe resto lucu ala bandung di jkt, biar org jkt ga ke mal mlulu dan biar ga usah jauh2 ke bdg hihi
      iya ya kenapa ga postwed ya? ga kepikiran hahha. biasalah cuma itu kata yg pop up dan lgsg ditulis :p

5. Wahh…ke bandung cuma 2 jam. Asik banget ya. Mungkin juga karena banyak yang kebanjiran jadi bandung sepi. Thanks infonya, Dea. Gue lagi pengen ke Bandung dalam waktu dekat. Lagi bingung nyari hotel.🙂

6. Waaahh… Noted!!! Besok2 kalo nginep hotel harus lebih jelas alasan & tujuannya, supaya dapet complimentary, uh yeaaahh!!!! *muka gratisan*
    Eh, gw perhatiin lo sama utin demen pake baju serasi sepadan & seimbang ya…. Lucu banget deh kalian… Apalagi yang pas breakfat di hotel. Unyu sekaliiiii🙂

1. hahahhaha iyaaa penting banget tuh dian!! kl gw yg nginep gratisan aja bisa dpt complimentary gmn yg nginep bayar wkwkwk. tp ya tgantung hotelnya baik murah hati dan tidak sombong ato ga hehe
      iyaaa kt emang suka matchingin bajuu (baca : gw yg suka sama2in baju hahaha) ga mau kalah sama abege2 yg baru.pacaran wkwkwk

7. waaa enak banget yaa dapet nginep gratis..
    emang kalo di bandung enak nya makan makan xixixixi
    aku suka banget cake nya.. boleh minta ga sepotong aja kok😀

8. mungkin anggota dari Accor plus kali makanya pas bilang ada special occasion dikasih something special… Kalo orang biasa tanpa ada anggota apa2 apa iya dikasih gratisan?
    *pengen nyoba tp malu euy*

1. mmm.. mungkin si.. tapi kl gw rasa si emang tergantung kebijakan hotel aja. si dina pernah tuh book hotel di luar negeri online gitu, trus mention buat hanimun dan dikasih voucher apa gitu, tapi emang ga semua hotel berbaik hati kaya gitu hehe. makanya gw blg ya itu iseng2 berhadiah aja :p

9. hai ce, dirimu pengguna accor advantage plus yah? berasa benefitnya ga say punya itu? aku ditawarin trus 2.3jt tp msh ragu mw ambil pa ngga….

1. halo myra… salam kenal yahhh… iya dulu gw pake accor advanntage plus, tapi cuma setaun dan ga diperpanjang.. sekarang mahal ya 2.3 juta? dulu (2 thn lalu sih) gw dapet 1.5an kalo ga salah.. mmm.. kl mnrt gw si worthed kalo emang lo suka jalan2 n nginep2 di hotel grup nya accor, karena dapet diskon n advantage2 itu.. nahh kalo gw kan jarang tuh, jadi ga guna2 amat.. tapi ya lumayan ajalah jadi ada alesan liburan karena ada jatah nginep gratis di hotel nya kan hihihi..