Glimpse of me · marriage life

Daun pandan vs daun bawang

Weekend kemaren saya belanja groceries bareng Utin dan nyokap. Berhubung belakangan semangat memasak sedang menggebu-gebu (*ahem), tujuan utama saya ya belanja bahan-bahan masakan donk yaa…

Dengan berbekal catetan di tangan, saya dan Utin muter-muter berburu bahan makanan. Semuanya baik-baik aja aman terkendali sampai saya tiba di bagian sayur mayur. Tau kan, bagian di supermarket dimana sayur hijau ditaro berderet-deret dengan nama sayur dan harganya digantung di atas? Saya itu ga bisa (belum bisa) bedain jenis-jenis sayur berdaun hijau yang mirip-mirip itu. Jangankan bentuknya, namanya aja pun saya cuma tau segelintir. Jadi ketika saya harus milih sayur sendiri saya kelabakan. Emang sih itu ada keterangan namanya di atasnya, tapi ya tau sendiri ya, kadang-kadang itu sayur bisa ngacak-ngacak. Saya celingak celinguk cari nyokap, tapi ga keliatan orangnya. Mau telpon juga batere abis. Mau muter nyaripun males *halah. Akhirnya saya tanya Utin, yang mana tentu saja juga ga ngerti jenis sayur mayur hahahaha.

Setelah bolak balik di depan stand sayur sambil berusaha nebak-nebak jenis sayurnya, dan setelah keliling-keliling daerah sayur, akhirnya saya dapet ide cemerlang. Saya beli sayur yang udah di pack lengkap dengan nama dan harganya, Aha! Kalau gitu kan saya ga mungkin salah beli. *senyumkemenangan. Jadi saya beli sayur-sayur yang udah di pack dan ditaro di shelving-shelving lemari pendingin. Emang jadi ga bisa milih sih karena udah di pack tapi ya gapapalah ya, toh saya ga expert juga suru milih-milih sayur.

Tapi masih ada 1 masalah. Saya perlu beli daun bawang (yang kalo diingat-ingat sekarang sih ga tau juga beli buat apa -____- ) dan karena daun bawang ga ada di bagian lemari penyelamat pendingin, mau ga mau saya harus ambil dari ‘meja panas’. Jadilah saya nekat mengambil daun yang emang diletakkan di bawah papan keterangan ‘daun bawang’. Seinget saya daun bawang itu emang panjang-panjang kan, dan itu bentuknya juga panjang. Jadi ya harusnya bener lah, walo sebenernya saya ga yakin sama bentuknya.

Long story short, saya selesai belanja dan sampe di kasir buat bayar-bayaran. Disitu kebetulan saya udah ketemu nyokap dan dia bayar duluan sebelum saya. Pas giliran saya, saya sibuk ngeluarin barang-barang dari keranjang waktu nyokap tanya, “Kamu beli daun pandan buat apa?” sambil megang si ‘daun bawang’ itu. Dan dengan polosnya saya bilang, “Loh, itu bukannya daun bawang?” Yang tentu aja dijawab dengan “bukan, ini mah daun pandan.” Uh oh.

I was like, hummiliated. Oke, lebay. Tapi beneran malu banget. Apalagi si mas-mas kasir senyam senyum  gitu liatin saya. Utin tak membantu pula dengan mengulang pertanyaan yang sama, “emang daun pandan buat apa de?”. Yang membuat saya harus mengulang pengakuan dosa saya. Waktu itu saya berasa kaya istri bodoh yang ga bisa bedain daun bawang sama daun pandan (well, kalo gitu emang bodoh beneran ya ahahahaha).

Berhubung salah, kemudian nyokap dan utin pun nawarin buat saya ngambil lagi yang bener. Dan berhubung gengsi besar pula, tentu aja saya menolak (daripada saya salah lagi kan -__-). Tapi Utin dengan berjiwa besar (*apasih) menawarkan diri buat ngambil daun bawang sial itu sementara saya nungguin transaksi di kasir. Dan tentu saja dia kembali dengan daun bawang yang benar. Horeee, your’re my hero *ketjup.

Sekian cerita bodoh dari saya. Semoga ga ada lagi cerita bodoh-cerita bodoh lainnya hahaha.

NB : Setelah diinget-inget lagi, harusnya saya itu beli SELEDRI, bukan daun bawang. Karena tujuan awalnya saya itu mau beli seledri buat bikin sop. Dan akhirnya sekarang sayapun ga punya seledri buat masak sop.  -_______________-

Be happy everyone! Cheers!

16 thoughts on “Daun pandan vs daun bawang

  1. Such a cute story.
    I’ve heard before that heroic acts depend on how he treated you in everyday lives. And so glad you’ve found yours. :)))
    P.s sop juga gapapa pake daun bawang kok. Biar wangiii🙂

    1. ahhh.. you always know what to say, dont you? ehehhe.
      thank you miss sanguine😀 iya sih daun bawangnya bisa dpake buat sop, cm kemaren ini gw penasaran sama si seledri. tapi yasudahlah hihihi

  2. Haha kamu kiyut deeeeeeh.
    Kalo gw jadi lo…. pas nyokap tanya, gw bilang aja: “oh… iya gak apa buat sedia aja. Kayanya kemaren liat resep ada yang pake daon pandan tapi lupa buat resep apa. *ato apakek* *ngeles* ”
    Abis itu dilanjutkan ngomong ke Utin: “Eh iya tin! Aku lupa daun bawang. Tolong ambillin dong!!!”

    *yang penting muka terselamatkan* *skenario canggih luar biasa*

    Btw lo kan beli daun bawang buat bikin ikan tim! Amnesiah ya… :p

  3. Ya ampun masyaallaaaahhhhh…. Jadi selama belom jadi istri orang, elu ga pernah masak De??? *pingsan…..* HIhihihhi… tapi itu bener jauh banget loh, daun pandan sama daun bawang… Teksturnya, baunya, de el el…

  4. Hai2 baru pertama komen nih, biarpun kamu salah ambil daun tapi kamu ga salah mengambil hatiku kok #gombal di malam hari

  5. eh eh akuuuu malah ga bs bedain kunyit sama jahe😀 soalnya mirip2 gitu kan bentuknya, sampe ngandelin gugel image pas mo beli, dicocokin asli sama di gugel uda bener apa belom😀 drpd nanya SPG nya kan maluuuu :”>

    1. Hai epi! thankyou buat kunjungannya hihi.
      aku jugaa ga bisaaa *tutupmuka. kemaren ini pas beli jahe seperti biasa cari yg udah di pack, berlabel dengan namanya, jadinya ga mngkn salah hihi.
      tp ide nya boleh juga tuh ya, cocokin sama google! lain kali kl kepepet gitu juga ahhh hahaha

  6. ahaha dea sayangku…. ikan tim enak kok pake daon bawang potong gede2 serong gt.
    tp lebih enak di kasi plum sauce ama cilantro (wan sui/ daun ketumbar)
    tp jangan salah pilih daun seledri ya (karna 22nya look a like) … hahaha…
    mending next time k pasar basah aja deh d, kan tinggal blg ama mas2nya “daon bawang ceceng, … seledrinya tambain donk! bonus dikit…”
    hahahaha jadi kapan gw bs berkunjung mao ikud cicip masakan dea gt judulnya?

Leave a Reply

