engagement · Glimpse of him · Glimpse of me · others

The Proposal

Haaii!! Saya lagi rajin nih jadi sering update blog hihi. Blog ini khusus buat menanggapi komen nya si fivanya di post yang ini. Intinya sih dia tanya, “Emang lo belom tunangan?” yang kalo disambungin jadi – “kok udah persiapan wedding?” (dia sih ga tanya yang ini, cuma ini pertanyaan orang-orang pada umumnya).

i thought that people getting engaged right after one of them propose and the other say yes? – asked by fivanya.

First, what i meant by “engagement” on that post is a family engagement. Lamaran ‘resmi’ dari pihak keluarga. You know, part of tradition, dateng ke rumah, bawa macem-macem benda simbolis, dengan prosesi tertentu. Tentu aja prosesi ini beda-beda tiap suku. Dan berhubung keluarga saya dan si pacar sama-sama udah ‘modern’, yang udah ga pegang adat tertentu secara ketat lagi, jadinya kita sih bakal prosesi ala kadarnya aja. (Semoga ga diubah di last minute – and that’s actually the problem hehehe).

And the second thing is as far as i remembered, i never (directly) say yes, because he never (directly) ask. So i never considered myself as already engaged hehehe. Funny isn’t it?

Then how could we start to plan our wedding? Before i start the story, i should tell you that both of us are truly two complicated person. Dengan kedua keluarga yang ga kalah rempongnya, Jadi jangan heran ya. *You have been warned hahaha..

Sekitar satu tahun yang lalu, beberapa hari setelah anniversary kita yang pertama, si pacar dan saya punya pe-er, mengevaluasi hubungan kita. Setelah setaun apa kita udah yakin dengan hubungan kita, apa yang disukain dan ga disuka dari sifat masing-masing, dan ke depannya mau gimana. Which mean, kalo berasa cocok dan yakin, kita akan seriusin buat mulai planning ke pernikahan, dan kalo ternyata engga ya mending diudahin aja – worst case. Alhasil, momen makan-makan ngerayain anniversary itu bikin saya grogi plus deg-degan. Gimana ga grogi, kalo misalnya ternyata dia ga yakin sama hubungan kita, bisa-bisa saya pulang jadi single hahahaha *lebay. – emang kecil banget sih kemungkinannya, tapi namanya juga parno :p

Singkat cerita, dan puji Tuhan juga, semuanya evaluasi berjalan lancar *eh berasa ujian ga sih?hehe. Jadilah saat itu juga kita sekalian ngomongin gimana cara ngomong ke orang tua buat minta persetujuan sekalian bilang kalo kita plan mau merit. Waktu itu sih kita udah kenal sama orang tua satu sama lain, dan disetujuin juga pacarannya (wong si pacar malah udah diajak foto keluarga pas acara kawinan sodara haha). tapi kan kita belom pernah tanya komentar mereka tentang hubungan kita, apakah mereka bener-bener setuju, dan kapan ekspektasi mereka buat kita merit. Jadilah kita sepakat buat ngomong sama orangtua masing-masing untuk minta restu sekalian minta komentar mereka soal hubungan kita.

Kalo inget-inget lagi, saya masih suka heran sama diri sendiri, ko bisa-bisanya iya-iya aja langsung ngomong ke ortu tanpa ada tiga – eh empat deh- kalimat ajaib dari dia, padahal buat saya proposal pribadi itu something yang cukup penting.  Cuma sekali seumur hidup gitu, kalo ga sekarang kapan lagi coba? haha. Nyesel sih engga ya, karena saya tau dari awal juga kita punya kesepakatan kaya gitu, dan tau kalo dia bukan tipe orang yang bakal khusus propose gitu. Hanya saya termasuk salah satu cewe yang ngarep dilamar dengan berkesan, supaya bisa diceritain ke orang-orang gimana proposalnya, – masih ingat kalau saya sanguin? :p Pengen aja ngerasain ditanya “Will you marry me?” dan ngejawab  “Yes, I will” hahahaha *kebanyakan nonton film komedi romantis.  Atau mungkin saat itu saya udah terlalu seneng kali ya, sampe lupa hihihihi.

Hal kedua yang waktu itu bikin saya dilema juga, soal minta restu ke ortu. Tentunya saya pengen si pacar yang langsung nemuin ortu saya, asking for their permission and approval. Isnt it things that gentleman do? But on the other hand, i didnt know how my father would react. I was sure that he will give the permission, but i wasnt sure if he would be happy to hear it from him, or from me. Should i ask him first about his opinion about my boyfriend? Because if my boyfriend already asked the question, i was sure that he wouldnt tell his objection, if there was any. Yeah, saya emang rempong hahaha.

Akhirnya, saya tetep ngomong sama orangtua saya dulu buat liat reaksi mereka tentang si pacar dan rencana kita merit, setelah itu si pacar yang ngomong ke bokap buat ngundang ketemuan sama keluarganya, buat ngomongin rencana merit kita. Orangtua kita pernah saling ketemu sebelumnya, cuma kali ini lebih ‘formal’ karena mau ngomongin kapan baiknya kita merit.

Dan jadilah setelah itu (ato beberapa pertemuan setelah itu) kita dapet tanggal – yang kita pilih sesuka-suka hati hahaha. Dan disitu juga disebutin waktu lamaran, yaitu belum ditetapkan hahaha. Beneran, keputusan waktu itu gini, ‘lamarannya entar aja, kalo udah mau deket-deket wedding day nya’ hahahaha aneh yah? Actually dari pihak keluarga pacar si lebih pengen ngelamar dulu, tapi dari pihak saya bilang nanti aja. Toh sepupu-sepupu saya juga pada lamaran beberapa bulan sebelum wedding day, malah ada yang baru lamaran 1-2 bulan sebelum hari H. Planning merit dulu baru lamaran. Ditambah si pacar juga waktu itu ga mau ngurusin lamaran dulu karena lagi sibuk di kantor, lagi busy season -maklum waktu itu masih di KAP hehe. Jadilah mereka ngalah . *yaiyalah, masa maksa?haha. Padahal ya, orang-orang mah pengennya lamaran dulu baru book gedung dan siapin lain-lain, istilahnya ‘ngiket’ dulu baru planning. Tapi kok kita kebalik ya? hehe

Jadi begitu deh sejarahnya, kenapa sampe sekarang saya belum lamaran dan tunangan. Ada yang berasa cerita kami aneh?? Tenang, anda tidak sendiri. Saya juga merasa ini aneh setelah dipikir-pikir lagi. Cuma karena udah terjadi ya dijalanin aja hihihi.

Karena cerita kami yang unik ini, kadang saya jadi bingung kalo ditanya gimana proposalnya. Apalagi Natal tahun lalu saya sempet main ke tempat sodara di luar, dan 2 hal yang mereka tanya pas saya bilang mau merit adalah, ” How did he propose?” dan “Show me the ring!” which i couldnt find the right answer for both questions hahaha. Alhasil saya coba jelasin sebisanya, sambil jelasin budaya di indo yang ga ngasih engagement ring buat ngelamar -eh iya kan?- Untungnya, budaya sana juga bikin mereka ga kepo, ga tanya-tanya lagi ahahay. Selamet deh.

Soal proposal pribadi, jujur awal-awalnya saya masih ngarep that one day he will propose me personally and directly ask the question, even he already know the answer. I even asking him to propose me. – yes, i WAS that desperate hahaha. But on the other hand i know what he thinks, “that’s just pointless. What’s the point of asking if you already know the answer?”

But now I have learned and be grateful. Anyway it’s just words, and what he does to me already speaks more than just words. Also what’s matter most is the essential thing, that he is going to marry me. Kalau di barat kan emang karena mereka budayanya seperti itu, hubungan pacaran belum tentu berakhir di pernikahan. (disini juga banyak yang kaya gitu sih). Makanya cewe-cewe disana harap-harap cemas nunggu pacarnya ngelamar, supaya dapet kejelasan. And me, i guess i am lucky, not having to guess and wait for a long time🙂

Jadi kapan lamarannya?

This week😀

20 thoughts on “The Proposal

      1. ngomongin sangjitan juga beda2 ya.
        ada yang bilangnya sangjitan itu lamaran. tapi kalo kita dulu malah beda. lamaran dulu, siap2 wedding. trus seminggu sebelum hari H (wedding day), baru sagnjitan. haha.

        gua sih gak ngerti sih harusnya gimana. ngikutin aja…😛

  1. Lo gak aneh kok…. sebab diriku juga seperti dirimu. Cuma bedanya, gw di propose dengan cara yg berlutut, pake cincin, bla bla bla…. classic. Tapi lamaran keluarga gw dong, baru 3 hari sebelom hari H aja gitu hahahahha^^

  2. ahh jadi terharu dibikinin jawaban sepanjang ini..

    ohh lamaran yang tuker kalung ya? btw itu sama kayak sangjit gak ya? kayaknya gue gak pernah ikut acara gituan, yg heboh selalu tante2 gue dan tante2nya si tante2 gue itu, jd rada2 clueless ama ritual2 itu hihihi… tapi sebagian besar sodara gue emang sangjitannya mepet2 ama resepsi kok, ada yg malahan 2 minggu sebelon resepsi (btw sangjit ama lamaran sama gak sih??).

    soooo, semoga acara minggu ini lancar selancar jalan raya serpong dimasa lebaran (skrg sih udh balik semrawut lagi sigh).
    *sebenernya sih semoga lancar selamanya, tapi itu nanti aja for another wish😀

    1. Vanya, kalo di gw sih Sangjit tuh beda lagi. Kalo sangjit mah emang 1-2 minggu sblom wedding biasanya. hehe. Kalo lamaran, emang kluarga si kittenholic aja yang aneh. *eh kok gw yg jawab ya*?

    2. Sangjit kayanya beda lagi deh. Kalo sangjit emang 1-2 minggu sebelum wedding day biasanya. *kok jadi gw yang jawab*
      Btw, si kittenholic ini emang rada aneh urutan preparation nya. eke juga bingung.

      1. ohh jadi beneran dia aja ya yang aneh, begini deh kalo org rumit acaranya juga jadi rumit nyahahaha *biar makin panik dia*

        tapi belakangan mulai banyak org yg gue kenal yg acara lamaran tuker kalung itu dibikinin acara sendiri, gue curiga emang keluarganya doyan ngumpul pesta sampe mesti dipestain 3 kali gitu (lamaran, sangjit, merit).

    3. sebenernya gw ga gitu ngerti juga sih secara jelasnya, setau gw sangjit itu seserahan, yg bawa2 barang2 keperluan cewe dan cowo, trus tuker2an itu, itu emang deket2 hari H (kaya beberapa minggu sebelumnya), tp kalo lamaran itu yg tukeran kalung. Itu yg bawa uang susu dll kalo yg masih megang tradisi.

      hahahahahaa aminnn.. moga2 nanti lamarannya lancar selancar jalan raya serpong dimasa lebaran, dan nanti marriage life nya selancar sirkuit F1 hahahaha

  3. Ya emang pada umumnya kalo budaya di sini emang gitu ya. Lamaran keluarga kayanya lebih penting. Gue juga pas bilang ke nyokap kalo Diaz ngajakin merit, nyokap bilang: Kok keluarganya nggak dateng? *dengan nada yang agak ngot* hehehe…

    Untungnya suamiku cukup peka kalo gue minta di-propose personally sebelum kerempongan lamaran keluarga.

    But anyway… Sukses ya buat acara lamarannya. Btw… Dulu gue juga udah booking tempat dan bridal dulu sebelum acara lamaran keluarga kejadian. Abisnya kalo nunggu2an bisa nggak kebagian tempat.

    1. iya, makanya waktu itu gw juga dilema, apa mending si cowo aja yg langsung dateng ngelamar ya, soalnya kan orangtua ada yang lebih respek sama yang cowonya dateng langsung gitu kan? he3.

      iya tuh, gw sempet baca cerita lamaran lo hihihi.. senangnya..

      thanks yah angela.. amin smoga lamarannya sukses😀

Leave a Reply

