Wedding Plan

Review – Foto Video Liputan

Hari ini saya mau review tentang vendor foto video liputan terpilih. Buat vendor yang ini proses sampe akhirnya deal cukup panjang dan seru, sama lah kira-kira kaya waktu milih gedung, makanya saya pisah review nya di post sendiri.

Perjalanan panjang ini dasarnya karena saya dan pasangan berbeda konsep soal foto video liputan. Buat dia, video liputan itu penting soalnya dia suka liat video bagus, jadi dia pengen vendor untuk video itu emang vendor yang spesialis di video. Benchmark nya dia untuk video itu si Weddingclip videography.  Sedangkan untuk foto dia ga terlalu suka liat foto, jadi buat dia ga perlu bagus-bagus amat, yang penting ada aja kalo foto liputan.

Sedangkan buat saya yang suka difoto, foto liputan itu penting. Saya suka liat foto yang bagus-bagus, saya pengen fotonya itu sesuai sama style editing yang saya suka (benchmarknya kaya axioo gitu dehh haha. tapi kan axioo out of budget, jadi ga mimpi juga pake mereka), dan saya suka mengenang momen-momen dengan liat foto-foto lama. Jadi vendor foto liputan buat saya itu minimal harus match sama style yang saya suka dan bisa capture moment. Sebaliknya, kalo untuk video saya ga terlalu pusing, saya ga terlalu suka liat-liat video, paling video wedding saya juga cuma diliat sekali dua kali terus udahan. Jadi, saya ga perlu vendor video yang mahal-mahal, apalagi sampe spesialis di video.

Dia dan saya sih bakal seneng-seneng aja kalo dapet vendor foto bagus dan liputan yang bagus, tanpa perlu mengorbankan salah satunya. Tapi masalahnya, ternyata vendor yang sreg di hati itu mahal ya, bo! haha. Dan masuklah kita ke dalam sebuah dilema, mengorbankan uang atau selera, dan yang mana yang dikorbankan? Foto sesuai selera dengan video seadanya, atau video sesuai selera dengan foto seadanya? Siapa yang mau ngalah? Hm…

 

Photography

Untuk foto, saya suka sama gayanya Viure, plus dia itu termasuk rekanan gedung, plus kita pernah ngobrol-ngobrol dan owner nya baikk dan helpful banget. Dan di antara semua vendor foto yang ada di list rekanan Citiwalk/Bapindo, saya cuma suka viure. Jadi buat saya pilihannya cuma pake viure untuk foto, atau bayar charge ke gedung dengan cari vendor luar. Dan sayangnya, bahkan untuk foto liputan hari H saja (tanpa video), Viure ini cukup mahal harganya. (Yah mungkin ada uang ada barang yah..tapi sedih aja hiks). Jadi kita harus mikir bener-bener buat ngakalin supaya ga (tambah) over budget.

Untuk video liputan lebih susah, karena dari sekian banyak vendornya Citiwalk/Bapindo, kita ga ada yang sreg. Cowo saya yang ga sreg tepatnya (dasar si picky! hehehe). Kalopun ada yang lumayan, tapi harganya ko ga worth it dengan kualitasnya ya? Jadilah kita nyari-nyari vendor lain bahkan yang di luar rekanan buat videography nya. Dan ternyata kita menemukan bahwa vendor yang emang spesialis videography itu mahal yah! Harga untuk video bisa sama dengan harga foto, which means budget kita bisa bengkak 2x nya untuk foto video liputan. Oh tidakkkk…

Milih-milih vendor video foto ini seru, karena kita jadi liat banyak video dan foto yang bagus-bagus, bikin hati senang, tapi bikin hati kecewa juga pas tau harganya di luar budget hahaha. Tapi saya tetep seneng sih, walau cuma liat-liat doank. Rasanya bisa membayangkan diri saya dan pasangan di foto-foto itu, Ih, jadi ga sabar pengen foto prewed hahahaa.

Milih vendor video foto liputan ini juga seru, karena banyak perdebatan. Puanjangg dan lamaa… Sampe cape kadang-ladang. Mikir gimana ngakalin supaya vendor yang kita mau bisa in budget. Ngakalin mana yang bisa kita coret dari biaya lain, supaya bisa dialihin ke vendor foto video, sampe ngitung-ngitung lebih detail proyeksi income kita sampe ke waktu pelunasan biaya merit2an ini. Dan tentu aja, seperti perdebatan pada umumnya, banyak terdapat friksi kecil-kecil, yah namanya juga debat :p

Jadii karena udah banyak effort gitu, saya bener-bener berharap vendor video foto liputan terpilih bener-bener ok dengan hasil dan service ok dan sesuai dengan yg kita bayar. Hopefully. Aminnn..

Dan akhirnya, ini dia vendor foto terpilih :

(Foto milik Viure Photography)

Yap, untuk foto akhirnya impian awal saya tercapai, pake Viure! Yeay! Memang agak mahal, tapi ownernya, ko Chi Ho, hebat bisa bikin kita sampe merasa ‘rela’ dan ‘worth it’ untuk ngeluarin uang segitu. Kalo saya bilang sih, faktor skill marketing owner nya itu yang ngaruh banyak sampe kita bisa deal disana. Karena saya dan cowo saya tipe yang mementingkan orang yang enak diajak ngomong dan ga terlalu itungan dengan hasil ok, dibanding hasil luar biasa tapi servicenya so-so atau dibawah standard. Semoga tidak mengecewakan deh ya. Semoga impresi awal yang oke banget dengan Viure dan ko Chi Ho bisa terus kaya gitu sampe urusan foto liputan ini kelar. Amin.

 

Videography

Soal hunting vendor video sebagian besar dilakukan oleh cowo saya, dan kalo dia lagi niat ya bener-bener niat. Ga kaya saya yang tergantung mood hahaha. Jadi kalo dia lagi niat, dalam sehari aja udah banyak info yang dia dapet, vendor A kaya gini, B kaya gini, kata si X vendor A bagus, dsb dst. Kalo niat bener-bener sampe detail cari infonya, mungkin efek samping dari kerjaannya yang jadi auditor yah hahaha. Jadilah saya tinggal ongkang ongkang kaki nungguin dia search dan survey tentang vendor yang dia suka. Toh untuk urusan video itu kan dia yang lebih banyak ‘maunya’, saya mah manut saja hehe.

Walaupun punya benchmark Wedding Clip Videography, kita cukup tau diri untuk ga ‘bermimpi’ pake vendor itu. Jadilah si pacar nyari-nyari info, kebetulan best friend nya ada yang berkecimpung di dunia fotografi jadi dia punya banyak kenalan dan rekomendasi. Dan ternyata si Weddingclip punya second line yang namanya Fidelis Videography. Cari cari di fesbuk dan ketemu. Dan hasilnya juga oke, ga kalah sama Weddingclip, jadi tinggal harganya aja nih haha. Sambil nunggu jawaban dari Fidelis tentang pricelist, pencarian pun dilanjutkan. Dan info punya info, ktemulah kita dengan Everlasting videography.Diliat-liat hasilnya juga oke, si pacar malah suka banget sama videonya, langsung jatuh cinta dia haha. Dan setelah minta pricelist, harganya masih reasonable.

Soo kita bikin janji deh ketemuan sama ownernya, namanya Donny. Not so special sih meeting sama si Donny ini, kita minta diskon harga jg ga dikasih sama skali, tapi yang bisa saya liat orangnya sih fair. Harga segitu emang udah harganya. ga di mark up apa-apa. Dan sebelum DP dia bikinin kita kontrak kerja (beneran kontrak gitu yang ada pasal-pasalnya dan kuasa hukumnya). Tp si Donny ini orangnya cepet responnya, jadi bisa dibilang (paling ga saya berharap) dia orang yg cukup responsible. Dan si cowo juga seneng banget bisa deal sama Everlasting hehe.

(Gambar diambil dari website Everlasting videography)

Akhirnya, pacar senang dapet video bagus, dan saya senang dapet foto bagus, everybody happy, it’s a good deal then! hahaha. Memang sih budget kita agak bengkak, tapi masih reasonable bengkaknya setelah diakalin ini itu dan nego mati-matian sama vendor hahaha. Senang pencarian vendor foto video ini berakhir baik. Semoga hasilnya sebanding dengan harga dan usahanya deh!

Btw, kalo ada yang punya info soal vendor-vendor saya atau kebetulan blogwalking dan ternyata pernah atau lagi pake vendor yang sama, boleh lo berbagi 😀

5 thoughts on “Review – Foto Video Liputan

  1. ngomongin weddingclip jadi inget pas kita mau married dulu. karena very limited budget, waktu itu sebenernya kita udah memutuskan untuk gak pake video liputan. hihihi. iya beneran lho. jadi pikiran foto liputan aja udah cukup lah.😀

    tapi trus iseng2 nanya2 weddingclip yang waktu itu masih baru. trus si ian (owner nya) dateng ke rumah bawain contoh. eh trus kita jadi demen dah.. dan langsung nge dp-in jadinya. huahaha. akhirnya malah weddingclip jadi vendor pertama yang kita deal dan kita kasih dp. gelo gak sih… hahaha.

    tapi gak nyesel juga sih. video nya emang bagus. sekarang malah nyesel video nya gak kita bawa kemari. padahal pengen ngasih liat ke andrew.😀

  2. Viureeeeeeeeeeeee!!!!! Gw dulu pengen. Pas liat PL-nya langsung gw tutup *ngambek*. Terus gw ga balik balik lagi… hihihihi^^
    And fidelis…. iya, gw juga suka banget bok sama fidelis!!! Gw suka banget banget banget!!!! Everlasting malah gw belom pernah denger tu… Barusan gw buka (kepoh, maaf -.-“), bagus yaaaa…. coba gw tau dari dulu😦

    1. hahaha iyaa viure bagus banget yahh..makanya seneng banget bisa deal sm viure hehe. wah lo tau fidelis juga yah, keren yaaa *masih mupeng hihihi. eniwei, vendor yg lo pake, YSD itu juga sempet jadi pertimbangan kita lo benernya hihi. cuma krn waktu itu nyarinya spesialis video dan si pacar udah keburu cinta sama everlasting jadi ga jadi deh hehehe.

Leave a Reply

