Check List · pre marital check up

Pre Marital Check Up : Prodia

Haii.. saya mau mengupdate beberapa hal nihh.. I’m always happy to make progress. Rasanya seneng aja bisa nyelesain satu hal lagi di daftar hehe. Dan karena ada beberapa hal yang udah diselesain, post nya saya bagi jadi beberapa bagian yah.

Pre marital check up : Prodia

Sekitar akhir Agustus kemarin Utin dan saya nyempet-nyempetin pagi-pagi dateng ke Lab Prodia buat pre-marital check up. Kita pergi ke Lab Prodia yang di Kramat, selain karena itu pusatnya, lokasinya juga ga jauh dari rumah saya. Juga karena kita mau sekalian konsultasi dokter setelah hasilnya keluar, katanya sih kalo mau konsultasi dokter gitu, yang dokternya bisa hari sabtu cuma di Prodia Kramat.Ya sutralah hehe.

Sebelumnya, saya udah beli paketan untuk pre marital ini di pameran Weddingku beberapa bulan yang lalu (demi ngejar diskon hehe. lumayan lah, 15 % ). Waktu abis DP pre marital ini, kita dapet 1 goodie bag yang isinya CD (yang saya belum liat apa isinya, tapi kayanya sih tentang informasi pre marital check up ini), terus agenda yang isinya juga edukasi tentang penting nya pre marital check up. Lumayannn.. secara saya cinta gratisan hahaha.Di pameran juga dijelasin sih, pre marital ini include apa aja, tapi karena saya asing sama istilah-istilah kedokteran itu, informasi itu ga nempel di otak hahaha. Yang saya tau, pre marital check up penting buat ngecek pasangan yang mau menikah apakah ada unsur genetis yang ‘clash’ satu sama lain, atau ada kelainan genetis tertentu atau penyakit keturunan tertentu, yang nantinya bisa berbahaya kalau punya anak.

Check up ini pada dasarnya cuma diambil sample darah dan sample urine aja, cuma sebelum diambil darah dan urine nya, kita harus puasa dulu. Jadi selama 10-12 jam sebelum diambil darah dan urine, kita ga boleh makan, minum pun hanya boleh air putih, dan ga boleh banyak-banyak. Terus pada dasarnya pemeriksaan antara cewe dan cowo sama aja, cuma karena cewe lebih rempong, jadi untuk cewe pemeriksaannya lebih banyak (dan lebih mahal). Makanya mending cek nya pagi, soalnya kalo makin siang ntar makin lama puasanya, ga bisa sarapan hahaha.

Kita sampe sana sekitar Pk 7.15 pagi, dan ternyata udah rame loh. Saya kira tadinya tinggal dateng, diambil darah dan urine, trus boleh pulang. Eh ternyata disana rame, jadi kita harus ambil nomor antrian. Pertama ambil nomor buat dilayanin sama Custumer Service (yang ngurusin mau cek apa, administrasi, dll), sama abis itu harus antri lagi nunggu giliran diambil darahnya. Lumayan jadinya, kurang lebih sejam ada disana. Terus CS nya bilang kalau proses nya sektiar 3 hari kerja, dan kalau mau konsultasi sama dokter untuk dibacain hasilnya juga bisa, free.

The Result

Dua minggu setelahnya, kita baru sempet ambil hasilnya. Waktu itu saya udah telpon dan dibilang kalau mau konsultasi dokter harus dateng sebelum jam 12 siang, tadinya sih mau pagi, tapi karena satu dan lain hal jadinya dateng siang juga, sekitar jam 11an hehehe. Tadinya udah pasrah aja tuh, kirain makin siang makin rame, (orang kita dateng pagi aja udah rame, gimana siang?), eh tapi ternyata ga tuh. Pas dateng malah langsung dilayanin CS nya. Trus langsung disuruh ke tempat dokternya. Udah, gitu doank. Cepet ya? Saya sampe takjub *lebay hahaha.

Pas ketemu dokternya, dia buka hasil lab kita yang masih di dalem amplop (dan saya tiba2 deg2an hahaha). Dia bolak balik hasilnya beberapa kali, terus bilang, “Kalau yang cowo sih bagus, ga ada masalah”. And at that point i just feel that something is wrong with my result. Dan bener aja, selanjutnya dia bilang, “Cuma kalau untuk yang cewe ada beberapa hal nih.”

Pertama dia bilang soal hasil toksoplasma saya ada di border line, jadi antara positif dan negatif, jadi dia suggest buat tes ulang beberapa minggu lagi. Kalo yang ini, saya langsung jelasin kalau saya emang positif ada toksoplasma dari saya lahir, (ga usah di tes juga saya udah tau hahaha), cuma yang saya mau tau, musti diapain tuh tokso? Soalnya, yang saya tau, tujuan premarital check up beberapa bulan sebelum wedding day itu tujuannya supaya kalau ada yang sakit atau bermasalah bisa diobatin dulu, dan salah satu yang ditakutin orang-orang itu ya tokso ini. Dan setau saya tuh tokso ga ada obatnya, maksudnya ga bisa diapa2in juga buat ngilangin tokso ini. Paling harus jaga supaya badan tetep fit aja, biar antibodinya tetep aktif.

Si dokternya bilang, kalau udah positif tokso ya gapapa, ga usah dites apa-apa lagi, nanti aja kalau hamil muda baru dites ICG atau IGG nya (saya lupa yang mana). Saya jadi bingung, trus buat apa donk kalau udah hamil baru dicek? Bukannya harusnya ada langkah-langkah preventive yah? Saya sampe tanya berkali-kali sama si dokter, meyakinkan kalo emang ga harus dites atau diobatin apa-apa. Bingung. Saya belum googling lagi sih, jadi masih belum nemu jawabannya. Kalau yang di otak saya sih, karena tokso itu kan semacam virus, dan sekali terserang, si tubuh akan bikin antibodi yang akan menjaga supaya virus itu ga nyerang lagi, jadi si subjek penderita udah aman. Nah, yang ditakutkan orang-orang adalah kalau lagi hamil terus terserang tokso, nah saat itu baru rawan, karena virus tokso bisa nyerang ke janin yang bisa menyebabkan bayi nya cacat. Si ibu nya sendiri sih ga bakal kenapa-kenapa karena ada antibodinya kan. Dan kenapa harus dicek pas hamil muda, ya mungkin karena di saat itu harus dicek antibodinya cukup kuat ga buat nahan ini virus, jadi ga nyerang ke bayi. Gitu doank sih. Jadi kalo sekarang ya ga perlu di treatment apa-apa, karena ada sistem antibodi dalem tubuh. Dan mngkn di hasil itu juga tingkat virus atau apanya gitu masih dalam batas normal yang bisa di defense sama antibodi, jadi ya aman-aman aja. Tapi skali lagi ini hasil analisis sotoy saya doank hahaha. Jadi buat temen-temen yang lebih ngerti, tolong di share yah :p

Yang kedua, si dokter ini bialng kalo di urine saya banyak bakteri. Terus terang saya agak malu ceritain ini, karena kok kesannya saya jorok gitu ya hahaha. Tapi yah demi berbagi untuk kepentingan orang banyak yasudahlah hahaha. Lagian ternyata ini bakteri banyak penyebabnya *langsung membela diri.

Nah untuk yang ini saya cukup kaget, karena selama ini saya berasa bersih-bersih aja. Terus si dokter bilang ya ini bisa banyak penyebabnya. Tapi masih dalam batas wajar sih, jadi ga perlu pengobatan lebih lanjut (*fiuh).  Cuma harus lebih banyak minum, ga boleh nahan pipis, sama jaga kebersihan aja. Nah yang ini saya masih mau cari tau juga nih dari temen-temen yang kuliah kedokteran, kira-kira saya musti ngaapain lagi, atau apa penyebabnya. Buat second opinion aja, takutnya kan ada yang harus diobatin kan. Jadi, sekali lagi, kalau ada teman-teman yang lebih mengerti, silahkan di share yak! hehehe.

Afterall, saya lega sih setelah terima hasilnya. Apalagi ternyata bagus-bagus aja hasilnya (kecuali soal tokso dan bakteri itu). Thanks God banget deh, nothing major happened. Dan salah satu yang saya takutin juga, thalasemia, ternyata kita sama-sama negatif. Thanks God🙂

Jadi buat temen-temen yang mau merit dan belum pre marital check up, segera gih. Biar kalau ada apa-apa (*amit-amit sih), bisa ditanganin juga. Lagian, kan berguna juga buat tau kesehatan diri sendiri kan? hehe.

 

20 thoughts on “Pre Marital Check Up : Prodia

  1. Gue dulu pernah 2 kali kena Urinary tract infection. Sakiiiiit banget. Itu karena gue beberapa hari sebelum terinfeksi lagi traveling dan nahan pipis. Jadi banyak-banyakin aja minum air putih dan jangan nahan pipis.

    Terus untuk tokso, nanti kalo hamil yang dicek itu IGM (infeksi sekarang). Kalo IGG-nya udah ada itu berarti udah ada antibodi di tubuh yang mungkin bisa dikasih ke anak. So it’s actually good. Yang penting supaya nggak kena IGM, nanti kalo udah mau punya anak jangan makan yang mentah

  2. -mentah, termasuk salad/lalapan. Karena tokso juga bisa ada di sayuran yang nggak dicuci bersih.

    Kalo masih ragu, mungkin bisa ke OBGYN’s, konsultasi aja. Tapi tokso memang nggak ada vaksinnya. Jadi memang tindakan preventif aja.

    1. oh..Ternyata banyak juga yg kena urinary tract infection gitu? Mungkin emang cewe lebih rawan kali ya..Bisa sampe sakit gitu ya? Kalo gw si ga berasa apa2, jadi ga sadar kena infeksi gitu..Tapi ga bahaya kan ya? Iya nih, mulai sekarang musti tambah rajin minum air putih hehehe.

      Iya sih, kalo makanan mentah, selama ini juga gw disuru menghindari makanan mentah, mungkin supaya ga drop aja kali ya.. thanks a lot ya angela.. penjelasannya sangat membantu (dan menenangkan) hehehe,

      1. Iya, karena salurannya cewek kan lebih pendek, jadi lebih gampang kena. Kalo belom ngerasa apa-apa berarti memang belum bahaya.

        Tanda-tanda UTI itu anyang-anyangan, terus kalo pipis sakit. Kalo udah ada tanda-tanda gitu baru deh panik, Tapi UTI juga diminumin obat langsung sembuh (obatnya semacam antiseptik gitu), cuma ya itu sakit banget kalo pipis.

        Minum air putih aja sama jangan ditahan pipisnya, you should be fine🙂

  3. Toksoplasma apaan sih??
    Kalo yang masalah bakteri, gw juga kaya Angela, pernah kena urinary tract infection, bahkan bbrp minggu sebelom wedding😦. Selain jangan nahan pipis, jangan males ganti softex kalo lagi dapet. Minum air yang banyak juga amat sangat menolong. Semoga cepat bersih bakteri2nya :))

    1. Toxoplasma itu bakteri (atau virus ya?) yang biasanya ada di kotoran hewan kaya kucing/anjing. Bisa berbahaya buat janin karena bisa resiko keguguran/cacat. Toxo juga bisa Ada di makanan2 mentah. Makanya ibu hamil gak boleh makan sushi/makanan 1/2 matang lainnya.

      1. Iya, bener yang kata angela, toxoplasma itu bahaya buat wanita hamil karena bisa bikin bayi nya cacat, makanya dalam kasus2 tertentu, kalo pas hamil ketauan kena tokso bisa dikasih pilihan utk gugurin kandungan gitu, krn ada kemungkinan si anak bisa cacat.. serem ya..

        Iya nih, musti lebih rajin merawat diri kayanya hehehe..Apa berarti harus lebih sering ke salon ya? hahahahaha *ga ada hubungannya

      2. Oh??? Eh ini gw baru tau loh… beneran baru tau. Kalo gitu si Dea bener2 blessed ya bisa lahir sehat &normal sampe sekarang walopun positif tokso. Wah De, lo mesti rajin2 cek loh….

  4. umm,,okay,,,setelah membaca blog yg satu ini,,,gw jadi merasa terpanggil untuk menulis sesuatu… to the point aja deh.

    1. Toxoplasma
    – not a virus,, not a bacteria,,, it’s a parasite…
    – mostly asymptomatic and ga perlu treatment… yg penting imun lo bagus… (tapi bukan berarti ga ada obatnya,,, ada obatnya tapi ga perlu)
    – and betul..yg bahaya itu,, jika infeksinya terjadi pada saat kehamilan
    – klo >6 bulan sebelom hamil,,gak akan meningkatkan resiko transmisi ke janin
    – tadi gw sempet check and recheck klo ga salah di premarital prodia itu yg dicek IgG (CMIIW)…
    ummm jelasinnya agak susah…jd IgG itu antibodi yg menandakan kita pernah terinfeksi (atau bisa jadi sedang)…
    trus ada lagi yg namanya IgM itu artinya kita sedang atau baru saja terinfeksi….
    yg paling bagus sih klo premarital periksa dua2nya tapi harganya bisa jadi 2x lipat…
    mungkin karena pertimbangan itu…cuma diperiksa IgG…..

    bingung ya… gini deh
    IgG (-) IgM (-) –> aman banget belom pernah terinfeksi
    IgG (+) IgM (-) –> pernah kena tapi dulu tuh,,ud jadul (biasanya malah bagus nih,,krn uda ada antibodi,,,jarang terkena infeksi lagi)
    IgG (-) IgM (+) –> yg ini langka banget nih,,jarang ketemu,,,,biasanya menunjukkan infeksi tapi paling baru bbrp hari…baru kena tuh…
    IgG(+) IgM(+) –> nah ini dia nih artinya sedang atau baru saja kena,,, rangenya 18 bulan… ini yg paling ditakutin klo hasilnya gini pas hamil… biasanya perlu test tambahan namanya IgG avidity untuk tau kira2 kapan kenanya antara range 0-18 bulan itu… yang satu ini nih yg perlu diobatin.. ^^

    Jadi yg lebih penting sih pemeriksaan saat hamil… klo premarital lebih untuk meningkatkan awareness aja…artinya di lingkungan tempat tinggal lo berkeliaran si kuman toxo,,, and ada kemungkinan lo bisa punya hasil yg IgG (+) IgM (+) saat hamil nanti…

    pencegahan:
    – masak makanan sampe mateng
    – buah2an kulitnya dikupas and dicuci yg bersih dulu ya…=)
    – jangan maen tanah… tunda dulu bercocok tanamnya…
    – jangan maenan kotoran kucing….amannya sih hindari dulu lah si meong…
    – jaga kebersihan tangan,,peralatan makan minum masak… =p

    mungkin sekian dongeng gw mengenai toxoplasma…. semoga bermanfaat…

    btw mw nulis2 tentang isk juga… dipisah aja y,,,part 2 biar ga kepanjangan =p

    1. tambahan: ga semua orang yg terinfeksi akan menimbulkan kecacatan pada janin… yg bahaya terutama yg terinfeksi pd trimester 1 kehamilan,,, tapi yg terinfeksi pada trimester 3 lebih sering menimbukan gejala walo ga sefatal yg trimester 1… jd ibu hamil perlu diobati..fungsinya lebih utk mencegah transmisi ke janin ^^ kecacatannya apa aja… bisa search di google sendiri y…

      gawat nih gw komen panjang banget >< maap y…
      bisa2 gw dimarahin nih sama si empunya blog….

      ampuunnnn….. *run and hide XP

  5. 2. ISK (infeksi saluran kemih)
    – emang lebih sering pd cewe… ada yg tau kenapa? karena saluran uretra ce lebih pendek tuh dari co,,,jd bakteri lebih gampang masuk deh…. terus lagi klo ce kan BAK (buang air kecilnya) duduk,,, jd lebih gampang masuk deh tuh kuman klo tempat duduknya ga bersih (apalagi klo di WC umum)…
    – nah ga semuanya bergejala… tergantung jumlah & jenis kuman,,and individu penderita itu sendiri… ada yg bergejala cukup berat (nyeri dsb) ada yg cuma gejalanya beser,, ada juga yg ga bergejala sama sekali…
    – klo yg bergejala pasti harus diobatin,, klo yg enggak bergejala… optional,,boleh diobatin boleh jg enggak… paling minum air putih aja yg banyak and hindari kopi,soda,softdrink,alcohol… (merubah ph,,saturasi,,keasaman,,dsb)

    nah langsung ke bagian yg penting,,, lifestyle & pencegahan….:
    * Water helps flush your urinary tract, so make sure you drink plenty of plain water daily.
    * jangan nahan2 pipis…knp? karena bakteri & urine akan tertahan di kandung kemih and develop
    * oh ya klo wash or wipe after buang air kecil/besar dari depan ke belakang ya..jgn sebaliknya…krn regio anus and sekitarnya kn banyak kuman tuh….
    *trus yg standar…ya jaga kebersihan lah ya… jgn lembab dsb
    *hindari spray,,douches..and yg gitu2an terutama yg berbau2an,,berasa2an,,atau berwarna-warni,,krn bisa menimbulkan iritasi palagi pd org2 yg kulitnya sensitif,,and pada akhirnya memudahkan infeksi…
    * VItamin C!! help u to reduce the harmful bacteria… ya ujungnya krn acidity dsb…
    * hati2 klo pk wc umum… mending jongkok,, klo terpaksa duduk,,, dilap dulu kek,,, dipakein handyclean dulu jg boleh,,oh ya alasin pk tissue,,, dll… terserah kalian deh ngakalinnya… ce2 pasti lebih pengalaman ^^
    * nah klo punya shower,,katanya bagusan pk shower klo mandi…. mengurangi resiko air beserta kuman masuk kedalam saluran kemih… dibandingkan disiram dengan air di gayung,,,

    nah sekian aja deh… semoga bermanfaat… =)

    sumber: various sources from internet, books,, and writer’s experiences… ^^
    males nyebutin satu2… gpp y,, bukan tulisan ilmiah ini…

    \(^o^)/

  6. Ehh… Sorry comment dikit lg… Gw merasa ada yg salah tadi…
    Malah klo yg hasil premarital IgG nya ( ) ky lo bagus de.. Imun lo uda ada kmgknan kena lagi jd kecil….

    1. wahhh ade!! makasih banyak ya buat penjelasannya!! sangat sangat menolong hehehe.. thanks for ur time juga, uda sempet2in komen panjang2 gini hihihihi.. ntr gw masukin post aja ya komen elo, siapa tau bisa berguna buat yang laen hehe. thanks de!

Leave a Reply

